Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

unknownoneAvatar border
TS
unknownone
Dukung Jokowi, Rieke Bagi Kartu Sehat dan Pintar
MINGGU, 15 JUNI 2014

Dukung Jokowi, Rieke Bagi Kartu Sehat dan Pintar

TEMPO.CO, Depok: Politikus dari PDI Perjuangan, Rieke Dyah Pitaloka membagikan Kartu Indonesia Sehat dan Pintar kepada warga Depok yang menumpang Kereta Rel Listrik di Stasiun Depok Baru dan Stasiun Depok Lama, Ahad, 15 Juni 2014. Pembagian kartu itu untuk menarik simpati warga terhadap calon presiden usungan partainya, Joko Widodo.

"Sejauh ini tanggapan warga (pada Jokowi) cukup bagus, ada sekitar 7.500 kartu dalam waktu 1 jam," kata Rieke usai membagikan kartu, Ahad, 15 Juni 2014. Bahkan, kata dia, banyak penumpang yang minta lebih dari satu kartu karena mau dibagikan ke tetangga. "Warga yang bertemu banyak yang menyatakan langsung siap jadi relawan door to door membagi kartu." (Baca: Jokowi Siapkan Kartu Indonesia Sehat dan Pintar)

Anggota DPR RI Komisi IX tersebut berangkat dari kediamannya di Tanah Baru, Beji, Depok ke stasiun Depok Baru pada pukul 8.00. Usai membagikan kartu di sana, dirinya langsung menumpang KRL ke stasiun Depok Lama. "Saya memang sengaja naik kereta karena ingin langsung melihat reaksi warga dan mengetahui apa yang terjadi di lapangan," katanya. Dengan begitu, dia mengklaim bisa mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.

Rieke menjelaskan, kartu Indonesia Sehat dan Pintar adalah untuk memperbaiki sistem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang ada. Menurut dia, JKN saat ini hanya bisa digunakan oleh warga sesuai dengan wilayahnya. Sementara, kartu Indonesia Sehat dan Pintar akan bisa digunakan dimana pun. "Dengan adanya kartu ini diharapkan masyarakat dapat menggunakannya di wilayah manapun," katanya.

Rieke mengatakan, banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kartu tersebut. Soalnya, kartu itu sudah mengcover jaminan pendidikan, kesehatan, dan pelatihan kerja di Balai Latihan Kerja.

Penerima kartu itu adalah warga miskin yang tergolong memiliki penghasilan di bawah UMK atau sama dengan UMK. Hal itu sesuai dengan Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 yang menyatakan setiap warga negara berhak mendapatkan kebutuhan hidup yang layak termasuk jaminan kesehatan. "Hanya warga miskin dengan kategori itu yang bisa mendapatkan kartu tersebut," kata dia.

Pevita, 26 tahun, salah satu warga Depok yang kebagian kartu Indonesia Sehat dan Pintar mengaku baru mengetahui adanya kartu tersebut. "Saya penasaran aja apa kegunaan kartu ini," katanya. Menurut dia, pembagian kartu itu memang terkait dengan pilpres mendatang. Hal itu diyakini sama dengan teknik kampanye yang dilakukan Rieke saat mencalonkan diri jadi Gubernur Jawa Barat.

"Tapi saya sudah punya pilihan sendiri dan tak terpengaruh dengan adanya kegiatan seperti ini," katanya sambil mengatakan pilihannya itu bisa Jokowi dan bisa juga Prabowo. "Rahasia." (Baca: Siapkan Debat, Jokowi Dalami 52 Persoalan Ekonomi)

ILHAM TIRTA

Source:
http://pemilu.tempo.co/read/news/201...hat-dan-Pintar

emoticon-Hot News emoticon-Hot News emoticon-Hot News
0
2.8K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.