Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ekosansanAvatar border
TS
ekosansan
Pengalaman dan Lika-Liku Lolos CPNS BPPT 2013
Assalamualaikum sodara-sodara setanah air lama ga pernah bikin trit lagi. Kali ini ane mau bikin cerita tentang pengalaman ane bisa lolos CPNS BPPT 2013.
Kalo temen-temen pengen tau apa itu BPPT bisa lihat profilnya dimari :
www.bppt.go.id disitu dijelaskan tt BPPT. Oh ya ane ditugasin di PUSPIPTEK Dikedeputian TAB. Perkenalannya pekerjaan cukup segitu aja yaahh...
Kali ini ane mau bahas urutan cerita dari cari info sampe prajabatan. Buat temen-temen yang pengen daftar CPNS tahun 2014 ini kemungkinan sama cara dan urutannya. berikut urutannya yaaa....
  • SERING-SERINGLAH CARI INFO DI MEDIA MASSA DAN INTERNET
Tahun kemaren banyak sekali info-info tentang CPNS yang beredar di media massa dan internet menberitakan kemungkinan bulan pendaftaran CPNS dibuka awal september. Nah, untuk tahun ini kemungkinan dibuka setelah Pilpres. Jadi, pantengin terus koran n media elektronik ya gan.
  • YAKINKAN MAU DAFTAR DIMANA SESUAI DENGAN JURUSAN
Jika pendaftaran udah dibuka agan harus pastikan di lembaga atau Pemda mana agan mau daftar yaa... misal agan jurusan teknik mesin trus di Pemda A ga ada formasi teknik mesin agan jangan sekali-kali daftar. bkalan ga lolos proses pendaftaran. Oh ya, untuk info saja. Urutan pendaftaran itu dimulai dengan pendaftaran online. Ada dua cara mendapatkan nomor pendaftaran yaitu daftar di sscn.bkn.go.id dan disitus masing-masing instansi. Kemungkinan tahun ini semua disatukan di sscn.bkn.go.id supaya tidak ada pendaftar ganda di lembaga dan pemda berbeda. Setelah agan dapat nomor agan kirimin berkas-berkas yang diminta melalui pos ke instansi yang agan daftar. Tunggu sekitar 2 minggu sampe satu bulan. kalo nama agan ga keluar pas pengumuman siapa saja yang bisa ikut tes tertulis agan ga berhak marah karena itu wewenang panitia. setelah itu agan ikutan tes tertulis pake CAT sistem, tes pake komputer. begitu agan keluar ruangan agan tau berapa nilai agan. masuk passing grade ga. Tunggu sebulan kemudian siapa saja yang berhak ikut tes wawancara. Kalo di BPPT semua yang lolos passing grade bisa ikut wawancara kalo tempat lain biasanya nilai-nilai tertinggi yang bisa ikut. Kalo udah wawancara maka langkah selanjutnya pengumuman siapa yang lolos CPNS. kalo nama agan lolos selamat anda siap-siap jadi birokrat. nunggu proses pemberkasan, orientasi dimasing-masing instansi dan prajabatan.
  • BERKAS APA SAJA YANG HARUS DIPERSIAPKAN
Ane ambil contoh berkas buat BPPT tahun 2013 tu kayak gini gan. oh ya, Umur agan harus antara 18 - 35 tahun. Berikut berkasnya
1. Pasfoto berwarna terbaru 3x4 sebanyak 2 lembar.
2. Printout nomor registrasi pelamar (pada halaman pendaftraran online)
3. Surat Lamaran, ditulis tangan dengan tinta biru.
4. Daftar Riwayat Hidup, dilengkapi data pelamar yang jelas (alamat, kota, kode
pos, no telp/HP, email).
5. Fotokopi ijasah terakhir dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh Dekan,
Direktur, Ditjen Dikti, Kemdiknas bagi lulusan luar negeri. (Surat Keterangan
Lulus sebagai pengganti ijasah tidak berlaku).
6. Fotokopi akta kelahiran.
7. Fotokopi KTP yang masih berlaku.
8. Fotokopi keterangan sehat jasmani rohani serta tidak buta warna dari
Puskesmas/RSUD/RSUP.
