RankamiAvatar border
TS
Rankami
Tekanan Batin bertahun-tahun
Saya ini sebenrnya malu juga mo curhat di sini. Secara saya sudah 30th lebih, rasanya kok terlalu tua untuk galau2 dan curhat2 di mediasosial ya. Tetapi namanya masalah dipendem terus kan bikin sakit jiwa klo gak diceritakan ya.
Saya gak tau mau cerita ke siapa. Ke ortu, gak mau. Saya malah takut kalo crita ke ortu bakal dibilang "tuh kan.. ibuk bilang juga apa. Kenapa kamu mau sama dya. Sekarang kamu yang menderita. Mending cerai aja kalo dia cuma bisa bikin kamu tertekan" emoticon-Sorry

Hhhhh..... saya cuma punya 2 sahabat. Dan slama ini sih cuma crita ke mereka lewat YM atau BBM, tapiiii yaah cuma cerita, mereka toh cuma bisa bilang "kasian bgt sih kamu. Mau cerai kok ya rasanya berlebihan ya. Tapi kalo gak cerai, duh kamunya tekanan batin terus loh. Hebat bgt kamu bisa kuat sampai sekarang."

Tapi kata2 sahabat saya itu sama sekali tidak bikin saya tenang. saya selalu cuman bilang "mau bagaimana lagi" Gimana yaaa.... capek bgt sebenrnya.

Jadi begini... saya nikah sejak tahun 2007. Sekarang 2014, berarti sudah 7 tahun ya. Saya sudah punya anak 1 usia 5,5th.

Saat belum menikah saya sudah bekerja. Begitupun setelah menikah saya tetap bekerja. Stelah menikah saya tinggal dengan Ibuk suami (sebut saja mama) dan kakak iparnya (sebut saja mbakD) serta suaminya mbakD. Tahun itu mereka belum punya anak sampai hampir 4th menikah. Saya saat itu pun didukung ortu saya untuk KB agar tidak punya anak dulu karena belum punya rumah sendiri. Sebenrnya suami punya rumah warisan tapi sejak suami saya bayi, rumah warisan itu ditinggali oleh sepupunya atas ijin alm.papanya saat masih hidup. Dan sampai sekarang, 2014 ini Mama suami itu tidak mau mengusir keluarga sepupunya yang ada di rumh itu. Mama bilang kasian dan menunggu hingga sepupunya itu bisa pindah sendiri di rumah barunya sendiri tanpa perlu diusir. (bayangin, lebih kasian sama keluarga sepupu daripada anak kandung sendiri).

Kemudian saya sakit tipes, dan setelah itu terlambat KB, maka akhirnya Hamil. Sampai anak saya usia 4 tahun saya tetap bekerja. JAdi saat saya bekerja anak saya titipkan ke Mama dan tentunya MbakD yang belum punya anak itu.

Awal2 tahun pertama hingga kedua setelah melahirkan, saya luar biasa stress. Dari anak baru lahir, semua saya yang nanganin 3 bulan pertama saya cuti melahirkan saya semua, tanpa bantuan mama mengurus anak saya. Yang mandiin, yang gantiin popok, nyuci popok, semua saya dya gak repot sama sekali ngurusn bayi. Itu saya lakukan semata karena saya memang gak mau ngerepotin orang. Setelah cuti 3 bulan otomatis kan saya kerja gak bisa menangani. Pulang kantor malem, baru saja masuk pintu belum naro tas, dsb... tiap anak saya melakukan suatu hal kecil aja, numpahin minuman, makanan, pipis, dll selalu "itu A pipis, bawa ke kamar mandi gih" "tuh A numpahin minuman, bersihin dulu anaknya trus di lap"
Semua popok kotor dan baju anak saya ditarohnya di ember, dan saya yang nyuci. Popok ada pubnya anak, di taroh juga di kamar mandi tanpa dibersihkan, setelah saya pulang kantor baru bilang "itu anakmy tadi pub, popoknya masih di situ" Akhrnya tanpa ganti baju, langsung saya cuci dansaya rendam dulu. Padahal saya kalo sampe rumah itu jam 7 malam bahkan jam 9 malam.

