Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

leader90Avatar border
TS
leader90
Perbedaan Antara Programmer "Nubi" dan Programmer "Master"
emoticon-I Love Indonesia (S)Assalamualaikum WR WB emoticon-I Love Indonesia (S)


Agan agan maaf kalo ada yang berpikiran kalo ini trit salah kamar, mendingan baca dulu oke gan. Budayakan membaca sebelum menyimpulkan wkwkwk. Sebenernya ane taro trit ini di sini biar lingkupnya luas, biar yang baca bukan cuma programmer tapi juga calon-calon programmer emoticon-Matabelo.

Sebenernya ini adalah hasil dari pemikiran dari pengalaman yang ane rasakan gan, ane baru kelas 3 sma, udah belajar programming dari kelas 3 smp, dari mulai Pascal, Delphi, C#, PHP, sampe C++ tapi masih geblek aja emoticon-Ngakak maksud ane, sampe sekarang masih belom ada program real program yang ane buat.

Palingan Calculaor, Catalog list, Phone Book, Book Library, tapi maksud ane ini belom pernah kayak mp3 player, game (graphic), dan lain lain. Malah sekarang yang udah sedikit lagi lulus sma, ane bingung belom punya portfolio buat ane kerja nanti, Dan membuat ane stress mencoba untuk bergadang membuat program tapi gak bisa karna besoknya harus sekolah emoticon-Mad (S).

Ane panik bukan karena gak bisa programming tapi takut karena nanti ketika kerja ternyata langsung disuruh bikin program yang bisa ngelacak laptop, dan copy semua isinya dan ketika user mencet tombol power maka laptop akan meledak emoticon-Ngakak. Dan itu gan yang buat ane takut untuk kerja Programmer.

Tapi semua itu sirna (Cielah tong tong). Tiba tiba disebuah diskusi teman teman calon programmer di suatu forum yang mungkin akan merubah ane dalam programming. Jadi pertanyaan disini adalah Apa yang membedakan programmer pemula dan Programmer Master ? nah ini dia jawaban menurut pemikiran ane gan.


Profesionalisme.



Pernah gak agan yang programmer atau pernah mencoba programming belajar satu bahasa dan ngikutin tutorial yang agan baca. Dan setelah itu agan akan mencoba membuat ulang tanpa melihat sourcodenya lagi (pengalaman ane emoticon-Ngakak). Dalam tutorial agan bikin calculator, perulangan 1 sampe 10, game text-based.
Dan setelah itu agan mikir apa semua ini bakal kepake di dunia kerja? pasti kepake, secara gak sadar kita udah sama kayak programmer tapi kita merasa belum. Kalo programmer kerja ya dari jam 7:00 pagi sampe jam 5:00 sore atau lembur. Mereka tidak bisa menolak untuk kerja, hanya karena alasan gak enak badan, males, kalo seperti itu merekan akan kena sanksi. Nah kalo programmer pemula, mulai coding bebas, selesai project pribadi bebas, lagi gak mau coding bebas, gak ada kena sanksi. Itu karena kewajiban yang belum dibebankan kepada programmer pemula, kita pelajar masih dituntut untuk belajar, sedangkan programmer dituntut bekerja (dan terus belajar emoticon-Ngakak). Dan programmer gak boleh nolak apapun job program yang mereka terima, ibaratnya suka gak suka yang harus dikerjain. Kalo programmer pemula, kalo liat tutorial susah dikit udah nyerah, ganti bahasa pemogramman lain ( <= Gak baik), Dan selaw selaw aja gak ada yang maksa dan gak ada yang omelin.


Kesimpulan :

Sebenernya sikap Profesionalisme ini harus kita terapin pada apapun, dimana pun dan di situasi apapun. Dan programming ini cuma satu dari banyak contoh yang bisa di buat pelajaran. Yuk teman teman programmer seperjuangan dan seangkatan Ayuk kita belajar profesionalisme. Biar gak kaget nanti pas didunia kerja. Diindonesia katanya kebanyakan programmer di gaji rendah tapi logikanya gak ada orang pinter yang mau digaji rendah. emoticon-Cool Keep Smile. wkwkwk.
0
5.4K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.2KThread83.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.