Kaskus

News

akangajiebogorAvatar border
TS
akangajiebogor
berbagai cara inovatif "branding" murah meriah
halo para master of sales emoticon-Salaman
perkenankan ane newbie,izin buat buka bahasan diskusi di forum syarat manfaat ini yahemoticon-Shakehand2

yu..sharing berdasarkan pengalaman para master of sales, kira2 pergerakan marketing apa yg ga banyak keluarin biaya (murah meriah) tapi cukup efektif untuk branding kan merk/ product yg kita tawarin

ane sih pernah alamin sendiri dalam rangka pengembangan usaha waralaba gt, ane buka cabang baru di suatu kota.. sebelumnya neh kota masih blm tw dengan brand yg kita jual..

awalnya ane kesulitan dan nyaris down, krn terbentur dgn owner yg membeli merk waralaba (franchisee) dikota ini karena pelit ngeluarin duit buat biaya marketing.. dalam otaknya cukup sekali keluar modal, dah gt pengennya langsung tinggal memetik hasilnya aja..tapi alhamdulillah lambat laun, dengan beberapa pergerakan marketing yg ane buat..akhirnya brand ini bs dikenal luas dikota tersebut..

beberapa pergerakan marketing yg ane lakukan dgn keterbatasan dana :

pengennya pasang iklan dikoran lokal, krn dana terbatas ane pake jurus "sisipan koran"..lebih murah gan cm kudu lebih sabar jalaninnya..

pertama ane survey dulu agen2 koran disana, ane cek oplah sederhana aja..ane tanya ke agen n loper koran..for pertanyaan "gan, koran lokal mana sih yg paling banyak dibeli atau dibaca sama langganan agan"..nah terus ane nego harga deh, supaya bisa nyisipin flyer atau brosur punya ane di koran tersebut..cuma gt gan, kudu sabar..karna agar efektif, kita kudu datang pagi2 banget, supaya yakinin bahwa tuh agen koran bener nyisipin flyer atau brosurnya di koran yg kita mau dan sesuai dgn jumlah flyer yg kita request buat disisipin..karena klo engga, siapa tau kita bayar buat sisipin 500 flyer, taunya cuma disisipin 250..rugi donkemoticon-Marah

nah pergerakan lain yg ane lakukan adalah "event desk" atau biasanya dikenal sbg pasang stand or buka lapak dengan sedikit standing banner + meja + display barang dagangan..maunya sih ane ikut pameran atau buka event di mall..tp tau sendiri kan mahaaaaalemoticon-Najisemoticon-Ngakak...

jadinya, ane event desk di tempat2 yg kira2 ada tempat lain yg dalam waktu2 tertentu jadi pusat keramaian..ane pilih setiap jumat, keliling buka stand di tiap masjid.. minggu pagi ampe siang di alun2..
kadang di kampus de el el..

masih banyak sih yg ane lakuin secara murah meriah tp alhamdulillah efektif menurut ane..
seiring berjalan nanti ane share lagi aktivitas marketing yg lain..

gt aja dulu..sekian dan terima cendol..emoticon-Ngakak

note :
agar ga disangka promo atau buka lapak, nama brand yg ane branding ga disebutemoticon-Wowcantik
Diubah oleh akangajiebogor 16-04-2014 08:08
0
2.3K
22
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Ilmu Marketing & Research
Ilmu Marketing & Research
KASKUS Official
6.3KThread2.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2026 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.