Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cupofteaAvatar border
TS
cupoftea
Apakah itu Tone Deafness atau Congenital Amusia?
ini trit ane yang pertama, jadi mohon maaf kalo berantakan dan jangan di timpukin bata, dan udah ane search kayak nya belum ada deh. langsung aja deh.

Jadi lagi asik2 nonton film musical "Music and Lyrics" ada suatu scene dimana si aktor and aktris nya (Hugh Grant dan Drew Barrymore) lagi coba nyayiin lagu ciptaan nya mereka ke office boy nya, setelah mereka selesai nyanyi, si office boy nya bilang "you know, i'm tone-deaf"...., tapi di sini ane ga akan bahas filem nya, kalo mau silahkan di donlot dan tonton sendiri.

Jadi bertanya2 ke diri sendiri, Apa sih "tone deaf"? kenapa koq bisa ada ya orang yang "tone deaf"? jika ada seseorang yang "tone deaf" kalo denger musik gimana? berirama atau datar aja?. Pikiran gwe berkecamuk untuk cari tau tentang ini. and jreng....jreng...jreng..jreng....

Ternyata tone deaf itu orang yang tidak bisa membedakan antara pitch atau note musik. Ini bukan lantaran si penderita ini ga pernah atau mengetahui musik. Nah ternyata di dunia ini sekitar 4% populasi mengalami tone deaf. Che Guerava, Charles Darwin, dan Ulysses S. Grant menderita tone deaf.

Deskripsi Tone Deafness
Congenital amusia, umum nya dikenal dengan tone deafness, yang lebih mengacu kepada cacat musik atau nada yang tidak dapat di jelaskan pada kerusakan otak yang terjadi sebelum nya, gangguang pendengaran, cacat kognitif, atau kurang nya stimulasi dari lingkungan, dan itu mempengaruhi sekitar 4 % dari populasi. Orang yang menderita amusia bawaan (Congenital Amusia) tampak nya tidak mempunya kecenderungan di dalam musik seperti kebanyakan orang2 (kayak agan2 ini). Mereka tidak dapat mengenali atau bersenandung lagu2 yang biasa di senandungkan (kayak lagu anak2 tuh yang udah familiar di kuping kita, kayak "Nina Bobo", "Bangun Tidur Kuterus Mandi...", dsb). Walaupun mereka memiliki audiometri yang normal dan kemampuan di atas rata2 (wah jenius dong, ya ga papa juga sih...)
Dan juga mereka tidak menunjukkan sensitifitas nya terhadap kunci nada yang ga cocok atau tidak selaras dalam konteks melodi (hehehehe...kalo mau test gampang aja ajak aja temen nya agan nge-band trus coba deh maenin nada sumbang atau ga tempo, nanti ada yang gak komplen ga...emoticon-Big Grin)

Apakah agan mengalami Tone Deafness?

Hmmm...pertanyaan ini juga membuat ane berfikir gan, apakah ane mengalami tone deafness apa engga. dan cari lagi di ingtengnet untuk mengetest apakah kita ini tuli sama nada atau engga. Dan ada website nya untuk ngetes.

Ini untuk ngetest nya online

Ane udah coba gan dan alhamdulillah score ane di atas 90% (nyombong dikit), nih barbuk nya:



Jadi itulah seputar tone deafness, berikut ane lampirkan deh sumber nya.

Sumber 1
Sumber 2
Sumber 3

Kalo udah test, silahkan di post result nya dimari gan...biar tau apakah agan2 itu termasuk yang 4% atau bukan.
Diubah oleh cupoftea 03-06-2014 08:00
0
8.3K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.