Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BlobyAvatar border
TS
Bloby
10 Macam soto yang ada di indonesia
Indonesia kita ini memang punya beragam kebudayaan yang unik. mulai dari tarian adat. Pakaian tradisional bahkan kulinerpun tiap daerah mempunyai ciri khas yang berbeda. nah berhubung lagi laper gimana kalo kita bahas salah satu kuliner yang namanya satu tapi punya beragam bentuk di Indonesia. kita bahas tentang soto ( tambah laper nih )

Soto adalah salah satu masakan khas indonesia. yang unik dari soto adalah walapun namanya soto. tapi beberapa daerah di indonesia mempunyai sotonya sendiri. atau dengan kata lain tiap daerah punya soto yang berbeda loh. berikut ada beberapa macam soto di indonesia :

1. Soto Medan
Soto Medan lezat dengan kuah santan dan disajikan plus perkedel kentang yang kaya akan rempahnya. Ada bumbu jintan untuk penyedap selera, serta dilengkapi dengan emping, kentang, telur, tomat dan bawang merah goreng untuk penyajiannya.
10 Macam soto yang ada di indonesia



2. Soto Padang
Soto padang asli Racikan Minang ini sangat harum, bihun sangat pas dibanjiri kuah kaldu sapi dengan bahan irisan daging sapi yang sudah digoreng kering. Kuahnya dihasilkan dari campuran cuka sehingga menghadirkan rasa kecut asam dan manis. Daging dan kuah soto tersebut dicampur bumbu rempah-rempah seperti daun jeruk, serai, jahe dan daun bawang. Tidak ketinggalan, disajikan dengan perkedel.
10 Macam soto yang ada di indonesia

Soto lamongan
Soto Lamongan Berasal dari Jawa Timur, Soto Lamongan menjadi satu-satunya soto yang menggunakan bumbu koya, dan soto ini pun tetap nikmat tanpa santan. Soto Lamongan biasanya menggunakan ayam kampung, karena ayam jenis ini membuat kaldu soto menjadi lebih gurih dan tidak berbau. Soto Bancar Asli dari Purbalingga-Jawa Tengah, Soto Bancar mengadopsi cita rasa masyakarat Banyumasan yang menyukai manis. Bedanya dengan soto di daerah lain, Soto Bancar menggunakan bumbu kacang untuk menambah gurih kaldunya. Tak hanya daging, soto ini juga menggunakan wortel rebus, daun bawang, tauge, serta bawang merah goreng.
10 Macam soto yang ada di indonesia


Soto Banjar
Beranjak ke Kalimantan, soto selanjutnya dibuat oleh Suku Banjar-Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam dan beraroma harum rempah-rempah seperti kayu manis, biji pala dan cengkeh. Soto Banjar berisi daging ayam, ketupat, perkedel dan telor, melahapnya bisa didampingi dengan lontong.
10 Macam soto yang ada di indonesia


Soto Kudus
Aksen rasa manis dan gurih adalah ciri khas Soto Kudus ini. Yang unik adalah cara penyajian yang menggunakan mangkok kecil, diberi tambahan kol dan tauge. Soto Kudus bisa berisi daging ayam, maupun daging kerbau, dan dilengkapi dengan suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri, dan bawang putih goreng.
10 Macam soto yang ada di indonesia


Soto Madura
selain sate madura madura juga punya soto yang terkenal lezat. Yang membuat Soto Madura berbeda adalah penggunaan babat, usus, dan paru sapi yang menyempurnakan rasa gurih dari makanan berkuah ini. Soto ini juga memiliki campuran yang lebih banyak dibanding soto lainnya, soto ini memiliki campuran isi yang banyak dibandingkan soto lainnya, seperti soun/bihun, irisan kol, toge, telur rebus, dan ayam.
10 Macam soto yang ada di indonesia


Soto Betawi
Soto Betawi Banyak difavoritekan, Soto Betawi terkenal dengan kuah santannya dan susunya yang gurih, soto ini juga dilengkapi dengan irisan daging yang empuk, paru yang garing renyah, sambal, emping dan acar timun. Kuahnya menebarkan aroma pala, cengkih dan kapulaga yang semerbak.
10 Macam soto yang ada di indonesia



Soto makassar
Soto Makassar Spesial dari Sulawesi Selatan, Soto Makassar atau yang biasa disebut Coto Makassar ini khas dengan usus, hati, otak, daging sapi atau kuda. Dimasak dengan bumbu sereh, laos, ketumbar, jintan, bawang merah, bawang putih, garam yang sudah dihaluskan, daun salam, jeruk nipis, dan kacang. Pada umumnya Coto Makassar disajikan/dimakan bersama ketupat.
10 Macam soto yang ada di indonesia


Soto Bandung
Soto Bandung berkuah putih dan menambahkan Lobak putih yang menjadi ciri khas kuatnya. Selain Lobak, soto ini juga dilengkapi tomat, seledri, dan kedelaii goreng, bisa juga dihidangkan bersama perkedel kentang maupun perkedel singkong, tempe, kerupuk dan jeruk nipis. Soto Kemiri Pati Masyarakat Pati selalu memakan soto kemiri di siang hari ketika istirahat cocok tanam di sawah, soto ini biasa dibuat tanpa membubuhkan penyedap rasa. Selain berbahan dasar daging ayam,
10 Macam soto yang ada di indonesia

Tambahan Dari Agan:
Soto Sokaraja
Soto Sokaraja atau oleh masyarakat Banyumas disebut Sroto Sokaraja adalah sejenis makanan dari Indonesia. Soto ini memiliki ciri khas yang berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia.
Ciri utama dari soto ini adalah penggunaan sambal kacang dan ketupat. Soto Sokaraja sudah banyak dijual di luar Banyumas tetapi kalau sempat mampir ke Sokaraja, kita dapat menikmati soto di warung-warung yang berderet rapi di sepanjang jalan di Sokaraja.
10 Macam soto yang ada di indonesia

Soto manggala
Soto Manggala adalah soto khas Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.. Soto ini terbuat dari bahan singkong atau ketela. Soto ini dinamakan soto manggala karena rakyat Pangkalan Bun menyebut singkong dengan nama manggala. Cara memakan soto ini juga berbeda, soto ini tidak dimakan dengan nasi, melainkan dengan singkong. Dan daging yang digunakan dalam soto ini juga berbeda, mereka menggunakan kaki ayam. Karena saking uniknya, makanan ini juga sempat mendapatkan rekor MURI pada tahun 2009 sebanyak 8.000 mangkuk soto manggala berjajar sepanjang 2 km.Bumbu soto ini berupa bawang putih, merica, dan garam yang dihaluskan. Potongan kaki ayam dan bumbu soto dicampurkan ke dalam rebusan singkong yang telah dipotong-potong dan direbus hingga setengah matang. Soto ini dihidangkan dengan seledri dan bawang goreng seperlunya.
10 Macam soto yang ada di indonesia

Yang Paling enak ya mana ya emoticon-Sorry emoticon-Sorry



Sumber:http://bloggbebass.blogspot.ae/
Diubah oleh Bloby 03-06-2014 19:53
1
6.8K
41
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.