way4xAvatar border
TS
way4x
Basuki: Sejarahnya, Jakarta Hanya Dibangun untuk Orang Kaya
Basuki: Sejarahnya, Jakarta Hanya Dibangun untuk Orang Kaya



JAKARTA, KOMPAS.com -- Pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, dalam sejarahnya, Jakarta merupakan kota yang dirancang hanya untuk dihuni orang yang berpenghasilan tinggi. Dahulu, menurut Basuki, semua fasilitas yang ada di Jakarta hanya dapat dinikmati oleh orang-orang kaya.

"Jakarta ini dalam sejarahnya hanya dibangun untuk orang kaya. Jadi semua yang dibangun itu dirancang hanya untuk orang kaya. Kalau yang tidak punya duit, ya cuma nonton. Tinggal di pinggir kali, tinggal di gubuk-gubuk derita," katanya saat acara peluncuran HUT ke-487 Kota Jakarta yang dilaksanakan di Jembatan Marto, Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (1/6/2014).

Menurut Basuki, atas dasar itulah, dia dan Joko Widodo dipilih untuk maju dalam Pilkada 2012 lalu sebagai pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur. Saat itu, dia dan Jokowi bertekad mengubah Jakarta menjadi kota yang layak untuk semua kalangan.

"Kami bertekad mewujudkan keadilan sosial, kami ingin Jakarta ini jadi kota yang modern, tertata rapi, tetapi manusiawi untuk semua orang. Jadi bukan hanya untuk orang kaya saja," kata Basuki yang disambut tepuk tangan ratusan warga.

Basuki lalu menjelaskan, salah satu cara untuk mewujudkan keadilan sosial di Jakarta adalah dengan menyediakan tempat-tempat tinggal yang layak untuk warga miskin, yakni dengan membangun kampung deret.

Dia menilai, kampung deret merupakan kawasan hunian yang sehat dan bisa menghindarkan warga dari penyakit berbahaya, seperti TBC, malaria, atau demam berdarah.

"Penyakit-penyakit itu bisa muncul dari rumah-rumah yang tidak terkena sinar matahari karena saking padatnya. Karena beranak pinak sampai cucu, tinggalnya di samping-samping, akhirnya tidak ada lagi halaman," ujarnya.

"Tapi bagaimana kalau tempat tinggalnya di tanah orang atau di tanah pemerintah. Nah, kalau itu saat ini kami sedang menyiapkan rumah susun sebanyak mungkin. Nanti yang tinggal di sana tidak akan dikenakan biaya sewa, tapi hanya uang kebersihan," katanya lagi.

http://megapolitan.kompas.com/read/2...tuk.Orang.Kaya

emoticon-Ngakak jadi kalo merasa miskin jangan tinggal di jakarta ya Hok ... emoticon-Matabelo...
0
16.4K
285
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.3KThread40.5KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.