goindonesiacomAvatar border
TS
goindonesiacom
Pulau Cantik di Ujung Timur Pulau Jawa

Pulau Merah Banyuwangi


Mencari tempat alternatif untuk berselancar di pulau Jawa selain di Pantai Plengkung atau G-land? Nah, di Banyuwangi ada satu objek wisata yang dapat memuaskan hasrat berselancar Anda namanya Pulau Merah. Objek wisata yang terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi ini termasuk bagian dari rangkaian pantai di selatan Jawa Timur.

  • Mirip dengan Pantai Kuta

Entah kenapa dinamakan Pantai Merah. Tapi setidaknya, ada dua versi pendapat yang mengatakan mengenai asal-muasal penamaan pulau itu. Ada yang mengatakan karena warna tanahnya yang kemerah-merahan. Sebagian lagi menyebutkan, konon dari pulau itu dahulunya pernah terpancar cahaya merah.

Terlepas dari pendapat di atas, melihat karakteristik ombak di Pulau merah banyak yang mengatakan, terutama para peselancar ombaknya Pulau Merah mirip dengan Pantai Kuta, Bali. Ombak di sini dapat bergulung setinggi dua meter dan panjang 300 meter, sehingga memungkinkan peselancar melakukan manuver di dalamnya alias teknik tubes.

Selain dapat bermanuver, ombaknya pun dapat dinikmati oleh peselancar pemula, amatir dan profesional. Berbeda dengan Pantai Plengkung atau G-Land yang hanya bisa dinikmati oleh peselancar profesional. Di dasar laut Pulau Merah ini juga tidak terlalu banyak karang seperti di Plengkung, sehingga Pulau Merah lebih aman bagi peselancar. Dengan kondisi ombak yang tidak terlalu ganas itulah, Pulau Merah memang lebih cocok bagi pemula yang ingin belajar berselancar.

Pulau Merah berbentuk bukit yang banyak ditumbuhi tanaman dan berada di dekat pantai yang pasir putihnya menghampar sejauh 3 kilometer. Seperti pegunungan dan area hijau di sekitar pantai yang masih tergolong alami, tentunya menjadi daya tarik tersendiri badi Anda.

Soal sunrise di Pulau Merah ini begitu menawan. Jadi yang ingin menikmati keelokan panorama saat matahari terbenam (sunrise) pun dijamin tak bakal menyesal. Warna keemasan akan muncul ketika detik-detik matahari terbenam di bagian barat pantai.

Bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Pantai Pulau Merah, harus rela menempuh perjalanan sejauh 60 Kilometer dari pusat kota Banyuwangi. Rute arah selatan Banyuwangi ini melalui jalan jalan pedesaan dan bebukitan. Bila mengendarai mobil, perjalanan bisa ditempuh selama hampir 2,5 jam.
Spoiler for Pulau Merah:
0
1.9K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Domestik
DomestikKASKUS Official
10.2KThread3.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.