Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indokatalogAvatar border
TS
indokatalog
Kelemahan Berbisnis Lewat Facebook
Kelemahan Berbisnis Lewat Facebook




Media Facebook merupakan salah satu media sosial pertama yang eksis dan cukup terkenal di gunakan oleh para pelaku bisnis online untuk menjalankan usaha mereka. Di samping kerena penggunaannya yang mudah dan memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia. Di samping itu, Fecebook juga menjanjikan calon pasar yang luas dan menarik bagi penjual.

Beberapa keuntungan jika Anda menjalankan bisnis dengan menggunakan Facebook adalah sebagai berikut:
  • Akun pribadi Anda dapat menjadi media awal pemasaran produk Anda
  • Akun tersebut juga dapat menjadi tempat promosi paling mudah kepada teman Facebook Anda
  • Aplikasi unggah foto yang tidak terbatas memudahkan Anda dalam melakukan upload produk Anda.


Sementara itu, tentu ada pula beberapa kelemahan yang di mungkinkan muncul jika Anda menjalankan bisnis online Anda menggunakan media berupa Facebook, yaitu :

1. Media pertemanan

Tujuan awal di cipatakannya Facebook sudah barang tentu bukan di peruntukkan sebagai situs jual beli. Facebook merupakan media sosial untuk pertemanan, di mana penggunanya dapat share kehidupan pribadi mereka kepada teman Facebook mereka, saling bertukar kabar dan foto. Jika pada media khusus jual beli, tentu penjual dapat lebih leluasa menawarkan produk atau barang mereka (tentunya dengan terlebih dahulu membuat akun) yang tidak dapat di lakukan pada Facebook. Pada situs jual beli, pembeli juga dapat menemukan barang yang mereka mau berdasarkan kategori. Sementara pada Facebook, jika penjual tidak pintar, produk biasanya di satukan berdasarkan waktu upload/edisi bulan bukan kategori.

2. Komunikasi kurang lancar

Pada media facebook tidak terdapat aplikasi di mana penjual dapat melakukan insert nomor telpon atau email atau kontak yang dapat di hubungi. Penjual hanya dapat memasukkan kontak tersebut pada bio atau keterangan produk, yang jika pembeli tidak jeli akan sulit menemukannya. Di samping itu, jika Anda terlambat merespon pertanyaan atau pemesanan, bisa saja pembeli Anda mengurungkan niatnya untuk berbelanja. Solusi untuk meminimalisir hal tersebut adalah, Anda dapat mencantumkan kontak untuk fast respon misalnya pada cover foto facebook Anda, atau di cetak bold pada bio/keterangan produk.

3. Transaksi lambat

Transaksi sangat tergantung dari kecepatan respon Anda sebagai penjual atau oleh pembeli. Misalnya kecepatan Anda membalas permintaan pesanaan atau beragam pertanyaan yang di ajukan calon pembeli yang terkadang berulang, atau bisa juga keterlambatan konfirmasi dari calon pembeli untuk melakukan pembayaran. Hal tersebut tentu sedikit banyak dapat mengganggu proses pencatatan pesanan atau pengiriman barang.

4. Efek bosan

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, media Facebook merupakan media sosial untuk pertemanan bukan situs jual beli. Dari sini, bisa saja teman-teman Facebook Anda merasa bosan dengan postingan Anda berupa foto-foto produk yang seringkali memenuhi timeline mereka. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya jangan terlalu sering memposting foto dalam bentuk satuan, cukup posting link menuju album/katalog produk yang Anda ingin promosikan.

5. Pencatatan pesanan manual

Jika pada beberapa situs khusus jual beli, pelanggan hanya melakukan klik pada “buy now” atau “add to cart”, tidak demikian pada Facebook. Karena memang aplikasi tersebut tidak ada di sana. Tentu hal tersebut memaksa Anda melakukan pencatatan pesanan pelanggan secara manual dan dapat memicu kesalahan karena tidak di bantu dengan sistem otomatis.

Demikian beberapa kelemahan menjalankan bisnis online menggunakan facebook, semoga bermanfaat. Selamat berbisnis dan pertimbangkan apakah Anda akan menggunakan Facebook sebagai media bisnis Anda atau memilih menggunakan jasa jual beli online yang sudah ada.

SUMBER
0
1.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Online Business
The Online BusinessKASKUS Official
25.2KThread3.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.