jin.lumpurAvatar border
TS
jin.lumpur
(29 Mei) MoU Jokowi Dengan Korban Lapindo Paksa Ical Berjuang Keras Menangkan Prabowo
Posted by: Achmad in Berita 9 hours ago

Jakarta, PEMILU.com – Pengamat politik Universitas Paramadina, Jakarta Hendri Satrio mengatakan, meski calon presiden Joko Widodo menandatangani kontrak politik dengan korban lumpur Lapindo, hal itu menjadikan pukulan telak bagi kubu Prabowo Subianto - Hatta Radjasa. Meskipun dalam gerbong Prabowo terdapat Aburizal -Ical- Bakrie sebagai pendukung pencapresan mereka.

“Pukulan telaknya ke Ical, bukan ke Prabowo. Karena masyarakat dalam memilih tidak terlalu peduli dengan figur tim sukses, yang dilihat adalah figur capres dan cawapresnya,” ujar Hendri ketika dihubungi Pemilu.com, di Jakarta, Jumat (30/5).

Kendati demikian, kata dia, pengaruhnya tetap ada tapi tidak signifikan. Sebab, yang bertarung antara Prabowo dan Jokowi.

Menurutnya, ini kurang strategis untuk menggembosi Prabowo. “Tapi MoU ini, akan memaksa Ical berjuang lebih keras lagi untuk memenangkan Prabowo,” katanya.

Hendri melihat, saat ini yang jadi sasaran tembak sudah bergeser dari Prabowo ke Timsesnya, antara lain SDA, Kaban dan Lapindo. “Dalam Pilpres, rakyat memilih berdasarkan tokoh belum terlalu substantial ke Timsesnya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Calon presiden PDIP Joko Widodo menghadiri acara peringatan delapan tahun tragedi lumpur Lapindo di Desa Siring, Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/5). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menandatangani kontrak politik dengan korban lumpur.

Isi kontrak politik tersebut di antaranya jaminan bagi warga miskin untuk mendapatkan akses kesehatan, pendidikan, perumahan yang layak, jaminan pekerjaan, serta penyelesaian kasus lumpur Lapindo. “Dalam kasus seperti ini, negara harusnya hadir sebagai representasi dari kedaulatan rakyat. Kalau negara absen, artinya negara lupakan rakyat,” ujar Jokowi di hadapan ribuan warga yang menjadi korban semburan lumpur panas Lapindo.

ember

Mari kita dukung Ical tidak menunggak kewajibannya untuk memberikan ganti rugi ke korban lumpur Lapindo.
0
2.3K
24
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.9KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.