alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53765cac108b46742e8b45c2/apakah-anda-betul2-siap-menjadi-entrepreneur
Lapor Hansip
17-05-2014 01:45
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?
Apakah Anda betul2 SIAP menjadi ENTREPRENEUR ?


Saya seringkali menemukan, orang2 yang pulang seminar Kewirausahaan dengan wajah berseri-seri, semangat berapi-api, nadanya tinggi meledak-ledak, serta matanya berbinar-binar penuh harapan baru.

Awalnya ia adalah seorang karyawan swasta, yang terkena "virus pengusaha", dan melihat betapa bercahayanya kehidupan para Pengusaha Sukses. Tanpa ragu lagi ia pun langsung melihat tabungan, menentukan lokasi usaha, lalu buka cafe, dan langsung berbangga diri ke teman2nya yang masih bekerja, sekarang dirinya punya kebebasan waktu, dan telah berpindah kuadran.

Sebulan pertama, Cafe ditongkrongin terus, sambil menyambut teman2 yang datang memberi selamat untuk pembukaan cafenya.

Bulan kedua, pembeli datar2 saja, tidak banyak kemajuan.

Bulan ketiga sampai bulan kelima, mulai panik, berbagai cara marketing pun dicoba, mulai dari bagi brosur sampai banting harga dan ditulis besar2 di depan cafe dengan harga mentereng.

Bulan keenam, cafe tutup, ia pun putus asa, dan ga lama kemudian ribut2 di berbagai forum kewirausahaan seperti forum ini : "Hati2 tertipu seminar kewirausahaan, gw udah jadi korban nich !!" atau "Jangan percaya seminar2 wirausaha dech, ini gw gagal dan yang gw dapet cuma malu doank + setumpuk utang. Seminar cuma ngomong enak2nya doank, pembicara brengsek !!"

Klise ? Ya, betul sekali. Cerita klise seperti ini sering kita jumpai di sekitar kita. Lalu, siapakah yang salah ? Pembicara seminar ? ATau peserta seminarnya ?

Daripada ribut dan saling menyalahkan, mari kita telaah masalah ini dengan kepala dingin dan penuh pemikiran positif. emoticon-Angkat Beer

Pertanyaan utama dari permasalahan ini adalah :

Apakah setiap orang bisa menjadi Entrepreneur ? Ataukah Entrepreneur hanya bakat untuk orang-orang tertentu saja ?

Sebenarnya, ini semua adalah permasalahan cara berpikir dan cara bertindak. Saat Anda memutuskan ingin menjadi entrepreneur, apakah Anda sudah berpikir dan bertindak layakanya entrepreneur ? Atau jangan2 Anda hanya fisiknya saja yang sedang menjadi entrepreneur, tapi cara berpikir dan cara bertindak Anda masih layaknya seorang karyawan ?

Lho ?? Apa bedanya ??

Pertama-tama, perlu dipahami terlebih dahulu, bahwa menjadi entrepreneur atau karyawan adalah murni pilihan, tidak ada yang lebih baik di antara keduanya. Pilihan ini adalah pilihan yang sangat adil, karena setiap orang sebenarnya bebas memilih asalkan memiliki CARA BERPIKIR dan CARA BERTINDAK yang TEPAT.

Menjadi Entrepreneur, tidaklah mudah seperti kelihatannya. Jangan pernah sekali-kali berpikir, bahwa menjadi Boss itu jauh lebih mudah daripada menjadi karyawan. Anda SALAH BESAR. Menjadi Boss / Entrepreneur, memiliki tanggung jawab yang besar, memerlukan pemikiran-pemikiran yang brilian, intuisi yang jitu, pandangan yang visioner, harus mampu mengambil keputusan secara cepat dan tepat, dan bla bla bla bla bla, alias masih banyak syarat lainnya.

Mungkin saat di seminar-seminar, Anda melihat :

Betapa suksesnya seorang Chairul Tanjung.
Namun apakah Anda tahu bagaimana perjuangan beliau saat merintis bisnis ? Apakah Anda siap hanya tidur 6 jam per hari tanpa punya banyak waktu untuk keluarga seperti Chairul Tanjung muda ?

Betapa suksesnya seorang Donald Trump.
Namun apakah Anda tahu bahwa ia pernah bangkrut, sampai2 pengemis di pinggir jalan pun lebih kaya dari dirinya ?

