- Beranda
- The Lounge
SEKOLAH DINAS KEMENTRIAN PERHUBUNGAN YANG BISA BIKIN AGAN JADI KAYA!!! Be a Rich
...
TS
nanda.romanisti
SEKOLAH DINAS KEMENTRIAN PERHUBUNGAN YANG BISA BIKIN AGAN JADI KAYA!!! Be a Rich
Opening
Quote:
Beberapa anak-anak lulusan SMA Mungkin banyak yang bingung habis lulus mau kemana ya? kerja atau kuliah ya? oleh sebab itu ane di sini mau nge-share sekolah-sekolah dinas perhubungan yang bikin ente bisa BERLAYAR bahkan bisa sampai jadi kapten kapal waktu lulus dari sekolah tersebut, kebetulan ane salah satu lulusan dari sekolah dinas Pelayaran dibawah kementrian perhubungan,
Spoiler for Example:
Spoiler for Example:
SILAHKAN DI BACA GAN, SAPA TAU ADA YANG MAU DAFTAR, TERUTAMA AGAN-AGAN YANG LAGI LULUS SMA, BIAR GA GALAU HABIS KULIAH MAU KERJA APA YA?? INI JAWABANNYA...
Spoiler for Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP Jakarta):
SEKOLAH TINGGI ILMU PELAYARAN JAKARTA
sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran adalah Pendidikan pelayaran yang berada dibawah naungan Badan Diklat Perhubungan Republik Indonesia. Berdiri sejak tahun 1953 Akademi Ilmu Pelayaran yang menyelenggarakan Program Diploma III (setara dengan BSc) dengan 2 jurusan antara lain: Nautika dan Teknika (sertifikat kompetensi Klas III), lama pendidikan 3-4 tahun.
Pada tanggal 27 februari 1957 AIP diresmikan oleh Presiden Pertama RI Ir. Soekarno. Saat itu juga menjadi Akademi Pelayaran Pertama di Indonesia. Lokasi kampus berada di Jl. Gunung Sahari, Mangga Dua Ancol, Jakarta Utara.
Pada tahun 1962 AIP menyelenggarakan kerjasama dengan Akademi Pelayaran Amerika yaitu Kings Point untuk kelas khusus. Sejak didirikan, AIP telah memilki reputasi yang baik sebagai Pusat pendidikan Pelayaran sehingga pada tahun 1974 sampai dengan 1984 AIP berhasil menyelenggarakan pertukaran pelajar dengan Tanzania, Malaysia dan Bangladesh.
Pada tahun 1964 Akademi Ilmu Pelayaran Niaga dan Akademi Telekomunikasi dilebur menjadi Akademi Ilmu Pelayaran. sehingga AIP mendapat lisensi untuk melaksanakan 4 program studi: Nautika, Teknika, Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan (KTK) dan Elektronika & Telekomunikasi.
Pada tahun 1983 Akademi Ilmu Pelayaran berubah nama menjadi Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) dan diberikan lisensi untuk melaksanakan program Strata A, Strata B dan Strata C dengan 4 jurusan: Nautika, Teknika, Telekomunikasi Pelayaran dan Ketatalaksanaan dan Kepelabuhanan (KTK).
PadaStrata A merupakan program 3 tahun yang setara dengan BSc dengan sertifikat kepelautan kelas 3, Strata B merupakan program 1 tahun untuk pelaut yang memiliki pengalaman berlayar 2 tahun setelah mengikuti pendidikan Starta A dan memiliki sertifikat kepelautan kelas 2 dan Strata C merupakan program pendidikan dengan sertifikat kepelautan kelas 1. tahun 1995 PLAP mendapatkan lisensi untuk menyelenggarakan Program DiplomaIV dengan 3 Jurusan: Nautika, teknika dan Ketatalaksanaan dan kepelabuhanan (KTK) yang setara dengan Sarjana program kepelautan.
Pada tahun 1998 Institut diberi lisensi untuk menyelenggarakan DIklat Familiarization Training, Basic Safety Training, Proficiency in Survival Craft and Rescue Boat, Advance Fire Fighting, Tanker Familiarization, Oil Tanker, Liquified Gas Tanker, Chemical Tanker, GOC-GMDSS, Medical First Aid Training, Medical Care Training dan Radar /ARPA Training.
Pada bulan maret 2000 Pendidikan dan Latihan Ahli Pelayaran (PLAP) berubah status menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) dengan struktur organisasi baru yang membuka kesempatan bagi STIP untuk menjawab tantangan melaksanakan tingkat pendidikan yang lebih tinggi sampai ke jenjang S2 dan S3.Dan akhirnya pada bulan april 2002 STIP menempati Kampus baru di Marunda Jakarta Utara.
