Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Taufik300380Avatar border
TS
Taufik300380
UPDATE SURVEI TERBARU : PRABOWO-HATTA 52,8%, JOKOWI-KALLA 37.7%
Media Australia: Prabowo Unggul, Lembaga Survei Tahan Hasil Survei
Kamis, 26 Juni 2014, 16:03 WIB

UPDATE SURVEI TERBARU : PRABOWO-HATTA 52,8%, JOKOWI-KALLA 37.7%

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan orang kuat di TNI, Prabowo Subianto untuk pertama kalinya memiliki tingkat elektabilitas, atau bahkan sedikit difavoritkan di depan Joko Widodo, dalam pemilihan presiden Indonesia. Hal itu sesuai dengan petunjuk lembaga survei kredibel.

Harian terkemuka Australia, The Sydney Morning Herald (SMH) mengulas soal pertarungan antara Prabowo dan Jokowi. Analisis itu ditulis secara detail oleh koreponden SMH di Indonesia, Michael Bachelard dalam artikel berjudul 'Silence of the polls as Prabowo pulls ahead in Jakarta race' pada Rabu (25/6).

Senjumlah sumber yang dikontak Fairfax Media, tulis SMH, mengonfirmasi bahwa tiga lembaga survei kredibel di Indonesia menunjukkan bahwa kini selisih persentase kedua capres terpaut sedikit sekali, bahkan sebuah survei menunjukkan Prabowo memimpin.

Itu setelah pergerakan elektabilitas Jokowi tampak datar. Retorika populis lawannya, didukung oleh kampanye dan iklan secara besar-besaran, liputan media dari beberapa stasiun televisi dari mitra koalisi Prabowo, dan suksesnya kampanye "hitam" terhadap Jokowi membuat elektabilitas Prabowo melambung.

Pada awal Juni, Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengatakan, keunggulan Jokowi telah menyempit menjadi 6,3 persen atau turun dari sebelumnya sebesar 20 persen pada awal 2014, dibanding Prabowo. Dan, pada Senin lalu, sebuah lembaga survei yang lain menunjukkan Prabowo memiliki elektabilitas 51,2 persen dibandingkan Jokowi 48,8 persen.

Tetapi, jajak pendapat itu tidak dipublikasikan, rupanya karena takut mengecilkan hati pendukung Jokowi. Itu lantaran pergeseran suara lebih banyak mengarah kepada Prabowo. "Ini adalah perubahan yang luar biasa. Sampai kampanye dimulai, Pak Jokowi, gubernur DKI Jakarta yang populer, telah memimpin dua digit," ulas SMHsumber


Prabowo-Hatta memperoleh suara 52,8 persen, sedangkan Jokowi-Kalla hanya 37,7 persen

Survei Vox Populi: Prabowo-Hatta Ungguli Jokowi-JK


UPDATE SURVEI TERBARU : PRABOWO-HATTA 52,8%, JOKOWI-KALLA 37.7%

Dua puluh empat hari menjelang pemilu presiden, sebuah survei terbaru elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menunjukkan, pasangan Prabowo-Hatta akhirnya berhasil mengungguli pasangan Jokowi-JK.

Survei yang digelar Vox Populi di 402 kabupaten/kota pada 3-15 Juni 2014, mengambil sampel sebanyak 4.898 responden. Margin error survei ini 1,8 persen. Survei dilakukan melalui pertanyaan tertutup dengan sistem wawancara.

"Prabowo-Hatta memperoleh suara 52,8 persen, sedangkan Jokowi-Kalla hanya 37,7 persen," kata Direktur Eksekutif Vox Populi Basyinursyah dalam konferensi pers di Cikini Jakarta Pusat, Jumat (20/6/2014) seperti ditulis detiknews.

Basyinursyah mengatakan survei dilakukan terhadap berbagai kelompok masyarakat, mulai dari umur, status pekerjaan, tempat tinggal, dan latar belakang pendidikan.

"Dari berbagai kelompok masyarakat yang ada, terlihat bahwa Prabowo-Hatta selalu unggul elektabilitasnya dibanding Jokowi-Kalla," ujarnya.

Pada survei itu, ditanyakan kepada para responden alasan utama memilih calon presiden secara umum. Sebanyak 23 persen responden menyatakan memilih pemimpin yang tegas dan 17,5 persen responden memilih pemimpin yang mampu di bidang ekonomi, serta 15,7 persen memilih pemimpin yang mampu menyejahterakan rakyat.

Dalam kesimpulan disebutkan, "Tingginya elektabilitas Prabwo Hatta disebabkan oleh tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Prabowo Hatta dalam memecahkan segala persoalan yang dialami oleh bangsa ini, antara lain pengangguran, kesenjangan sosial, kedaulatan bangsa."SUMBER
SUMBER 2


emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Semoga Panastak bisa menerima kenyataan ini, jangan rusuh yaa..hehehe
emoticon-Ngakak
Diubah oleh Taufik300380 26-06-2014 12:00
0
6.2K
79
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.