Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nealonespAvatar border
TS
nealonesp
Berpelukan Ala Teletubies Cegah Stress


Baca judulnya. Udah ngerti? Coba sekali lagi baca judulnya! Ya udah, sekarang berpelukan yuk!

Siapa yang nyangka kalau berpelukan ternyata bawa pengaruh baik pada kesehatan tubuh. Gak percaya? Sebuah penelitian menemukan bahwa berpelukan bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi stres, dan tingkat kecemasan, bahkan meningkatkan daya ingat. Efek positif dari berpelukan dari orang yang kita kenal dengan baik disebabkan oleh oksitosin atau hormon cinta.

Oksitosin diproduksi di kelenjar hipofisis dan diketahui dapat meningkatkan kedekatan antara orang tua, anak-anak dan pasangan. Penelitian sebelumnya menegaskan bahwa kadar oksitosin ditemukan cukup tinggi pada pasangan yang sedang menjalin sebuah hubungan.

Namun apabila orang yang memberi pelukan tidak dikenal atau pelukan dilakukan karena terpaksa alias tidak diinginkan, maka hormon oksitosin tidak akan dilepaskan. Malahan pelukan yang tidak diinginkan dapat membuat stres karena kita biasanya cenderung enggan memeluk orang tak dikenal.

Pelukan yang tak diinginkan justru akan meningkatkan kadar hormon kortisol. Fungsinya justru berkebalikan dengan hormon oksitosin. Nahm buat yang jomblo gimana dong? Hmm.. cari pacar!

sumber
0
1.7K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.