Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LuckyMeLaAvatar border
TS
LuckyMeLa
Asas LUBER Yang Terlupakan
Ngeliat komen dari para pendukung dua kubu CAPRES/CAWAPRES sekarang, ane jadi miris, kenapa ? karena Asas LUBER mulai terlupakan.

Apa itu LUBER ? (Bagi yang belum tau,cek aja situsnya).

Pemilihan umum di Indonesia menganut asas "Luber" yang merupakan singkatan dari "Langsung, Umum, Bebas dan Rahasia". Asal "Luber" sudah ada sejak zaman Orde Baru. Langsung berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya secara langsung dan tidak boleh diwakilkan. Umum berarti pemilihan umum dapat diikuti seluruh warga negara yang sudah memiliki hak menggunakan suara. Bebas berarti pemilih diharuskan memberikan suaranya tanpa ada paksaan dari pihak manapun, kemudian Rahasia berarti suara yang diberikan oleh pemilih bersifat rahasia hanya diketahui oleh si pemilih itu sendiri.

Kemudian di era reformasi berkembang pula asas "Jurdil" yang merupakan singkatan dari "Jujur dan Adil". Asas jujur mengandung arti bahwa pemilihan umum harus dilaksanakan sesuai dengan aturan untuk memastikan bahwa setiap warga negara yang memiliki hak dapat memilih sesuai dengan kehendaknya dan setiap suara pemilih memiliki nilai yang sama untuk menentukan wakil rakyat yang akan terpilih. Asas adil adalah perlakuan yang sama terhadap peserta pemilu dan pemilih, tanpa ada pengistimewaan ataupun diskriminasi terhadap peserta atau pemilih tertentu. Asas jujur dan adil mengikat tidak hanya kepada pemilih ataupun peserta pemilu, tetapi juga penyelenggara pemilu.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemilih...m_di_Indonesia

nah...perkembangan dari LUBER sekarang ada JURDIL. berarti maksud wikipedia itu adalah kedua asas itu tetap berlaku sampe sekarang. Tapi kenyataan di 2014 ini berkata lain....

Sekarang semua sudah tidak lagi bersifat rahasia seakan-akan asas LUBER itu sudah tidak ada lagi, semua terang-terangan terhadap pilihannya, semua berlomba-lomba untuk saling mengunggulkan pilihannya dari mulai mengungkap fakta, memutarbalik fakta, menghujat, dll.

Kalau sudah tidak ada lagi kerahasian hak yang harus dilakukan calon pemilih, gimana kita mau menciptakan pemilu yang "JURDIL" ?

NB : Kalo ade sale-sale kate maapin aje...
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh LuckyMeLa 25-06-2014 17:05
0
1.9K
4
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.