Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

serbapemiluAvatar border
TS
serbapemilu
[Naik Bajaj ke KPU] Sewa Jet Pribadi untuk Jokowi US$ 7.500 per Jam
Jokowi-JK Naik Bajaj ke Kantor KPU

Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla berangkat bersama dengan ratusan relawannya menuju ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) di jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat dengan menumpang Bajaj untuk mengambil nomor urut. Mereka sebelumnya melakukan doa bersama di Taman Menteng.

Pantauan Liputan6.com, Minggu (1/6/2014), Joko Widodo berangkat dari Taman Menteng pada pukul 13.20 WIB. Pria yang karib disapa Jokowi ini mengenakan kemeja kotak-kotak tampak menumpang Bajaj bersama dengan Juru bicara‎nya Anies Baswedan.

Sedangkan JK yang mengenakan kemeja putih menumpang Bajaj lain. Sementara itu, para anggota Tim Kampanye Nasional Jokowi-JK dan para ketua umum partai koalisi juga mengikuti Jokowi-JK. Semuanya menumpang Bajaj.

‎Selama perjalanan menuju KPU, ratusan simpatisan Jokowi yang telah mengikuti dari rumah dinas Jokowi hingga Taman Menteng tak henti-hentinya meneriaki yel-yel dukungan terhadap pasangan capres cawapres yang didukung oleh PDIP, Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura, dan PKPI.

Rombongan Bajaj Jokowi-JK sempat terhenti di depan persimpangan jalan Imam Bonjol menuju ke KPU lantaran dihadang oleh barikade polisi yang menghalangi massa simpatisan Jokowi yang ingin ikut ke depan Kantor KPU yang telah dilakukan sterilisasi.

Rombongan Bajaj Jokowi-JK akhirnya berhasil menembus kerumunan massa beberapa menit kemudian. Keduanya kemudian turun di depan Gedung KPU dan masuk dengan pengawalan ketat anggota kepolisian.

Massa yang awalnya sempat memaksa untuk ikut masuk ke area depan KPU pun akhirnya mengalah dan memilih bertahan di depan Jalan Diponegoro.

Sementara itu, polisi tetap membuat barikade dengan 1 unit mobil water canon yang bersiaga di depan para simpatisan Jokowi-JK. (Mut)

Credits: Mevi Linawati

liputan6 dot com


sebelumnya

website tempo

Sewa Jet untuk Jokowi US$ 7.500 per Jam

Bendahara Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Olly Dondokambey, menjelaskan bahwa partainya harus merogoh kocek US$ 7.500 per jam untuk biaya sewa dua pesawat jet pribadi yang digunakan calon presiden Joko Widodo.

Dua pesawat itu milik Lion dan Susi Air dengan sewa US$ 5.000-7.500 per jam. "Dua puluh jam totalnya. Semua kami pakai," kata Olly kepada wartawan di Media Center Komisi Pemilihan Umum, Kamis, 24 April 2014. Politikus PDIP yang tersangkut kasus korupsi proyek Stadion Hambalang itu meminta wartawan menghitung sendiri nilainya dalam rupiah.


Berdasarkan hitungan Tempo, dengan kurs 1 US$ Rp 11.605, maka PDIP harus merogoh kocek Rp 87.037.500 per jam untuk sewa pesawat jet pribadi Lion Air, dan Rp 58.025.000-81.235.000 per jam untuk pesawat Susi Air.

Menurut Olly, pembayaran sewa pesawat Susi Air sudah lunas. Kuitansi pembayarannya telah dimasukkan dalam laporan dana kampanye yang disetor ke KPU hari ini, Kamis, 24 April 2014. Sedangkan untuk sewa pesawat Lion Air, PDIP mengaku masih berutang. "Nanti dibayar. Tagihannya saja belum sampai ke kami." Olly menjelaskan PDIP mendapat diskon dari Lion Air berupa iklan "Indonesia Hebat". "Itu bonus," ucapnya. (Baca: Jokowi Blusukan Cari Koalisi)

Sebelumnya penggunaan pesawat jet pribadi oleh Jokowi selama menjadi juru kampanye nasional pada pemilu legislatif 2014, mendapat sorotan banyak pihak. Sebab, hal itu bertentangan dengan kebiasaan Jokowi dengan kesederhanaannya.

Kalaupun menggunakan pesawat terbang, kritik sejumlah orang, Jokowi bisa menggunakan pesawat komersial dan duduk di kursi kelas ekonomi.
Karena itu, berbagai pihak mempertanyakan siapa yang membiayai sewa pesawat jet pribadi itu.

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto sempat mengatakan, untuk membayar pesawat jet carteran milik Susi Air yang ditumpangi Jokowi, seperti saat berkampanye di Malang, partainya mendapat bantuan dari pihak ketiga.

Menurut Hasto, hal ini akan dilaporkan sebagai dana kampanye PDIP. Namun Hasto tidak menyebutkan siapa yang dimaksud pihak ketiga itu. Ternyata pernyataan Hasto justru dibantah oleh Olly.



berlawanan dengan citra merakyatnya ya emoticon-Matabelo
0
2.9K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.