Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wilstreakAvatar border
TS
wilstreak
Prabowo Menang, 56 Persen Investor Jual Aset
Quote:


SUmber : http://bisniskeuangan.kompas.com/rea...stor.Jual.Aset

Ini bukannya tidak beralasan. Kalau agan2 ada yg merhatiin IHSG, selalu ada korelasi positif antara nilai IHSG dengan kabar baik jokowi dan korelasi negatif dengan kabar baik prabowo. Artinya ketika prabowo kabar baik, pasar merespon negatif. Jadi artikel ini bukan hanya isapan jempol saja. Sudah terbukti di beberapa kali kejadian.

Gue tahu, visi misi Prabowo cukup bagus dan mimpinya pun mulia, membuat Indonesia menjadi negara yg mandiri. Namun sayangnya itu tak bisa diraih semudah seperti yang dia janjikan. Ini bahayanya kalau agan2 tetap memilih prabowo dibanding jokowi.

Terus dampaknya ke ekonomi apaan y gan?
Kalau Prabowo-Hatta berhasil menang, otomatis investor asing bakal banyak cabut kaki dari Indonesia. Loh, bagus kan gan? Aset Indonesia yah sudah seharusnya dikuasai Indonesia. Betul, tapi semua yang terlalu cepat itu sangat berbahaya dampaknya, harus terjadi secara perlahan2, masalahnya ketika Prabowo terpilih, respon pasar akan berlangsung dashyat, bahkan sebelum Prabowo sempat menjalankan kebijakan apapun.

Terus apaan lagi emangnya?
Aset yang dipegang oleh asing di Indonesia sangatlah bervariasi, mulai dari aset keuangan seperti saham, obligasi, hingga aset riil seperti propert dan investasi langsung (FDI). Jika survei itu benar adanya, maka ketika itu prabowo terbukti menang, investor asing akan lari, yaitu dengan menjual sebagian besar aset yang berada dalam posesinya. Masalahnya, pemain lokal di Indonesia juga tidak bodoh. Mereka akan mengantisipasi hal yg sama. Artinya, bukan hanya investor asing yang ikut menjual asetnya, namun juga pemain lokal, mulai dari kelas teri sampai kelas kakap, diikuti juga oleh institusi keuangan yang mengelola reksadana, unit link dan sejenisnya. Akibatnya, semua aset akan mengalami kehancuran dalam hal nilai pasarnya. Dampaknya benar-benar sistematis.

Yah kan yang rugi juga para investor, bukan rakyatnya. Salah sendiri mereka investasi ga jelas
Setelah menjual asetnya, apa yang kira2 akan dilakukan para investor? Ya, mereka akan menjual rupiahnya dan membeli dolar. Ini akan membuat nilai tukar rupiah hancur, bahkan mungkin bisa melebihi krisis moneter. Nilai tukar rupiah yang hancur otomatis akan berimbas pda tingkat inflasi yang sangat tinggi. Daya beli masyarakat hancur. Meskipun beberapa aset mengalami penurunan, namun tak ada yang berani membelinya karena iklim ekonomi yang tidak menentu. Inflasi yang tinggi juga akan memaksa BI untuk menaikkan BI Rate. Kombinasi antara suku bunga pinjaman yang tinggi dan pasar yang lesu membuat pelaku pasar tak berani berekspansi.
Ini selanjutnya berujung pada perlambatan ekonomi kita (GDP). Adanya perlambatan ekonomi otomatis memaksa perusahaan untuk melakukan PHK sehingga pengangguran bakal bertambah banyak.


Masalah yang ditimbulkan sangatlah banyak. Sehingga dengan asumsi Prabowo sangat hebat pun, butuh waktu sangat lama untuk memperbaiki sistem perekonomian Indonesia yang porak poranda. Bahkan realistinya, hingga poin ini sampai akhir pemerintahan Prabowo, ekonomi Indonesia akan stagnan jika tidak mundur. Apalagi mempertimbangkan Hatta rajasa sebagai wapres.

Impian untuk menjadi negara yang mandiri sangatlah mulia. Namun bukan berarti kita harus anti-terhadap asing. Jika agan2 memilih Prabowo dan membenci jokowi hanya karena takut akan isu asing. Coba pikirkan sekali lagi. Gaya hidup agan itu seberapa banyak dipengaruhi oleh asing. Agan2 ini pastinya sangat bergantung pada asing. So, tidak usah naif dan sok nasionalis.

gue g bermaksud menjelekkan Prabowo di trit ini, namun ini realistisnya dan inilah konsekuensi yang harus siap agan hadapi jika masih mantap memilh Prabowo. Jangan mengentengkan isu ekonomi karena sesungguhnya ekonomilah yang dampaknya bisa kita rasakan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari beli sayur, hingga liburan keliling dunia emoticon-Ngakak
ini juga menentukan masa depan agan sendiri, baik sebagai investor, wiraswasta, karyawan hingga pengangguran


Peace y
emoticon-Sorry
sori jika ada analisa ane yg salah
0
6.9K
65
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.