Ya Allah... rasanya saya tuh pengen teriak "ya dibantu dulu dong bersihin, aq kan baru aja pulang belum nari barang belum ganti, masak si anak di suruh diam di tempat gitu sampe saya samperin" Suami yang melihat hal itu bukannya nolongin langsung yang handle, ato ngomong ke mamanya utk ditangani dulu. Dya diem aja dan nunggu saya yang nangani.

Saya kerja Senin-Sabtu. Hari minggu waktunya nyuci, dan ingin bed rest atau jalan2 kan. Tapi mamanya gak suka, dan comel banget, saya yang males beresin kamar, males nyapu, males beresin rumah, dsb.
Dipikir GW ini IRT kayak dya yang di rumah punya banyak waktu luang untuk beberes dan tidur siang kalo capek?! Capeknyaaaa lagi suami sama sekali gak pernah dukung saya!!! Cuman diem aja.

Saya sampe pernah buat wacana cari pembantu, kan saya yang gaji, enakkan mama terbantu, mksd saya menyenangkannya. Tapi pembantu yang pulang pergi susah, adanya yang tinggal menetap. Mama menjawab "mau tidur dimana kalo ada pembantu. Lagian mama dulu pernah punya pembantu toh tetep apa2 mama yng ngerjain. Mama yyg masak, mama yang beberes juga. Jadinya malah pembantu banyak nganggur aja paling cuman nyuci setrika." Nah denger kalimat gitu... menurut agan2 gimana? berarti dya gak suka ada pembantu kan? Karena klo kamar masih ada kok yang kosong 1. Cuman itu kamar waktu itu dipake sebagai gudang, kalo emang dya seneng dikasih pembantu, kan dya bisa mengusahakan kamar itu demi pembantu. Tapi ini gak. mending gak pake pembantu daripada ngasih 1 kamar utk pembantu.

Saya marah2 terus setiap hari. Dan yang kena imbasnya anak. Anak bikin ulah sedikit saya bentak. GImana gak saya lampiaskan ke anak, anak coret tembok mama ngomel "itu loh anakmu nyoretin tembok sampe kayak gitu, kotor semua deh temboknya." Pasahal kalo rumah saya sendiri saya gak akan marah, pasti saya biarin. Berhubung ini rumah mertua, dan dya ngomong gitu, seolah dya gak suka kan. Maka saya jadi marah ke anak.

Anak saya berantak2in mainannya, kalo di rumah saya sendiri saya biarin aja berantakan, namanya juga rumah ada anak kecil mo rapih terus ya gak mungkin. Eeehh si mama ngoceh "duh anakmu tadi itu loh... mainan udah diberesin di acak2 lagi, haduuuhh.. capek mama beresinnya" saya marahin dong anak saya di depan mama agar tidak melakukan itu. Saya menegaskan ke mama bahwa saya tegas ke anak saya tidak mengajarkan untuk berantakin kok.

Kadang saya mikir, anak saya kan cucu pertamanya, dya punya anak 2 lagi (kakaknya suami saya) semuanya belum punya anak. Kok kayak sama anak orang lain gitu loh. Kayak anak tetangga yang ditiipin ke dya, kalo ortunya udah dateng ya sudah no care lagi, urusan ortunya deh. Apa kalo anak perempuannya, MbakD itu pynya anak, apa juga kayak gitu perlakukannya. Saya merasa pasti beda kalo anak perempuannya sendiri yang punya anak.