Betapa suksesnya Top Ittipat (CEO snack Tao Kae Noi).
Namun apakah Anda tahu bagaimana saat awalnya dia merintis bisnis ? Apakah Anda paham bagaimana rasanya hampir kehilangan rumah satu2nya karena terlilit hutang keluarga, namun sambil masih harus terus berjuang untuk membalik nasib ? Apakah Anda sanggup gagal berkali-kali seperti dia, dan tetap mesti bangkit berdiri walau rasanya sangat sakit dan tertekan (bahkan dihina), seperti yang dia alami ? Ya, dan itulah juga yang saya alami 4 tahun yang lalu, saya mengalami hampir persis seperti yang dialami Top Ittipat sebelum bisa menjadi seperti sekarang ini emoticon-Smilie

Menjadi entrepreneur, itu artinya juga Anda sedang mengelola resiko, SETIAP SAAT, SETIAP WAKTU, dan Anda MESTI SURVIVE DALAM KEADAAN SESULIT APAPUN.

Karena itu, jangan pernah menjadi entrepreneur, bila Anda memang tidak siap dengan segala resikonya. Pahami dulu berbagai resikonya, dan siapkah Anda dengan segala konsekwensinya ?
Siapkah Anda bekerja keras sedangkan orang lain sedang enak2 nonton TV atau main game ?
Siapkah Anda mesti tetap berpikir jernih walau sedang dalam tekanan ? ATau dalam sedikit tekanan Anda sudah stress dan uring2an ?
Siapkah Anda mesti networking dan berkumpul dengan komunitas, saat orang lain sedang asik malam mingguan ?
Siapkah Anda bila membangun bisnis dan merasa miskin, karena belum bisa menggaji diri sendiri, sedangkan teman2 Anda sedang santai2 hang out menikmati gaji mereka ?
Siapkah Anda meninggalkan Comfort Zone Anda, dan berjuang untuk SURVIVE AS AN ENTREPRENEUR setiap saat ?

Nah, itulah bedanya, Entrepreneur dengan Karyawan. Bila Anda ingin menjadi Entrepreneur, bersiaplah dengan segala resiko dan konsekwensinya.

Ubahlah cara berpikir dan cara bertindak Anda layaknya Entrepreneur.

Entrepreneur tidak berpikir bahwa Laba Perusahaan = Gaji Gue. Entrepreneur mesti siap ngirit di masa awal merintis bisnis, untuk mengembangkan bisnisnya menjadi lebih besar lagi.

Entrepreneur tidak berpikir bahwa saat passive income, waktunya untuk main game, nonton tv, dan perbanyak terus family time. Entrepreneur mesti mengubah passive incomenya menjadi MASSIVE PASSIVE INCOME, barulah bisa menikmatinya.

Entrepreneur selalu berpikir bahwa WAKTU ITU ADALAH EMAS, karena mereka paham betul bahwa setiap waktu adalah ASET YANG SANGAT BERHARGA, karena itu tidak boleh dibuang2 sembarangan.

Entrepreneur tahu betul, bahwa dirinya sedang membangun KERAJAAN BISNIS, karena itu mereka selalu bersabar dan tidak selalu mengharapkan "hasil dalam waktu singkat".

Entrepreneur tahu betul, bahwa setiap bisnis memiliki resiko, dan resiko itulah yang mesti mereka kelola, sehingga menjadi resiko yang minimal dengan peluang yang besar.

Menjadi Entrrepreneur itu sangatlah menyenangkan, hanya bila Anda memahami segala resiko dan konsekwensinya.

So, kembali lagi ke pertanyaan awal, Apakah Anda betul2 SIAP menjadi Entrepreneur ?

Pilihan di tangan Anda emoticon-Angkat Beer





My Business




*Saya bukanlah seorang motivator, bukan juga speaker di seminar-seminar. Saya adalah seorang Entrepreneur murni yang betul-betul bertumbuh dari minus, dan merasakan perjuangan berat sampai bisa jadi seperti saat ini. So, apa yang saya bagikan adalah berdasarkan pengalaman Bisnis yang saya miliki, juga hasil pengamatan saya terhadap bisnis2 lainnya. Enjoy ! emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh [Shadow]LenZ
1
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 3 dari 12
19-05-2014 07:48
Quote:Original Posted By sis1to


gan chandra, berarti harus ane mulai dengan mempersiapkan "kesiapan"?


Yup, baik persiapan mental + segala konsekwensinya, dan persiapan cara berpikir dan bertindak. BUKAN siap secara skill ya. Skill bisa sambil jalan.

Quote:Original Posted By RaphzZ
gagal 9x di bisnis yg sama / tidak bro?
apa kita harus yakin sama 1 bisnis yg kita ingin jalanin walau masih gagal terus-menerus?


