Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gobertAvatar border
TS
gobert
Potensi kecurangan pada penghitungan suara pada PEMILU
Menjelang Pemilu Presiden tgl 9 Juli besok, ane merasa perlu untuk membagi pemikiran bersama para agan disini mengenai potensi kecurangan pada penghitungan suara. Sekali lagi ane tegaskan bahwa ini POTENSI kecurangan, bukan maksud ane menuduh KPU atau BAWASLU melakukan kecurangan. Hal ini ane kemukakan semata-mata karena ane sebagai warga Indonesia ingin hasil pilihan yang paling TOP MARKOTOP untuk negara tercinta ini.

Sebagai warga masyarakat kita akan melaksanakan pencoblosan di TPS dan biasanya sampai sore hari akan dilakukan penghitungan suara yang akan disaksikan oleh warga sekitar. Disinilah maksud ane bahwa warga masyarakat biasanya HANYA TAHU HASIL PEMILIHAN DI TPS nya SAJA.

Tentunya hasil ini akan dilanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi seperti RW - Kelurahan - Kecamatan ---- Provinsi - dan terakhir di KPU Nasional. Proses perjalanan data ini akan melibatkan begitu banyak jenjang, oknum dan birokrasi sehingga bukan tidak mungkin angka dari TPS akan mengalami 'perubahan'. Pada akhirnya masyarakat tidak bisa lagi mengawasi apakah angka hasil pemilihan TPS nya sudah terhitung secara benar di KPU pusat.

INTINYA kita sebagai warga masyarakat PERLU 'mengawal' hasil suara dari TPS kita sampai ke perhitungan akhir. Tidak ada lagi perubahan data di tengah jalan baik itu sengaja maupun tidak sengaja.

Untuk itu ane rasa akan sangat indah dan transparan apabila KPU bisa mem-publish hasil data PEMILU di website nya misalkan dalam bentuk file Excel per wilayah sehingga seluruh masyarakat bisa mengunduhnya dan melakukan cek bersama bahwa data yang mereka saksikan di TPS adalah telah tercantum dengan benar dan yang paling penting telah dijumlahkan 'dengan benar' pada hasil PEMILU di KPU Pusat. Selama ini ane cuma bisa pantau hasil sementara / akhir melalui TV doank dan pasrah aja terhadap angka yang tercantum, sambil doa mudah2an KPU telah melaksanakan tugas & kewajibannya dengan benar & taqwa.

Sekali lagi ane minta maaf apabila tulisan ini tidak berkenan atau banyak kesalahan yang disebabkan ketidaktahuan ane dalam bidang sistem dan birokrasi. Ane cuma mau menyumbang pemikiran praktis ane yang mudah-mudahan bisa membantu para agan sekalian.

Terima kasih
Diubah oleh gobert 26-06-2014 09:35
0
416
1
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.