Dan memang dugaan saya benar. Ketika anak saya usia 4 tahun, MbakD punya anak. Beda banget deh. Alasan MbakD lahiran cesar, maka masih payah, yang mandiin yang nyuciin popok, dsb itu Mama. Tapi smpe 4bln stelahnya tetep yang nyuciin mama. Yang mandiin kadang MbkD sendiri, tapi sering juga kalo sore "Ma tolong mandiin" Padahal dia itu dari nikah tidak bekerja sama sekali. Murni IRT, Tidak punya usaha juga. Yaahh pernah usaha jualan pulsa awal2 aja cuman 1thnan. Sooo.... dibandingkan saya...dia lebih banyak punya waktu istirahat kan. Tapi rasanya sayaaa terus yang dituntut macem2 kayak IRT.

Anaknya MbkD mulai aktif, nakal, bikin ulah dsb MbakD gak pernah marahin, mamanya yang dimarahin "biarin lah Ma, namanya juga anak kecil. Biar aja dya eksplore, gak usah dilarang2" Coba... saya dulu kalo ngomong kayak gitu... langsung ditimpalin "ya gak gitu, mamaa kan capek beresin...bla..bla..." Tapi yg ngomong MbakD, mama cuma diem nurutin.

Tembok penuh coretan anaknya MbakD, mama gak komplein. Anaknya MbakD numpahin apa2, gak ngomel, lagsung di lap. Sampe yang saya suka kesel banget.... anaknya tangannya gratak, suka masuk kamar saya dan berantakin barang2 saya yang ada di sana, walau ketahuan... si MbakD gak pernah memarahi anaknya itu!!!! Padahal kalo saya, tahu anak saya berbuat itu terhadap siapapun, saya marahin.

Karena gak pernah dimarahin, anaknya bener2 gak tau mana yang benar2 harus dya hindari untuk dilakukan mana yang tidak. Malah justru usil, menggoda melakukan sesuatu yang dilarang. Karena menurut saya... si anak merasa..."hayooo... kenapa? aku lempar.. mau apa? aq pukul mau apa?" karena gak pernah dihukum tiap anaknya melakukan hal yang dilarang.

Kalo saya yang melarang, saya yang dimarahi "biarin aja, gak usah dilarang2. Kalo jatoh ato apa lak ketahuan" Makanya anaknya itu berkali2 ke nyoss setrikaan yg habis dipake MbakD. Karena anaknya gak pernah dimarahin kalo mainan setrikaan. Meskipun saat setrika adem, tidak dipake seharusnya anak dicegah untuk main setrikaan itu karena dy kan tidak bisa membedakan kapan setrika saat panas atau saat dingin. Saya tau sendiri, saat setrika tergeletak di meja, sudah dingin sih, dipegang oleh di anaknya ini. Saya cegah dong.. eehh saya ditegur "gpp, biarin aja mainan, gak panas kan" Akhirnya apa... saat gak ada org dewasa mengawasi, ketika setrika baru saja terpakai, dya akan memegangnya juga kan. Udah ke nyoss berkali2 si anaknya ini, dya sbegai ibu gak merasa juga kalo si anak harus dimarahin dengan tegas agar sama sekali jangan menyentuh setrikaan.

Saya ini benar2 harus menahan perasaan yang sangat besar. Anak sendiri saya marahin, tapi di mata anak saya, saya gak bisa marahin anak lain yang melakukan kesalahan sperti yang sama seperti yang anak saya lakukan. Saya tau perasaan anak saya pasti bingung... "aq dimarahin, kok dya gak dimarahin" Dan anak saya juga suka ditegur MbakD kalo mukul anaknya, atau apa2in anaknya lah, tapi kalo anaknya MbkD mukul kepala anak saya pake mainan dy gak pernah peduli. Anak sya memang gak nangisan soalnya, karena saya didik agak keras. Beda dengan anaknya MbkD, dikit2 nangis, ngadu... akhrnya seolah anak saya yang telah membuat anaknya menangis. Padahal anaknya duluan yang mulai. Setiap ibu pasti ingin membela anaknya sndiri kan. Anaknya yang paling benar. Saya pun ingin begitu. Tapi kalo saya membela anak saya, tetep aja ada alasan untuk membenarkan kejadian anak saya yang salah dan anaknya tidak salah karena masih 2 tahun, dy ingin anak saya yang ngalah.
Jadi anaknya mukul2, lempar disuruh maklumin, sedangkan anak saya berbuat begitu dimarahin "heh, jangan gitu dong. Kok kamu mukul2. Udah gak usah main lagi kalo gitu."
Kalo anaknya yang mukul "kak.. kok mukul sih.. ayo yang pinter kalo main."

