save.indonesiaAvatar border
TS
save.indonesia
[Debat Capres] Konflik Laut Cina Selatan, Ini Kisah Armada RI Yg Diancam Militer RRC


DEBAT CAPRES: Jokowi Menyatakan Indonesia Tidak Terlibat Sengketa Laut China Selatan


Bisnis.com, JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo berkomitmen akan bertindak tegas saat kedaulatan Indonesia diganggu oleh negara lain jika dirinya dipercaya menjadi Presiden Indonesia.

Namun sebelum bertindak tegas, kata Jokowi, harus dipahami terlebih dahulu wilayah-wilayah perbatasan yang diganggu atau hendak direbut oleh negara lain.

"Tapi itu bukan di perbatasan yang belum jelas loh ya. Tapi kalau di tanah kita yang sudah pasti daulat kita di situ," tegas Jokowi usai mengikuti debat capres di Hotel Holiday, Jakarta, Minggu (22/6/2014) malam.

Jokowi juga menyinggung tentang sengketa Laut Cina Selatan, yang melibatkan beberapa negara. Posisi Indonesia dalam kasus ini, kata Jokowi, tidak terlibat sedikit pun.

Menurutnya tidak ada wilayah Indonesia yang terancam hilang akibat sengketa yang melibatkan beberapa negara tersebut. Namun, kata dia, bukan berarti Indonesia lepas tangan.

"Itu urusannya Tiongkok dengan empat negara Asean. Peran kita adalah peran aktif mencarikan solusi, mencarikan jalan keluar kalau itu memang bisa dilakukan. Tapi peran itu penting," tandasnya.

sumber: bisnis.com


Konflik Laut China Selatan Makan Wilayah RI? Jokowi: Keliru

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto, dalam Debat Capres Jilid III soal Politik Internasional dan Ketahanan Nasional, menyebutkan bahwa ada wilayah Indonesia yang diklaim oleh negara tetangga yang bersengketa dalam konflik Laut China Selatan.

Namun Jokowi menyatakan hal itu tidak benar. Menurut dia, itu hanya urusan China dengan 4 negara ASEAN, yakni Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Vietnam.

"Ndak ada, ndak ada itu. Keliru itu. Itu urusannya Tiongkok dengan 4 negara Asean," tegas Jokowi usai Debat Capres Jilid III di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/6/2014) malam.

Meski demikian, jika terpilih sebagai Presiden, Jokowi berjanji akan berperan aktif dalam mencari solusi bersama. Tapi dengan catatan, jalan keluar itu harus bermanfaat bagi semua pihak agar konflik tidak meluas.

"Oleh sebab itu saya sampaikan bahwa, peran kita adalah peran aktif mencarikan solusi, mencarikan jalan keluar kalau itu memang bisa dilakukan. Tapi peran itu penting," ujar Gubernur non-aktif DKI Jakarta.

Pada Debat Capres, usai mendengar jawaban Jokowi soal Laut China Selatan, Prabowo berupaya memperdalam pertanyaan dengan menambahkan informasi bahwa ada wilayah Indonesia yang turut diklaim dalam sengketa tersebut.

"Yang ingin saya tanyakan, bagaimana sebaiknya kita bersikap. Karena kita bagian dari ASEAN. Ada 4 negara yang punya klaim, bagaimana kita sebagai negara terbesar di ASEAN abstain atau bela 4 kawan dalam masalah itu?" tanya Prabowo.

"Setahu saya di laut itu kita nggak punya konflik sama sekali. Kalau dibutuhkan masuk, tapi harus ada manfaatnya berisi solusi dan jalan keluar agar konflik tidak meluas dan memberi dinamika tidak baik," jawab Jokowi.

sumber : liputan6


jadi isu LCS akhirnya kembali dibahas setelah asean summit. ini mengingatkan kita tentang strategisnya kawasan laut natuna yang ternyata masuk dalam 9 dash line yang diklaim tiongkok.




berikut insiden tahun kemarin dimana armada pengawas kpp diancam militer china untuk melepaskan kapal nelayan mereka yang masuk jauh ke wilayah indonesia emoticon-Bookmark (S)

Quote:
Diubah oleh save.indonesia 25-06-2014 05:14
0
8.6K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.