Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

farfadsAvatar border
TS
farfads
Mengapa SBY Tak Gunakan Pesawat Kepresidenan ke Fiji ?
Tak biasanya, Presiden SBY melawat ke luar negeri tak menggunakan pesawat kepresidenan, tetapi menggunakan pesawat sewaan Garuda Indonesia. Pesawat kepresidenan dibeli pada April 2014 lalu dengan alasan penghematan anggaran.

Apa alasan SBY berangkat ke Fiji tanpa menggunakan pesawat kepresidenan? Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengaku tidak tahu-menahu alasan pesawat kepresidenan tidak digunakan dalam perjalanan presiden kali ini. Ia mengaku tak terlalu terlibat dalam operasional pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 2 (BBJ-2) itu.

"Kami diminta oleh Setneg, ya kami siapkan," ujar Emir seusai mengantarkan kepergian Presiden.

Dalam perjalanan kali ini, kata Emir, Garuda menyiapkan pesawat jenis Airbus 300. Pesawat ini akan terbang langsung ke Fiji dan memakan waktu 10,5 jam dari Jakarta. Perjalanan ini merupakan layanan khusus karena Garuda tidak memiliki rute penerbangan khusus Jakarta-Fiji.

"Enggak ada (direct flight), kalau mau ke Fiji harus lewat Sidney atau Melbourne, nanti dari sana naik Qantas atau apa baru ke Fiji," katanya.

Di Fiji, SBY akan melakukan pertemuan dengan Presiden Republik Fiji, Ratu Epeli Nailatikau, dan Perdana Menteri Republik Fiji, Voreqe Josaia Bainimarama.

SBY juga diundang sebagai chief guest (tamu utama) pada KTT Ke-2 The Pacific Islands Development Forum, di mana Fiji menjadi tuan rumahnya. Menurut rencana, Presiden SBY akan berada di Fiji pada tanggal 17-19 Juni 2014. Ia didampingi Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Sekretaris Kabinet Dipo Alam, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, dan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto.

Penulis: Sabrina Asril
0
1K
4
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.