Saya memutuskan resign dari kantor, karena sejak anaknya MbkD lahir, anak saya gak ada yang bisa antar-jemput sekolah Playgroupnya. Jadi saya mikir kalo TK nanti gak ada yang antar-jemput bagaimana... jdi saya memutuskan resign. Namun saya ada usaha kursus, tapi saya terpaksa sewa Balai RW karena saya tidak mau mengganggu rumah utama. Bayangin dong... murid2 rame di rumah, ntr mama bakal ngedumel apalagi coba. Saya juga malu, kalo misalnya ipar saya dan anaknya seliweran, trus anaknya yng usil itu ganggu kegiatan kursus saya.

Walo aktivits sudah tidak sepadat kerja kantoran, tapi kan tetep saya ini bekerja. Karena klo cuman ngandelin gaji suami.... sama sekali gak akan bisa jajan, jalan2, beliin barang anak (sendal, baju, dsb). Padahal karna harus sewa tempat otomatis profit tidak sebesar kalo menjalankan usaha di rumah sendiri kan. Tapi suami tuh gak peka, sama sekali gak kasian, gak mikir "daripada istri saya tabungannya terkuras untuk sewa, kan lebih baik saya kasih rumah sndiri ya" Tapi dy gak mikir gitu, karena memang dya tidak mau mengusahakan rumahnya itu. Dya gak berani juga ngusir sepupunya. Suami saya dan keluarganya itu selalu berusaha jadi "ORANG BAIK" BAGI ORANG LAIN saja. Pokoknya gak mau dibilang "jahat" oleh ORANG LAIN. Maka walopun hal2 merugikan dirinya, mereka milih pasrah, legowo daripada fight. Dan karena saya dirasa sudah menjadi bagian keluarganya, saya diharuskan untuk juga bersikap demikian. Walo saya gak suka, walo saya gak trima, pokoknya disuruh jadi orang BAIK di mata orang lain. Sama aja kayak pake topeng gitu. Padahal saya org yang ekspresif, dan apa adanya. Mana bisa bersikap gitu. Kalo saya marah, ya marah. Kalo sebel, ya sebel. Gak suka, ya gak suka. Saya ungkapkan walo tidak dengan emosi tapi dengan kalimat pernyataan. Kalo keluarganya malah menyembunyikan dengan kalimat2 cantik, sehingga orang berpikir kita ini baik2 saja.

Capek kaannn.....

Solusinya memang PINDAH RUMAH, PISAH DENGAN MEREKA!!! Tapi gimana??? wong rumah warisan suami masih dipake sepupunya sekeluarga. Mau ngontrak gak cukup gajinya. Lagian masak harus ngontrak, wong punya rumah warisan.

Sediih banget rasanya mengetahui seluruh keluarga suami (mamanya, mbak nya, mas nya) lebih kasihan sama sepupunya daripada dirinya. Lebh mempertimbangkan kondisi sepupunya daripada kondisi suami yang anak dan saudara kandung langsung. Saya kayak merasa suami saya ini sperti anak tiri aja.

