Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

akoaAvatar border
TS
akoa
Studi: Memukul Anak Tidak Pengaruhi Perubahan Perilaku
Spoiler for Moga norepost:

Studi: Memukul Anak Tidak Pengaruhi Perubahan Perilaku
VIVAlife -Memberi hukuman fisik pada anak, seperti: mencubit, menjewer atau memukul, dikatakan bisa memberi efek jera. Namun, penelitian yang dilakukan Southern Methodist University di Dallas, Amerika Serikat, menyebutkan bahwa memukul anak ternyata tidak mempengaruhi perbaikan perilaku.
Studi tersebut juga mengungkapkan bahwa efek jera dari hukuman fisik hanya bertahan selama 10 menit. Setelah itu, anak akan kembali melakukan hal yang sama.

Quote:


Ketua Peneliti Dr George Holden mengatakan, orang tua kerap membarengi pukulan dengan teriakan.
"Orang tua akan berteriak dan memukul anak saat mereka berulah dan ibu adalah pihak orang tua yang lebih banyak melakukan keduanya," kata Dr Holden, dilansir Daily Mail.
Lebih lanjut, Dr Holden mengatakan teriakan dan pukulan yang diberikan orang tua kepada anak, sebenarnya tidak berpengaruh positif.
"Malah, dalam jangka waktu lama, kedua hal itu bisa menyebabkan problem perilaku pada anak seperti agresi, kecemasan dan depresi," ujarnya.
Pernyataan Dr Holden mengacu pada penelitian sebelumnya yang menyebutkan pemukulan pada anak justru akan membuat mereka semakin agresif.
Tahun lalu, Universitas Michigan menerbitkan hasil riset yang menyebutkan pemukulan pada anak berpengaruh signifikan terhadap perilaku negatif saat mereka dewasa.
Studi lain yang dilakukan Columbia University di New York mengungkapkan bahwa balita yang kerap dipukul saat mereka nakal, justru lebih agresif dan kerap melanggar peraturan ketika mereka bersekolah. Tidak hanya itu, anak yang kerap dipukul juga menunjukkan kecerdasan yang lebih rendah dibanding mereka yang tidak. (umi)

sumber
Diubah oleh akoa 02-05-2014 11:19
0
1.6K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.