Spoiler for Program Studi/Jurusan:
1. Nautika D IV (nahkoda)
2. Teknika D IV
3. Tatalaksana D IV
2. Teknika D IV
3. Tatalaksana D IV
Spoiler for Gallery STIP:
Spoiler for Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP SEMARANG):
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN SEMARANG
Spoiler for urgent:
ANE ALUMNI SINI GAN HEHEHEHE
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang (PIP Semarang) adalah pendidikan tinggi negeri bidang pelayaran dan kepelabuhan yang berada di Semarang. PIP adalah milik Departemen Perhubungan RI mengemban tugas mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan SLTA menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Kepelabuhaan guna memenuhi kebutuhan armada angkutan laut pada sub sektor perhubungan laut.
Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang sebelumnya bernama BPLP mulai tahun akademik 1995/1996 membuka program diklat kepelautan dan kepelabuhan Diploma IV merupakan jenjang pendidikan profesional. Lulusan program Diploma IV berhak diberikan sebutan profesional Sarjana Sains Terapan disingkat S.S.T.Pel
Dengan adanya peningkatan/kemajuan yang meliputi aspek program pendidikan, tenaga pengajar, lulusan, tenaga penunjang, sarana dan prasarana, maka sejak tahun 1951 terjadi perubahan pelembagaan hingga menjadi Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang pada tahun 1999 dan telah masuk White List di Internasional Maritime Organization tahun 2000, sebagai berikut :
Tahun 1951 - 1955 bernama Sekolah Pelayaran Semarang disingkat SPS.
Tahun 1955 - 1975 bernama Sekolah Pelayaran Menengah Semarang disingkat SPM Semarang
Tahun 1974 - 1981 bernama Pendidikan Pariwira Pelayaran Besar disingkat P3B Semarang
Tahun 1979 - 1995 bernama Balai Pendidikan dan Latihan Pelayaran (BPLP) Semarang dengan program Strata A (Diploma III) dengan lama pendidikan 3 tahun
Tahun 1995 masih bernama BPLP Semarang, tetapi programnya ditingkatkan menjadi Diploma IV (setara Sarjana/S1) dengan Politeknik Ilmu Pelayaran pendidikan 4 tahun.
Tahun 1999 berdiri Politeknik Ilmu Pelayaran berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan No. KM. 81 Tahun 1999 Tgl. 13 Oktober 1999 tentang Organisasi dan Tata Kerja PIP.
Spoiler for JURUSAN/PROGDI:
1. Nautika D IV (nahkoda)
2. Teknika D IV
3. Tatalaksana D IV
2. Teknika D IV
3. Tatalaksana D IV
Spoiler for Gallery PIP Semarang:
Kalo kuliah disini pendidikan awalnya di Akmil gan, Ngeriiiiiii
DrumBand PIP Terbaik di Sekolah dinas perhubungan lho gan
Spoiler for Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar (PIP Makassar):
POLITEKNIK ILMU PELAYARAN MAKASSAR
INDONESIA sebagai negara kepulauan berdampak pada meningkatnya industri pelayaran nasional. Indonesian National Ship Owner Association (INSA) menyebutkan, jumlah kapal niaga di Indonesia saat ini mencapai 11.300 unit, baik yang beroperasi di pelayaran internasional maupun domestik.
Bersamaan itu pula, muncul persoalan dalam pemenuhan tenaga kepelautan yang profesional sesuai standar internasional. Bukan hanya perusahaan dalam negeri, perusahaan pelayaran asing pun kini tengah “berteriak” mencari tenaga kepelautan. Saat ini, tak kurang dari 83.000 perwira pelaut yang dibutuhkan oleh industri pelayaran setiap tahun.
Pada posisi itu, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar sebagai salah satu lembaga pendidikan yang mencetak SDM kepelautan dituntut menciptakan banyak pelaut. Bagaimana PIP Makassar mampu mencetak calon pelaut ulung sebanyak-banyaknya, tanpa mengabaikan kualitas? Berikut penuturan Direktur PIP Makassar Edy Santoso kepada Wartawan KORAN SINDOSyamsu Rizaldan Adwit B Pramonodi Kampus PIP Makassar.
Berapa Jurusan yang ada PIP Makassar saat ini?
