Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kang tatangAvatar border
TS
kang tatang
Sebut Soekarno bunuh kiai, Mahfud MD politisi kerdil & ahistoris
MERDEKA.COM. Pernyataan ketua tim sukses Prabowo-Hatta Mahfud MD terkait Soekarno pernah melanggar HAM dan membunuh kiai menuai banyak kecaman. Mahfud dinilai berbicara tanpa dasar yang jelas dan berbau fitnah.

Ketua Presidium Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Twedy Ginting menilai hal itu sebagai cerminan watak politik Mahfud MD yang buta sejarah. Apalagi Mahfud MD adalah mantan ketua Mahkamah Konstitusi.

"Itu watak asli Mahfud MD sebagai politisi kerdil dan figur yang ahistoris terhadap sejarah Indonesia. Sangat disayangkan pernyataan tersebut keluar dari mulut seorang mantan ketua lembaga tinggi negara," kata Tweedy kepada merdeka.com di Jakarta, Jumat (20/6).

Menurutnya Soekarno bersih dari tuduhan pelanggaran HAM. Hal itu dibuktikan dengan penetapan sebagai pahlawan Indonesia oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Tahun 2012, Presiden SBY melalui Keppres No. 83 tahun 2012 telah menetapkan Soekarno sebagai pahlawan nasional dengan merujuk pada ketentuan UU No?. 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa dan Tanda Kehormatan. Dengan penetapan tersebut tentu jelas bahwa Bung Karno memenuhi syarat menjadi pahlawan Nasional bukan seperti yang dituduhkan oleh Mahfud MD," terang dia.

Selain itu, dia juga menilai pernyataan Mahfud MD merupakan pelecehan marwah lembaga eksekutif dan legislatif. Pernyataan itu pun membuat keraguan masyarakat atas kepakaran di bidang hukum tata negara.

"Mahfud MD sama saja melecehkan institusi Kepresiden dan DPR RI. Pernyataan tersebut jelas tidak mencerminkan? kepakaran Mahfud MD dalam Hukum Tata Negara," pungkas dia.

Sebelumnya Mahfud MD meminta masyarakat berhenti menyerang Prabowo soal pelanggaran HAM. Mahfud menyebut pelanggar HAM bukan cuma Prabowo.

"Wiranto juga pelanggar HAM kasus Dili, Timor Timur, DOM Aceh, Hendropriyono juga pelanggar HAM, Soeharto (presiden) yang melakukan pembantaian saat kasus G30S/PKI dan bahkan Presiden Soekarno yang juga melakukan pembantaian para kyai," kata Mahfud.





https://id.berita.yahoo.com/sebut-so...112320932.html
0
3.4K
41
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.