Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

MorningbreaKAvatar border
TS
MorningbreaK
TUJUH TIPS MEMILIH KOS - KOSAN


TUJUH TIPS MEMILIH KOS - KOSAN


Merantau kedaerah yang jauh dari rumah memang sulit, kalau mau makan kita harus mikir - mikir duit dulu, mau mandi harus tahan dengan joroknya kamar mandi karena temen sekostan males belum lagi terkadang harus antre, dan lain sebagainya. Untuk itu ada beberapa tips dalam mencari kost - kostan yang lebih baik, yaitu:


1. Survey Lokasi

Hal pertama yang kamu lakukan adalah survey lokasi. Tentu saja kamu lakukan pertama kali guna memperbanyak kamu untuk memilih. Cari sebanyak mungkin lokasi tempat, harga kosan, dan kondisi kosan itu sendiri. Jangan sampai kamu mengeluh dengan kosanmu karena mengetahui ada kosan yang ternyata bisa kamu dapatkan dan ternyata kosan itu lebih baik.


2. Harga Kos - Kosan

Setelah kamu mendapatkan banyak list dari hasil survey, selanjutnya adalah melihat harga kos - kosan yang pas buat kamu. Ketika kamu sudah survey lokasi namun tidak menemukan harga yang pas jangan ragu untuk pergi ke lokasi yg lebih jauh untuk mendapatkan harga yang pas daripada menyesal nantinya.

3. Kondisi Air Kamar Mandi

Hal ini adalah unsur penting didalam kosan. Mengapa tidak? kondisi air kamar mandi akan mempengaruhi besarnya keinginan kamu untuk mandi. Bukan saja untuk mandi, air ini akan digunakan juga untuk mencuci perabotan kamu nanti. Bayangkan saja ketika kamu selesai berolahraga, gerah, basah karena keringat ingin mandi namun karena melihat air dikamar mandi berwarna coklat niat kamu untuk mandi akan berkurang tetapi tetap saja kamu lakukan walaupun menggunakan air yang berwarna coklat. Beda cerita kalau kamu mempunyai kondisi air yang bersih, bisa - bisa kamu mandi dua kali sehari. Hati - hati juga ketika kamu melihat air dikamar mandi calon kosanmu ketika di awal - awal masuknya mahasiswa baru karena biasanya pemilik kos - kosan akan membersihkan kamar mandinya agak terlihat jernih. Kalau sudah begini kamu harus cek sendiri kondisi airnya, lepas filter yang berada dikeran jika ada, tampung air dari keran bak mandi, lalu lihat keadaan air itu apakah keruh, bau, atau ada makhluk - makhluk lain didalamnya.

4. Teman Sekosanmu

Berikutnya adalah teman sekosanmu, tanya kepada pemilik kos - kosan jurusan apa yang sedang diambil oleh penghuni - penghuninya. Jangan sampai kamu masuk jurusan Teknik Elektro tetapi memiliki /teman Manajemen. Karena kosan adalah tempat kedua kamu setelah kampus, kamu akan banyak menghabiskan waktu didalam kosan selain untuk tidur yaitu belajar. Akan sangat membantu jika teman sekosanmu memiliki jurusan yang sama denganmu apalagi memiliki kelas yang sama. Biasanya jika kamu memliki teman yang berbeda jurusan, apalagi fakultas, kamu akan memiliki waktu yang berbeda. Ketika mereka sedang kuliah bisa saja kamu sedang tidur, ketika mereka sedang mengerjakan tugas bersama - sama tentu saja kamu akan menjauh karena kamu tidak dapat membantu. Lain halnya jika kamu sejurusan dan lebih lagi jika orang itu seangkatan denganmu, kamu akan menemukan teman seperjuangan kamu selama kuliah. Jadi, jangan sampai kamu merasa diasingkan didalam kosanmu sendiri.

5. Kondisi Lingkungan

Kemudian adalah kondisi lingkungan, yaitu apakah kos - kosan ini rawan banjir atau rawan maling. kalau banjir atau tidak bisa kita lihat dari keadaan lokasinya apakah tanah tempat kosan berada didataran yang lebih rendah dari sekitarnya. Jika dirasa cukup aman lihat disekitar apakah dekat dengan sungai, kalau dekat kita bisa bertanya dengan warga sekitar apakah sungai ini sering meluap tanyakan juga apakah kos - kosan ini sering kemalingan sesuatu seperti laptop atau sepeda motor. Biasanya warga sekitar akan berkata jujur daripada pemilik kos - kosan apalagi kalau anda bertanya di warung - warung.

6. Tempat Makan

Selanjutnya adalah lokasi tempat makan disekitar kos - kosanmu. Apakah banyak tempat makan disekitarnya atau hanya segelintir. banyaknya tempat makan akan mempermudah kamu untuk memilih suatu makanan sehingga menunya tidak menjemukan. Tempat makan yang bisa pesan - antar juga sangat membantu ketika sedang hujan, jadi tidak perlu hujan - hujanan untuk makan tinggal pesan saja.

7. Peraturan Kos - Kosan

Terakhir adalah peraturan dari kos - kosan itu. Cari tahu apa saja peraturan kos - kosan itu apakah cocok denganmu. Jangan sampai kamu punya kos - kosan yang mempunyai jam malam tetapi kamu sendiri suka nongkrong sama teman - teman kamu hingga larut malam bisa - bisa kamu akan sering menginap di kosan temanmu kalau kos - kosanmu punya jam malam.


Kos - kosan selain menjadi tempat istirahat kita merupakan tempat untuk dapat menyendiri jika membutuhkan privasi. Saya pernah berpikir untuk tidak memiliki kos - kosan karena dapat menginap dikampus karena waktu itu saya sering tidur disalah satu ormawa disana. Alhasil saya kehilangan waktu untuk bisa merasakan ketenangan dan pusing sendiri. Sekian tips dari saya semoga membantu.


SUMBER: http://bukusampulbiru.blogspot.com/2...kos-kosan.html
0
5.1K
28
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.