• Beranda
  • ...
  • Burung
  • [TIPS] Mencetak Kenari Yorkshire Lokal Hasil Persilangan

ciduklopersAvatar border
TS
ciduklopers
[TIPS] Mencetak Kenari Yorkshire Lokal Hasil Persilangan
Selamat sore sobat burung kicau. Apa kabar anda hari ini? Bagaimana kabar kenari kesayangan anda? Setelah sebelumnya membahas tentang tips memelihara kenari Yorkshire, kini kami akan berbagi pengetahuan tentang Yorkshire lokal. Tentu saja kenari ini sudah tidak asing ditelinga sobat burung kicau semua. Yap, kenari yokser lokal banyak digemari para peternak untuk mencetak kenari-kenari kontes. Namun sebenarnya mencetak burung kenari yokser lokal adalah relatif mudah. Sobat burung kicau disini yang ingin mencoba beternak, kalian dapat menggunakan induk jantan dan induk betina yang sama-sama Yorkshire. Atau kalian juga bisa mengawinkan induk jantan dengan induk betina lokal.



Pergerakan pasar kini sedang banyak membidik kenari-kenari bongsor ketimbang kenari yang berbadan kecil. Yorkshire sendiri merupakan salah satu jenis kenari bongsor yang menjadi idola pasar saat ini. Sehingga permintaan terhadap anakan kenari bongsor pun juga meningkat. Meski begitu jumlah peternak kenari lokal pun tak mau kalah. Perlu diketahui bahwa tren itu tidak selalu terkait dengan kualitas. Kualitas yang dimiliki oleh kenari lokal dengan tubuh mungilnya tidak kalah bila diadu dengan kenari yorkshire yang berbadan bongsor. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi pengetahuan tentang cara menghasilkan kenari yorkshire lokal untuk sobat burung kicau sekalian.

Untuk menghasilkan kenari yokser lokal tidak lepas dari pengertian yorkshire lokal itu sendiri. Kenapa bisa dinamakan begitu? Sobat burung kicau sekalian pastinya sudah paham tentang istilah lokal. Yap, istilah lokal mengacu pada anakan-anakan kenari yang menetas di wilayah peternakannya sendiri. Begitu juga dengan istilah yorkshire lokal. Abila anda membeli kenari yorkhire impor baik jantan maupun betina, kemudian diternak kan dirumah anda, maka anakan yang nantinya menetas tersebut bisa dinamakan yorkshire lokal yang mengandung 100% darah impor.



Dilihat dari sisi genetis, anakan yorkshire lokal memiliki sifat warisan dari indukan import tersebut. Namun dengan lingkungan peternakan yang tak sama dengan habitat asalnya kadang menjadi kendala tertentu bagi peternak. Yap, kenari yorkshire impor biasanya berada pada lingkungan dengan 4 musim berbeda dengan peternak lokal yang hanya memiliki 2 musim.

Bagi sebagian peternak kenari ada juga yang menganggap bahwa persilangan kenari antara yorkshire jantan import dengan kenari betina lokal akan memiliki keturunan yorkshire lokal dengan inherinitas lebih dominan ke indukan jantan. Ini sah sah saja. Namun, apabila melihat dari sisi genitas, jenis anakan yang dihasilkan sudah tidak murni yorkshire 100%. Meski begitu, anakan dari hasil perkimpoian silang ini memiliki keunggulan lebih responsif terhadap lingkungan daripada yorkshire lokal yang memiliki darah murni import.

Ada lagi trik lain peternak dalam menghasilkan kenari yorkshire lokal. Berbeda dari trik-trik sebelumnya, mereka tidak lagi mengawinkan yorkshire jantan dan betina yang asli import, atau bahkan menyilangkan yorkshire jantan dengan kenari lokal betina. Langkah yang digunakan adalah dengan menghasilkan anakan dari persilangan filial pertama atau biasa disebut indukan kenari F1. Secara genetis, F1 akan memiliki 100% darah yorkshire import, sehingga kelak anakan yorkshire lokal yg dihasilkan juga tetap 100% darah yorkshire. Selain itu juga kepekaan terhadap lingkungan akan jauh lebih baik ketimbang kedua orang tuanya.

Para peternak juga tidak berhenti pada eksperimen itu saja. Mereka mencoba mengkombinasikan atau menyilangkan indukan kenari F1 dengan kenari lokal. Hasil yang didapat serupa dengan persilangan kenari yorkshire import jantan dengan kenari lokal betina. Yap, anakan yorkshire lokal jauh lebih baik terhadap adaptasi lingkungan baru ketimbang metode-metode sebelumnya.



Kesimpulan yang didapat dari penjelasan diatas adalah proses persilangan kenari yorkshire dapat dilakukan dengan beberapa metode antara lain:

1. Mengawinkan indukan jantan dan betina dari jenis kenari yorkshire import

2. Mengawinkan indukan jantan dari jenis yorkshie import dengan indukan betina dari kenari lokal

3. Mengawinkan indukan kenari F1 yorkshire jantan dengan indukan kenari F1 yorkshire betina

4. Dan yang terakhir, mengawinkan indukan kenari F1 yorkshire jantan dengan indukan betina kenari lokal

Sedikit tips untuk sobat burung kicau dirumah yang ingin mencoba mencetak kenari yorkshire lokal sendiri, jika anda ingin mengawinkan indukan yang murni yorkshire, jenis import, F1, F2 atau apapun itu maka semua anakan yang dihasilkan akan memiliki sifat keturunan yorkshire. Tetapi jika anda ingin menyilangkan dengan kenari lokal betina maka anakannya pun akan mewarisi sifat yang dibawa ibunya.

Semoga bermanfaat.emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)

emoticon-I Love Kaskus (S)Sumber emoticon-I Love Kaskus (S)
0
10.7K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Burung
BurungKASKUS Official
2.2KThread587Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.