9. Fotokopi SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku.
(bila pelamar telah memiliki berkas ini agar dilampirkan, namun berkas ini
menjadi wajib dimiliki pelamar untuk diberikan ke Panitia Seleksi BPPT saat
pemberkasan usulan CPNS).
10. Fotokopi halaman judul dan abstrak tugas akhir /skripsi.
11. Fotokopi pengalaman bekerja bagi yang sudah pernah bekerja.
  • BAHAN BUAT UJIAN CAT APA SAJA????
Pastikan dulu agan lolos tahapan administrasi yaa... jangan dulu beli buku-buku tes kalo agan ga lolos tahap ini. Percuma. Buang-buang duit. Kalo agan dan lolos tahapan administrasi buku-buku yang perlu agan pelajari adalah:
1. Pendidikan Kewarganegaraan kelas X - XII
2. Sejarah kelas X - XII
3. Matematika kelas X - XII
4. Bahasa Indonesia kelas X - XII terutama yang penarikan kesimpulan
5. RPUL
6. UUD 1945 amandemen ke 4 dan sejarahnya
7. Contoh-contoh soal
8. Bahasa Inggris tidak diujikan di CAT
Itu gan buku-buku yang mesti agan pelajari selama 2 minggu sampai satu bulan sebelum agan tes CAT
  • APA YANG DIPELAJARI SETELAH TES CAT
Ada yang langsung tes psikologi aka psikotes. Kalo psikotes ane kagak bisa bantu karena itu tes tentang diri kita masing-masing. Jadi, ga bisa contek-contekan yaaa
  • DIWAWANCARA NGAPAIN AJA....
Pada tahapan tes wawancara ada dua bentuk yaitu wawancara langsung atau penugasan berkelompok. Intinya pada tes wawancara pede saja dengan kemampuan diri kita. Ane kata temen ane "kok lama bener wawancaranya. Hampir sejam" trus ane jawab "ane ngobrol-ngobrol aja. macem-macem gitu". Kelihatan kan ga wawncara ane itu ngobrol. Jadi, jangan tegang yaaa
  • APA YANG ANE LAKUKAN SEBELUM DINYATAKAN LOLOS CPNS
Ane banyak beribadah gan. Ane muslim n kebetulan ditempat kerja ane ga padet coz ane shift gt. Ibadah ane meliputi puasa Daud, sedekah anak bawahan ane yang juara kelas dan sedekah lainnya, ikut qurban sapi yang bertujuh, sholat hajat 12 rakaat, shalat Dluha, tadarus surat Waqiah. Kira-kira itu ibadah yang ane lakuin. ane buka riya ya gan cuma semoga bisa dicontoh kalo memang itu baik. Ane lakuin itu karena passing grade ane pas banget dan ane juga ga pinter-pinter amat. Bersyukur ane lolos. Nah pas dinyatain ane lolos ane nazar puasa seminggu.
  • APA YANG DILAKUIN WAKTU PEMBERKASAN
Pastikan agan harus datang pada hari pemberkasan dengan membawa berkas. Ane pastiin Agan harus ada ditempat pemberkasan. Kalo agan ga ada otomatis agan DIGUGURKAN. Sayangkan kalo gitu. Gimana kalo berkas belum lengkap. Bisa disusulkan yang pasti agan harus datang dulu.
  • APA YANG DILAKUIN SETELAH PEMBERKASAN
Pantengin terus tu situs tempat agan bakalan kerja karena sewaktu-waktu pasti ada pengumuman kapan agan mulai kerja. Saran ane bagi yang udah kerja lebih baik langsung mengundurkan diri begitu selesai pemberkasan. Hitung-hitung liburan panjang sebelum jadi birokrat.
  • APA YANG DILAKUIN SETELAH MASUK KERJA
Yaaa...mengikuti instruksi atas gan. Sambil nunggu kapan agan prajabatan. Oh ya, mulai bulan Juli 2014 prajabatan dilakukan selama 3 bulan bukan 3 minggu lagi dan bukan jadi PNS tapi ASN (Aparatur Sipil Negara)
Kira-kira demikian cerita yang dapat ane bagi buat agan agan semua. kalo ada yang bertanya dengan senang hati ane bantu
0
8.6K
18
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lowongan Kerja
Lowongan KerjaKASKUS Official
159.3KThread12KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.