zenganksAvatar border
TS
zenganks
Kulkas Tanpa Listrik? Lihat Karya 2 Anak Indonesia Ini yang Membuat Silau Dunia
Quote:


Quote:


Setiap orang pasti pernah punya masalah dalam hidupnya. Mulai dari masalah yang sepele seperti bingung nahan kentut di dalem kelas, sampe masalah yang berat kayak pacaran Long Distance terus beda agama. Seringnya sih kalau orang-orang sedang menghadapi masalahnya, mereka akan cenderung kabur dari masalah atau nunda-nunda masalah yang ada. Tapi ngga buat 2 anak ini.

Mereka bernama Muhtaza Azziziya Syafiq dan Anjani Rahma Putri, siswi SMA Negeri 2 Sekayu, Sumatera Selatan. Kedua temen kita ini menemui masalah di Kabupaten Musi Banyuasin (dekat rumah mereka) terkait dengan listrik, disana listrik masih belum menjangkau semua padahal daerah tersebut kaya akan buah-buahan dan sayur-sayuran ganks. Karena masalah yang cukup complicated itu, mereka tiba-tiba nemu ide simple yaitu ngebuat alat pendingin untuk nyimpen buah yang merdeka atau bebas dari kebutuhan listrik dan freon. Mereka menamainya Green Refrigerant Box. Keren ya ganks! Dalam waktu 2 jam 20 menit, kulkas go greennya bisa ngubah suhu semula yang 28 derajat celcius turun jadi 5,5 derajat celcius.

Spoiler for seneng banget liatnya gan:


Karena inovasi karya ilmiah ini mereka berhasil meraih 2 award dalam Intel International Science and Engineering Fair (Intel ISEF) 2014 yang diselenggarakan di Los Angeles, Amerika Serikat. Ajang bergengsi international itu diselenggarakan tanggal 11-16 Mei 2014 ganks. Muhtaza dan Anjani meraih the Development Focus Award senilai US$10,000 dari the U.S. Agency for International Development (USAID). Selain itu mereka juga meraih penghargaan senilai US$1,000 di kategori Engineering, Materials Bioengineering. Mantaap.

emoticon-Kiss (S)
Spoiler for eh?:


Keberhasilan meraih 2 Award tersebut berdasarkan penilaian atas dasar karya ilmiah yang mereka buat. Yakni Green Refrigerant Box (kulkas tanpa freon dan listrik) dengan fokus pada penggunaan kayu Gelam sebagai solusi alternatif untuk pendingin buah-buahan dan sayur-sayuran.

“Dunia membutuhkan lebih banyak ilmuwan, creator dan pengusaha untuk menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong pertumbuhan ekonomi dan mengatasi tekanan tantangan global,”kata Director Public Affairs Intel Indonesia, Deva Rachman, dalam siaran pers yang diterima merdeka.com (klik linknya ganks utk liat sumber artikel).

Tahun ini, Intel International Science and Engineering Fair diikuti oleh lebih dari 1.700 ilmuwan muda yang dipilih dari 435 kompetisi di lebih dari 70 negara di seluruh dunia. Selain pemenang utama, lebih dari 500 finalis menerima penghargaan dan hadiah untuk penelitian inovatif mereka, termasuk 17 pemenang “Best of Category”, yang masing-masing menerima hadiah sebesar USD 5.000.

Spoiler for Foto bareng bupati Musi Banyuasin:


Intel Foundation juga ngasi hibah senilai USD 1.000 untuk masing-masing sekolah dari pemenang dan kompetisi lokal yang mereka wakilin. Selain itu, Intel Foundation juga milih sejumlah siswa untuk dapet pengalaman penghargaan, termasuk perjalanan 11-hari ke China untuk ikut kompetisi sains nasional terbesar di negara itu, berbicara dengan para peneliti di lab Intel di Shanghai, dan mengunjungi Pusat Penelitian Panda di Chengdu.


BUKAAAA DONG GAAAAAAN~
Spoiler for asik-asik:








Diubah oleh zenganks 16-03-2015 04:27
0
11.6K
56
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.