Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

putriabadiAvatar border
TS
putriabadi
Mayoritas warga NU dan Muhammadiyah pilih Jokowi-JK
Mayoritas warga NU dan Muhammadiyah pilih Jokowi-JK

Mayoritas warga NU dan Muhammadiyah pilih Jokowi-JK

Merdeka.com - Lembaga Survei Indo Barometer telah melakukan survei pada 28 Mei-4 Juni 2014. Sebelum kampanye dimulai, calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) kerap dipertanyakan keislamannya. Namun isu itu tidak berpengaruh pada elektabilitas pasangan Jokowi-JK.

Hasil survei yang dilakukan oleh Indo Barometer yang dipublikasikan Selasa (17/6), pemilih Islam mayoritas masih memilih Jokowi-JK (49,9%) dibanding Prabowo-Hatta (37,4%). Dan belum memutuskan sebanyak 10 persen.

Sedangkan pemilih beragama Kristen juga mayoritas memilih Jokowi-JK (51,1%) dan Prabowo-Hatta (29,3%). Sedangkan 19,6% belum menentukan pilihan.

Beragama Hindu 42,9% pilih Jokowi-JK, Prabowo-Hatta 23,8%. Dan 23% belum menentukan pilihan.


Untuk basis massa kategori berasal dari ormas Islam, 54,1% warga Nahdlatul Ulama lebih banyak memilih pasangan Jokowi-JK, sementara 38,1% memilih Prabowo-Hatta. Belum memutuskan 5,3%.

Sedangkan warga Muhammadiyah, 47,3% memilih Jokowi-JK, 41,8% memilih pasangan Prabowo-Hatta. Dan 7,3% belum menentukan pilihan.

Jokowi-JK unggul seluruh pemeluk agama. Jokowi-JK juga masih unggul di ormas Islam, baik NU maupun Muhammadiyah. Meski keunggulan di Muhammadiyah relatif tipis.

Survei ini dilaksanakan di 33 provinsi di seluruh Indonesia dengan jumlah responden sebesar 1.200 orang dengan margin of error sebesar 3,0% pada tingkat kepercayaan 95%.

Responden dipilih dengan metode multistage random sampling untuk menghasilkan responden yang mewakili seluruh populasi publik dewasa Indonesia, berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Pengumpulan data dengan wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Dari perbandingan karakteristik demografis yang terpilih, tampak bahwa responden survei ini mirip dengan populasi secara keseluruhan.

http://www.merdeka.com/politik/surve...jokowi-jk.html

Warga NU dan Muhammadiyah mayoritas lebih pilih Jokowi-Jk
Ketimbang Prabowo-Hatta dari survei menunjukkan Jokowi-Jk unggul dari Prabowo-Hatta


Diubah oleh putriabadi 18-06-2014 04:21
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.3K
12
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.