Bukan di bisnis yang sama kalo gw. Tapi temanya tetep sama, yaitu di FnB, walau FnB nya beda2 jenis n cara berjualannya jg beda2

0
19-05-2014 07:56
Setuju banget gan
apalagi kalimat yang satu ini

Menjadi entrepreneur, itu artinya juga Anda sedang mengelola resiko, SETIAP SAAT, SETIAP WAKTU, dan Anda MESTI SURVIVE DALAM KEADAAN SESULIT APAPUN.

dulu pas awal coba2 berwirausaha sempet pengen berhenti aja karena banyak masalahdan lagi masih kuliah, tapi akhirnya bisa bangkit lagi karena inget emang usaha itu g ada yang tanpa resiko dan harus bisa survive
0
19-05-2014 14:00
Laaaa ini..
setuju ane gan..
Enterprenuer sukses jgn dilihat pas enaknya aja gan, diliat juga pas jatuhnya..
kdang org indonesia terlena sama hasilnya aja, tnpa bisa melihat perjalanannya emoticon-Malu (S)
0
20-05-2014 11:03
Quote:Original Posted By nnoitrajiruga99
Laaaa ini..
setuju ane gan..
Enterprenuer sukses jgn dilihat pas enaknya aja gan, diliat juga pas jatuhnya..
kdang org indonesia terlena sama hasilnya aja, tnpa bisa melihat perjalanannya emoticon-Malu (S)


Betul banget, kalo sekedar lihat enaknya aja, jadinya malah gelap mata dan lupa melakukan "persiapan mental" emoticon-Big Grin
0
20-05-2014 13:27
mantaap sharing nya
memang pengalaman itu guru terbaik untuk kita
0
11-06-2014 05:29
Up up..ud lama tenggelam emoticon-Big Grin
0
11-06-2014 07:30
gan TS, parameter suatu usaha dianggap udah "gagal" itu gimana?emoticon-Bingung
bwt tau bahwa itu saatnya bwt move on ke usaha yang laen.
dan ane penasaran dengan cerita kegagalan2 yang TS alami sewaktu membangun usaha sekarang. apakah TS dulu dari awal emang merintis bisnis yang sama, atokah pernah mencoba berbagai jenis bisnis?
bwt inspirasi gan, soalnya ane paling bersemangat klo baca cerita orang2 sukses yang berkali2 mengalami kegagalan yang pada akhirnya justru itu mengantarkan dy pada kemapanan usaha sekarang emoticon-thumbsup
0
11-06-2014 08:26
Keren lu gan, membicarakan Fakta.. emoticon-Ngakak

kalo saran gw, mendingan ga usah jadi Pengusaha/entrepreneur deh.. apalagi merintis usaha dari 0.. wah.. berat gan.. kalo ga bs memenej uang dengan baik dan menahan uang keluar dari dompet, bisa2 kayak Donald Trump.. lebih miskin drpd pengemis dijalanan emoticon-Ngakak
kalo ngejarnya duit buanyak diawal, jadi karyawan lebih enak.. temen2 ane cerita, di gaji 3 juta perbulan katanya sedikit, ane dalem hati ngomong, "buset dahh, gw dapet 1 juta perbulan dr usaha ane aja udah bisa naek haji kali" emoticon-Ngakak

ni ane lg merintis Roti Bakar di Semarang (doain laris manis ya gan).. SDM ane Bisa beli hape dari duit gajiannya.. ane cuman bisa manyun liatin hape baru SDM ane.. *curhat* emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

lah ngapa jadi curhat gini ya gw emoticon-Ngakak
0
12-06-2014 13:16
Quote:Original Posted By pojok43
gan TS, parameter suatu usaha dianggap udah "gagal" itu gimana?emoticon-Bingung
bwt tau bahwa itu saatnya bwt move on ke usaha yang laen.
dan ane penasaran dengan cerita kegagalan2 yang TS alami sewaktu membangun usaha sekarang. apakah TS dulu dari awal emang merintis bisnis yang sama, atokah pernah mencoba berbagai jenis bisnis?
bwt inspirasi gan, soalnya ane paling bersemangat klo baca cerita orang2 sukses yang berkali2 mengalami kegagalan yang pada akhirnya justru itu mengantarkan dy pada kemapanan usaha sekarang emoticon-thumbsup


Parameternya beda2 bro, mesti lbh spesifik bisnisnya apa dan masalahnya apa. Bisnis yang merugi belum tentu gagal, kalau meruginya adalah utk marketing or branding. Sebaliknya, bisnis yang masih menguntungkan pun belum tentu bisnis yang bagus, kalau misal bisnis tersebut sudah terlalu umum dan sulit dikembangkan.

Banyak faktornya bro, so beda2 case by case.

