Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jingga.orangeAvatar border
TS
jingga.orange
Semeru Death Zone - Blank 75
Mencapai puncak mahameru adalah sebuah kebanggaan bagi setiap pendaki. Namun ada baiknya mengenal kondisi medan track berpasir saat summit attack terutama saat menuruni puncak - cemoro tunggal (cemoro tumbang)- kelik - arcopodo - kalimati.

Banyak pendaki yg terlena saat menuruni mahameru, karena medannya berpasir jd agak begitu banyak tenaga yg terkuras & turun serasa meluncur deras. Tapi kewaspadaan & kecermatan memilih jalur sangat dibutuhkan. Biasanya karena antrian pendaki yg mau turun yg membuat sebagian pendaki mengambil cerukan dinding pasir di sebelahnya yg akhirnya membelokkan arah yg seharusnya menuju ke cemoro tunggal (cemoro tumbang) malah menuju zona maut Blank 75.









Blank 75 adalah sebutan dari kawasan berbahaya (Death Zone/Jalur Tengkorak) pada pendakian Gunung Semeru. Dimana jalur tersebut dapat menyebabkan pendaki tersesat, mengalami kecelakaan, terperosok ke jurang, tanah yang diinjaknya longsor, dis-orientasi tanpa tahu arah mana terbaik untuk ditempuh, kehabisan air, kehabisan bekal atau kepayahan dsb. Sebetulnya ada jalur lain yang juga berbahaya yaitu jalur pendakian dari arah Selatan Semeru. Dimana jalur tersebut merupakan jalur aliran lahar dan lahar dingin Semeru. Namun karena Jalur Selatan sangat jarang didaki maka fokus sebutan berbahaya dipakai pada area Blank 75.

Berikut ini adalah sedikit informasi tentang Blank 75.

1. Blank 75 sebenarnya tidak menunjukkan pada 1 titik koordinat tertentu, melainkan istilah Blank 75 itu dipakai untuk menyebut suatu area berbahaya yang cukup luas atau panjang, yang memiliki jurang-jurang dengan berbagai kontur / ketinggian yang semuanya berbahaya. Bagian jurang atau tebing, ketinggiannya mencapai sekitar 75 meter sehingga muncul istilah Blank 75. Bukan hanya dititik itu saja melainkan di titik-titik lain sekitar Blank 75.

2. Blank 75 sebenarnya bukan jalur pendakian melainkan jalur aliran lahar.

3. Blank 75 itu areanya berada pada jalur antara Arcopodo atau Cemoro Tunggal kearah Desa Pasrujambe, Kabupaten Lumajang.

4. Cemoro Tunggal lokasinya disekitar koordinat 49L 711603 mE 9104263 mS

5. Desa Pasrujambe lokasinya disekitar koordinat 49L 720174 mE 9105136 mS

Spoiler for CARA YANG AMAN MENURUNI GUNUNG SEMERU:


Spoiler for PINTU MASUK UNTUK TERSESAT DI BLANK 75:


Spoiler for TEKNIK MENCARI PENDAKI YANG TERSESAT BERJALAN KEARAH BLANK 75. :


diolah dari berbagai sumber

Spoiler for 75 Persen Pendaki Semeru Tewas Ditemukan di Blank 75:
Diubah oleh jingga.orange 06-06-2014 06:28
0
16.7K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.