Kaskus

Sports

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bolalobdotcomAvatar border
TS
bolalobdotcom
Bola-Bola Yang Pernah Menghiasi Piala Dunia
Pergelaran Piala Dunia tidak saja menceritakan tentang sejarah perjalanan turnamen terbesar sepakbola empat tahunan ini, namun Piala Dunia juga mampu menghasilkan cerita sejarah bola yang digunakan selama bertahun-tahun lamanya.

Mau tahu, nama-nama bola yang pernah hadir menghiasi Piala Dunia? Ini dia beberapa nama bola dari tahun 1930 hingga nanti di Brasil 2014.

Bola Model T dan 12 Panel (Piala Dunia 1930)

Quote:


Model panel berbentuk T ini menjadi bola yang digunakan pada Piala Dunia pertama di Uruguay. Selain memiliki panel berbentuk T, bola ini juga memiliki beberapa bagian yang dijahit

Ada yang unik di Final tahun 1930, dimana pertandingan yang mempertemukan Uruguay dan Argentina ini berlansung dengan dua bola. Argentina ngotot ingin memakai bola Panel T, sedangkan Uruguay ingin bola 12 Panel. Akhirnya disepakati bahwa pertandingan babak pertama, menggunakan bola pilihan Argentina dan babak kedua, bola pilihan Uruguay.

Federale 102 (Piala Dunia 1934)

Quote:


Piala Dunia kali ini memakai bola bernama Federale 102 hasil produksi dari produsen lokal Italia, ECAS (Ente Centrale Approvvigianomento Sportivi), yang berbasis di kota Roma. Berbeda dengan bola tahun 1930, Federale 102 terdiri dari 13 panel dan dilapisi kulit yang dijahit.

Allen (Piala Dunia 1938)

Quote:


Allen adalah perusahaan yang menyediakan bola di Piala Dunia 1938. Bola bernama Allen ini pun tidak jauh berbeda dengan bola di tahun 1930 dan 1934. Bola ini masih berbahan dasar karet dan kulit, serta dijahit dengan 13 panel.

Super Duplo T (Piala Dunia 1950)

Quote:


Super Duplo T, demikian nama bola resmi di Piala Dunia 1950. Bola ini adalah bola pertama yang tidak menggunakan jahitan, karena adanya katup dalam bola. Bola ini masih bewarna dasar cokelat, seperti dominasi warna bola di Piala Dunia era sebelum Perang Dunia II dimulai. Super Duplo selain digunakan di Piala Dunia 1950, juga digunakan dalam beberapa turnamen bola kecil yang di sepanjang 50an. Super Duplo adalah bola paling hits di era itu.

Swiss World Champions (Piala Dunia 1954)

Quote:


Sebetulnya masih kurang percaya jika bola resmi Piala Dunia 1954 bernama resmi Swiss World Champions. Era itu penyembutan tersebut sangat digandrungi karena kata-kata Swiss World Champions tertera di salah satu bagian bola tersebut. Produsen bola lokal yang berbasis di Kota Basel bermana Kost Sport ini mengeluarkan bola dengan 18 panel untuk pertama kalinya.

Top Star (Piala Dunia 1958)

Quote:


Saat memilih bola resmi di Piala Dunia 1958, FIFA melakukan blind-tes untuk menentukan bola resmi tahun 1958. Anggota FIFA mengetes secara buta 102 bola buatan Sydsvenska Lader Remfabriken asal Swedia. Hasilnya dipililah Top Star dengan corak dasar cokelat dan putih.

(foto:google)
Diubah oleh bolalobdotcom 23-05-2014 06:00
0
3.8K
39
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sundul Bola
Sundul Bola
KASKUS Official
6.5KThread7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.