Sampe ortu saya, bapak saya gak tega saya terus2an gak bebas. Walao saya gak cerita, ortu saya bisa tau bagaimana saya terbatas ruang gerak kreativitas dan kemandiriannya. Saya cuman punya 1 kamar ukuran 3x4 di lt dasar tempat saya menaruh semua barang saya. Wilayah rumah lain adalah milik mama. Sedangkan MbkD dan suaminya tinggal di lt atas, yang luasnya 7x8, ada dua kamar, bisa beli lebih dari 3 lemari, bisa pasang AC di kamarnya yang luasnya 6x5 dibagi jadi 2 kamar lagi. dipasang pembatas, sehingga dy pisah tidur pisah dari anaknya. Sedangkan saya sampe skrg tidur bertiga, cuman kipas angin, tempat tidur, lemari sudah memenuhi kamar, sehingga space hanya untuk selebar 2 kali sajadah di depan pintu masuk dan 1 lantai keramik depan lemari hingga buka pintu lemari aja cuma bisa stgh krena kepentok tempat tidur.

Keadaan ini diketahui ortu saya yang tinggal di Jakarta (saya&suami di surabaya), saat berkunjung. Ortu saya smpe kasih ultimatum
"saya gak tega liat anak perempuan saya kayak gini hidupnya menumpang. Padahal saya juga sdh ngasih rumah untuk anak saya, tapi terpaksa harus ngikutin suami yang numpang. Katanya kamu punya rumah, mana? ditempatin sodaramu? berarti kamu kan gak punya rumah. Karena itu scara tidak langsung telah menjadi rmh sodaramu karena kamu gak bisa nempatinnya kan. Katanya dulu kamu mau bahagian anak saya, mana??? anak saya cuma bisa punya ruang sepetak (kamar). Mau usaha bisnis apapun di rumah gak bisa karena ini bukan rumahmu. 6thn nikah, begini2 aja hidupnya. Pokoknya kalo tahun ini kalian gak pindah, mending saya ambil anak saya ke Jakarta, cucu saya ya ikut saya. Dah enak, anak saya dan cucu bisa saya biaya-in. Cari suami lagi pun masih laku. Darpada berkepanjangan kayak gini anak saya malah tidak berdaya"

Akhirnya kita cari2 kontrakan.... mamanya itu dengan teganya tau kayak gitu... gak kasian tuh. eehhh misalnya mikir 'duuhh.. anakku dan cucuk ku masak ngontrak' Gak tuh sptnya. Dya bisa nanya dengan datar "gimana... udah cari2 kemana aja? kalo yang di wilayah....... gimana?" jadi malah dikasih saran kontrakan coba. Aneh bin ajaib ini ibuk.

Atas desakn bapak saya dan saya, sebenrnya mama suami itu juga ada rumah lagi tepat di sebelah rumah utama ini, yang sejak dulu dikontrakan untuk pemasukan mama. Saya bilang "udah deh, kalo emang mama itu setega itu sama kamu yang katanya anak kandungnya, kontrak aja rumah itu. Kamu bayar ke mama." dan hal itu disampaikan suami saya.... u know... mamanya mengijinkan.

Bayangiinnnn....... betapa ajaibnya kan si ibuk... anaknya gak punya rumah, karena rumahnya oleh si mama 'diberikan' ke sodaranya, tapiiiii rumah kosong tidak diberikan ke anaknya untuk ditinggali malah dikontrakkan. Baru setelah usulan 'bayar ke mama' disampaikan, baru kemudian diijinkan ditempati oleh anaknya. Amazingggg!!!

Namun saat ini rumah itu masih menunggu masa kontrak penunggunya berakhir, jadi saat ini saya mash di rumah utama.

Suami saya sangat amat pasif terhadap keluarganya, gak punya power. Mungkin karena dy bungsu, dya terbiasa ngalah sama semuanya yang terjadi. Padahal saya sebagai istri, berusaha memberikan dya dorongan2 utk tegas bersikap, memperjuangkan haknya, masa depan keluarganya (istri dan anak2nya), tapi malah saya dibilang Ambisius, keras, gak sabaran. Kondisi mash spt itu mau nambah anak, bisa2 saya masuk RSJ beneran.