Soal cerita gw scr lengkapnya, nanti mgkn akan gw ceritakan di lain thread..suatu saat..karena ceritanya panjang dan kalo waktunya gw tulis nanti, ingin gw tulis scr cukup detail emoticon-Big Grin
0
13-06-2014 07:37
Quote:Original Posted By [Shadow
LenZ;539945d7148b4658688b45c5]

Parameternya beda2 bro, mesti lbh spesifik bisnisnya apa dan masalahnya apa. Bisnis yang merugi belum tentu gagal, kalau meruginya adalah utk marketing or branding. Sebaliknya, bisnis yang masih menguntungkan pun belum tentu bisnis yang bagus, kalau misal bisnis tersebut sudah terlalu umum dan sulit dikembangkan.

Banyak faktornya bro, so beda2 case by case.

Soal cerita gw scr lengkapnya, nanti mgkn akan gw ceritakan di lain thread..suatu saat..karena ceritanya panjang dan kalo waktunya gw tulis nanti, ingin gw tulis scr cukup detail emoticon-Big Grin


klo merugi dari segi incomenya gimana? apakah itu bisa disebut gagal? atokah harus diganti strategi keuangan? karna tadi agan bilang klo masalahnya marketing/branding brati masih bisa jalan..
sedikit curhat minta saran bole ya gan emoticon-Big Grin ane punya usaha juga, untuk permasalahan pengembangan ke depannya sih ane rasa cukup menjanjikan tapi masa2 start kek gini itu yang susah, gimana cara agan ngakalin bwt dari segi promosi?

ane tunggu thread cerita perjalanan bisnis agan emoticon-thumbsup
0
13-06-2014 09:25
betul bgt.

org suka liat enak nya aja. tp enterpreneur yg jalani tau betul apa qrti kata survive dan berjuang.

even bisnis lg lesu banget..musti putar otak..karna ada tamggungan yg kudu dibayar, karyawan yg mesti digaji.
0
23-06-2014 23:41
wah gan ane rasa kalo entrepeneur itu jiwa ya... mau rugi mau gagal yang jlas dia gak akan kenal jera dan akan selalu berpetualang d dalam imajinasinya sampai terwujud dalam kehidupan nyatanya...
0
24-06-2014 11:48
agan-agan ane mohon masukannya dong emoticon-Malu (S)
maap kalo OOT..

ane sekarang menekuni sebuah usaha dan menyewa kios udah 5 bulan, tapi pemasukan minim/ga nutup sama oprasional karena memang harganya sedikit murah makanya tempatnya kurang strategis. ane mau pindah dan over kontrak kios sekarang tapi dana juga sangat minim emoticon-Frown . soalnya kios-kios yg tempatnya strategis harga sewanya sangat mahal, ane takut ga nutup karena usaha ini juga masih merintis di tambah lagi karena memang ga ada modal.. sedih memang kalo harus berjuang sendiri seperti ane, ane punya utang 9jt makanya ane takut untuk nambahnya lagi. karena ane mau tetap fokus dengan usaha ini, walau dari keluarga sudah nyuruh ganti julan lain tapi ane berusaha ga mau ganti-ganti jualan dulu

mohon masukannya emoticon-Malu (S)
0
06-07-2014 16:52
mantap, keren tridnya.

Orang2 seminar memang kadang gelap mata dengan kesuksesan pembicara, padahal sudah dijelaskan jadi entp selain siap untuk sukses, harus siap untuk gagal...

jika gagal ulangi lagi hingga kesuksesan menghampiri, salam sukses...
0
06-07-2014 18:20
kalau ditanya tentang kesiapan
sepertinya aku belum benar2x siap gan emoticon-Blue Guy Smile (S)
0
08-07-2014 20:02
Gila gan,dana di forex ane per bulan estimasi 5~40%.klo Deposito brp coba?Jasa Kelola Forex-www nusafx com.bbm 7449B876.
0
08-07-2014 21:59
ya saya siap menjadi entrepeneur gan
emang uda jalannya ane di jalan wirausaha dan lg tahap awal mulai usaha nih. mohon doanya ya semua emoticon-Matabelo
0
11-07-2014 21:00
Artikel luar biasa, salut sama agan yang Satu ini.
Semoga bisa menjadi pembelajaran buat yang lain
0
11-07-2014 21:29
Thread bermutu gan , ane setuju bgt sama pandangan agan . Ane sekarang sedang bener-bener merintis bisnis ane yang bener-bener dari nol . Dan ane yakin dan siap menjadi entrepreneur emoticon-Smilie
0
13-07-2014 04:09
memang ga mudah buat jadi ssorang snterpreneur.
0
Halaman 3 dari 12
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.