Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Gimana nasib Kit Kat?] Besok, Google Perkenalkan Android Lollipop

bobikaskuserAvatar border
TS
bobikaskuser
[Gimana nasib Kit Kat?] Besok, Google Perkenalkan Android Lollipop
Google dikabarkan bakal meluncurkan sistem operasi Android teranyarnya, Android 5 atau Lollipop, pada ajang pengembang digital, Google I/O. Perhelatan tersebut diselenggarakan di San Fransisco, Kamis pagi waktu setempat, 25 Juni 2014.

Huruf L pada Lollipop, merupakan kelanjutan seri Android, yang diluncurkan berdasarkan urutan alfabet. Ini juga menjadi ciri khas Google yang menamai sistem operasinya dengan nama makanan. Sebelumnya Google meluncurkan Android Cupcake, Donut, Eclair, Gingerbread, Honeycomb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, dan KitKat.

“Android 5 atau Lollipop, akan tersedia mulai musim gugur,” tulis Forbes, Rabu, 25 Juni 2014.

Hal ini menarik, karena pesaing Google, Apple, akan memperkenalkan sistem operasi iOS 8 di waktu yang hampir bersamaan. Pemilihan waktu tersebut cukup leluasa bagi produsen perangkat bergerak untuk menyertakan KitKat di produknya. (Baca: Penjualan Android Google Terus Meningkat Tahun Ini)

Lollipop akan menghadirkan tampilan antar-muka (user interface) yang sangat berbeda dibandingkan seri terdahulu. “Google bekerja keras untuk mengubah penampilannya untuk kesan yang konsisten” tulis Forbes.

Google juga meningkatkan fitur multitasking yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi tanpa harus membuka sepenuhnya. Salah satunya adalah surat elektronik. Jika pengguna ingin membuka atau membalas surat yang masuk, tidak harus masuk ke aplikasi Gmail.

Fitur teranyar di Lollipop adalah layanan kesehatan Google Fit. Layanan tersebut digunakan untuk mengumpulkan data aktivitas olahraga penggunanya. Data kemudian dapat terkoneksi dengan perangkat lain, salah satunya lewat platform wearable, Android Wear. Ini sekaligus menantang fitur serupa yang akan hadir di iOS 8 buatan Apple, HealthKit. (Baca: Google Search Baru Memperkaya Fitur Google Now)

Konektivitas juga menjadi hal yang diutamakan Google lewat Lollipop. Perusahaan yang bermarkas di Mountain View, California, ini meningkatkan interaksi pengguna Lollipop agar dapat semakin terhubung ke banyak perangkat. Perangkat berbasis Lollipop dapat mengoperasikan jam tangan pintar, peralatan rumah tangga pintar, dan mobil pintar.

Fitur asisten pribadi Google Now, yang serupa dengan Siri di Apple dan Cortana di Microsoft, dikabarkan menghadirkan semakin banyak layanan. Google Now kini bisa digunakan untuk mengakses transportasi publik, bahkan memantau bursa saham.

Pengembang digital yang berkesempatan mencoba Lollipop, akan menjajalnya lewat sabak digital Nexus 8. Sabak digital ini diproduksi oleh HTC dan memiliki ukuran layar 8,9 inci. Nah, kita tunggu saja seperti apa spesifikasi Lollipop.

http://www.tempo.co/read/news/2014/0...droid-Lollipop
Gw baru punya yg jelly bean...mau ngikutin tren yg ada duit malah ludes!!!
0
7.8K
86
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.1KThread83.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.