Saat ini di PIP Makassar ada tiga jurusan, yakni Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhanan atau KALK berijazah Diploma IV. Adapun Nautika, mendidik siswa agar memiliki kompetensi mengatur dan mengoperasikan kapal dengan alat tercanggih pada semua jenis dan ukuran kapal. Sementara, jurusan Teknika, mengatur dan mengoperasikan semua jenis mesin kapal dengan kekuatan daya dorong hingga tak terhingga agar mampu mengarungi laut.
Menurut Anda, bagaimana prospek lulusan kepelautan?
Kebutuhan pelaut, baik nasional dan internasional saat ini memang luar biasa. Secara global, kebutuhan perwira pelaut mencapai 83.000 setiap tahun. Begitu pula dengan perusahaan pelayaran dalam negeri yang selalu membutuhkan tenaga kerja. Sementara di tingkat nasional, lembaga pendidikan baik yang di PIP Makassar, dan yang ada di kota lainnya, negeri dan swasta hanya meluluskan sekitar 2.000 perwira per tahun.
Jadi, kita sendiri tidak bisa memenuhi kebutuhan pelaut karena keterbatasan sarana dan prasarana. Saya dengar ada perusaaan pelayaran di Surabaya, malah memakai pelaut dari Birma karena kita memang kekurangan. Banyak perusaahaan swasta yang datang ke sini bermohon agar lulusan PIP Makassar bekerja di perusahaannya.
Bagaimana peran kampus swasta dalam mencetak calon pelaut?
Selain kampus negeri, ada banyak kampus swasta yang bermunculan karena prospeknya memang bagus. Di Makassar ada beberapa di antaranya AIPI, dan AMI Veteran, di kampus itu juga bagus dan itu menyokong kita. Mereka yang tak bisa kami tampung karena keterbatasan sarana dan prasarana bisa kuliah di kampus swasta. Mahasiswa dari kampus swasta juga pada akhirnya mengikuti pelatihan dan dibina di sini, khususnya pada saat ujian, karena PIP Makassar memiliki sarana yang lengkap.
Banyak lulusan kepelautan yang bekerja di perusahaan pelayaran asing, sementara perusahaan nasional juga butuh. Menurut Anda?
Kita tak bisa pungkiri bahwa ada masalah lain seperti perbedaan gaji di perusahaan pelayaran nasional dengan perusahaan asing. Alumni kita kalau sudah menjadi pelaut tidak mau gaji kecil. Begitu lulus mereka bekerja di kapal-kapal asing karena gajinya jauh lebih tinggi sampai Rp25 juta perbulan, kalau di Indonesia palingan Rp10 juta.
Tapi, saya selalu sarankan agar alumni kita bekerja dulu di perusahaan nasional. Yah,kalau bisa 5 tahun dulu bekerja di perusahaan dalam negeri, setelah itu barulah ke perusahaan luar negeri seperti Malaysia, Singapura, dan Belanda. Tapi, tidak bisa juga disalahkan mereka karena perbedaan gaji tadi.
Jika dibutuhkan banyak pelaut, kenapa PIP Makassar tak menerima mahasiswa sebanyakbanyaknya?
Nah, ini masalahnya karena keterbatasan sarana dan prasarana kita di kampus ini. Kami hanya bisa menerima 300 orang, meski jumlah pelamar mencapai 2.000 orang pada 2012. Ini untuk menjaga agar kualitas alumni tetap terjaga, bukan sekadar mengejar kuantitas meskipun banyak yang dibutuhkan didunia kerja.
Jadi, apa yang bisa dilakukan untuk mendukung industri pelayaran nasional yang kini membutuhkan banyak tenaga kerja?
Pemerintah telah memikirkan itu, salah satunya dengan membangun kampus PIP Makassar di Untia yang akan menjadi terlengkap di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Di Untia, kampus terpadu dengan menggabungkan tiga sektor yakni Polteknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar untuk perhubungan laut, Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) untuk udara, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) untuk perhubungan darat.
Luas lahannya mencapai 54 hektar, yang dibagi untuk PIP Makassar 30 hektar, ATKP 14 hektar, sedangkan STTD 10 hektar. Saat ini, pembangunan tetap berjalan, Kampus PIP Makassar di Untia baru mencapai 5%. Tapi, ditargetkan pada 2015, kampus itu sudah rampung dan bisa efektif digunakan. Taruna baru sebanyak 300 orang yang direkrut tahun ini akan mulai kuliah di Untia. Kemudian pada 2014 alat dan asrama juga direncakan sudah ada.
Artinya, butuh tenaga pengajar yang berkualitas pula?