Saya bener2 depresi sebenrnya... 7thn nikah berat badan saya malah turun terus. Walo seneng sihh.. gak perlu diet2an, tapi kurusnya saya kan kurus kayak banyak masalah. Keluarga besar saya tahu itu. Smpe bilang "Rnkami kok sekarang mukanya kayak orang tua" Berarti muka saya terlihat banyak maslah, lesu, stress. Walo pakaian modis, dandan cantik, tetep aja keliatan gak seger bagi mereka. Berulang kali saya minta suami mulangin saya ke ortu.... tapi suami saya tidak menimpali. Kalo saya kabur, kan nanti saya yang akan jd pihak bersalah duluan karena sebagai istri seharusnya tidak kabur dari rumah tanpa ijin suami.

Adkah agan yang psikolog yang bisa menenangkan saya, dan kembali memotivasi saya, at least memandang bahwa saya masih punya banyak kesempatan untuk bahagia. Karena sejak punya anak hingga sekarang saya merasa saya terpaksa bahagia, dan terpaksa pasrah, dan semua serba TERPAKSA. Mau membayangkan masa depan sprti apa aja, saya saat ini sudah tidak berani lagi bermimpi. Karena suami saya ternyata tidak bisa diajak bermimpi. Karena saya kalo bermimpi, bukan sekedar mimpi siang bolong, karena ktika bermimpi maka saya benar2 akan melakukan visi-misu mewujudkannya, makanya saya dibilang ambisius. Sedaangkan suami saya, diajak bermimpi ya bermimpi, tapi cuma jadi mimpi aja. Karena dya pasrah aja ntar nasib membawa kemana.
Mimpi punya mobil.... harusnya sdh nabung beneran. Ada bonus, ditabung. Tapi ini gak. Ada bonus langsung foya2, beli barang2 yang tidak terlalu urgent. Tiap dapet bonus, gak pernah bilang ke saya... tau2 beli HP. Trus tau2, beli baju (bajunya sendiri loh). Pernah saya marah bgt, dya beli tenda yang harganya 1juta. Tenda loohhh...... mau kemping dimana???? dan kenapa dy beli tenda..... HANYA karena MbkD nyaranin "kamu beli tenda gih buat anakmu, ntr dipasang di rumah, buat main tenda2an kan asik."
Saat itu saya bilang "buat apa???? main tenda2an ya pake sprei aja ikat di kursi sperti mainan biasanya. Namanya anak kecil, kan keinginnannya sementara, skrg dy pengen tenda.... besok kolam renang, masak harus dibeliin semua yang dia mau saat itu. gak gitu juga kali."
Eeehh... tetep aja suami saya beli. 1juta lohhhhh bayangin... kalo ditabung. Ato buat beli emas deh, investasi kan darpada tenda. Yang akhrnya cuma beberapa hari dipake, setelah itu masuk gudang sampe sekarang.

Saya smpe mikir "sialan bgt MbkD ini, krena dya gak bisa beli sndiri dy yang suruh adeknya untuk beli." karena yang main bukan cuma anak saya tapi anaknya juga. Habis tenda itu MbkD ngomong nyruh suamiku beli kolam balon untuk renang, alasannya ya anakku yang katanya suka berendem2 di ember, "kan enak kalo ada kolam itu, anakmu bisa puas main air" padahal dya pengen juga buat anaknya main2 air.

Saya langsung ultimatum suami saya. "AWAS sampe beli itu! Tenda aja 1 juta akhrnya jadi sampah di gudang, skrg kamu mau nurutin? aq sbg istrimu ini perannya apa kok dy yang mutusin beli2 apa aja untuk keluarga kita?? kalo aq yang minta padahal barang bener2 akan dipake seumur hidup, gak dikasih2.. lah nurutin maunya mbak mu untuk mainan yang dipake hanya sementara, kmu langsung respon. Mending kalo cuma 100rb harganya."

Hhhhhh..................... emoticon-Cape d... (S)
0
95.4K
189
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.