Memang imbasnya pada teknologi yang juga terus berkembang sehingga siswa dilatih menggunakan teknologi terbaru. Jadi, setiap lima tahun peralatan kita baru. Begitu menggunakan alat yang lama, maka kurikulum sudah tidak sama. Tapi, peralatan di PIP Makassar sudah sesuai standar IMO, bahkan dengan peralatan itu, kami sudah bisa mendidik sampai ANT I, dan ATT I.
Spoiler for Gallery PIP Makassar:
Spoiler for Politeknik Pelayaran Surabaya (POLTEKPEL):
POLITEKNIK PELAYARAN SURABAYA
Dalam langkah Politeknik Pelayaran Surabaya (Poltek Pelayaran Surabaya) untuk memenuhi kebutuhan tenaga pelaut yang profesional khususnya Ahli Nautika, Ahli Teknika dan Ahli Elektro Pelayaran untuk Pelayaran Kapal Niaga, sejak tahun 1982 sampai Desember 2012 Poltek Pelayaran Surabaya telah meluluskan kurang lebih 72.500 pelaut dalam berbagai program dan jenjang Diklat Keahlian dan Diklat Keterampilan, khususnya Diklat Keterampilan Khusus Pelaut (DKKP). Perkembangan Poltek Pelayaran Surabaya dimulai pada:
Sejak tahun 1982 – 1990 , organisasi ini berafiliasi kepada BPLP Semarang (Sekarang PIP Semarang), yang menyelenggarakan progam pendidikan kepelautan untuk bidang teknika dan nautika (Strata A)
Dari tahun 1990-2002, berubah menjadi Balai Pendidikan Dan Latihan Pelayaran Dasar (BPLPD), yang merubah tugas Utamanya untuk pendidikan perwira niaga pelayaranNusantara dan tenaga (CREW) pada tingkat dasar (Rating)
Dari tahun2002-2013, menjadi Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Surabaya, Mendidik perwira niaga pelayaran nusantara (ANT,ATT-IV), Serta tenaga rating untuk bidang teknika dan nautika.
Pada tahun 2013, BP2IP Surabaya Menjadi Politeknik Pelayaran Surabaya berdasarkan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MENPAN) Nomor B/70/M.PAN-RB/1/2013, Surat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 1487/E/T/2012 Tentang Persetujuan Pendirian Politeknik Pelayaran Surabaya dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 14 Tahun 2013 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Politeknik Pelayaran Surabaya.
Spoiler for JURUSAN/PROGDI:
1. Nautika ANT III (nahkoda)
2. Teknika ATT III
2. Teknika ATT III
Spoiler for Gallery POLTEKPEL Surabaya:
Spoiler for Balai Pendidikan dan Pelatihan Ilmu Pelayaran Tangerang (BP2IP TANGERANG):
BP2IP TANGERANG
P2IP Tangerang adalah sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan di bawah naungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Perhubungan. Pembangunan BP2IP Tangerang dimulai pada 27 Oktober 2002 diatas lahan yang luasnya kurang lebih 18.000 m2 dan diselesaikan pada 27 Februari 2004. BP2IP Tangerang telah diresmikan pengoperasiannya berdasarkan Keputusan Menteri Perhubungan KM 45 tanggal 16 Oktober 2003 oleh Presiden Megawati Sukarnoputri pada 27 Februari 2004. Pengoperasian BP2IP Tangerang ditujukan untuk penyediaan jasa pendidikan dan pelatihan di bidang maritim bagi para generasi muda pada tingkat menengah dan dasar yang disesuaikan dengan peraturan internasional, STCW 1978 dan amandemen-amandemennya. Visi BP2IP Tangerang adalah Menjadi Lembaga Diklat yang menghasilkan pelaut dengan keunggulan, profesional dan daya saing kompetensi sesuai dengan standar Nasional dan Internasional.
Alamat Jl. Raya Karang Serang No.1 Sukadiri Tangerang,Banten 151530
Telepon (021) 97957600
Website http://www.bp2ip-tng.sch.id/
Email bp2iptng@bp2ip-tng.sch.id
Spoiler for Program Studi yang tersedia:
Program Sarjana (S1) dan yang setara
SAINTEK (IPA) SOSHUM (IPS)
DP-D Nautika
DP-III Nautika
DP-IV Nautika
DP-V Nautika
DP-D Teknika
DP-III Teknika
DP-IV Teknika
DP-V Teknika
Spoiler for Gallery BP2IP Tangerang:
0
42.6K
Kutip
30
Balasan
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.4KThread•88.3KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya