Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

chrome1897Avatar border
TS
chrome1897
Jokowi Perintahkan Anak Buah Melakukan Black Campaign?
Jokowi Perintahkan Anak Buah Melakukan Black Campaign?


Membaca berita di media tentang Jokowi baru-baru ini membuat saya terkejut. Mengingat, Jokowi yang secara pribadi tidak menerima ada black campaign terhadap dirinya, namun justru Jokowi sendiri memerintahkan anak buahnya melakukan black campaign pada lawan politiknya.

Jokowi memerintahkan anak buahnya untuk melakukan “black campaign” pada Minggu, 25 Mei 2014 kemarin di Hotel Mercure, Banjarmasin. Jokowi mengatakan,

“Ceritakan kepada mereka kelebihan kita dan kekurangan lawan!” (Sumber: Merdeka.Com)

Kata “lawan” meskipun secara tidak langsung mengatakan Prabowo, namun secara tersirat publik tentu sudah maklum, yang dikatakan “lawan” oleh Jokowi adalah “lawan politiknya” yang dalam hal ini Prabowo Subianto. Tanpa terlepas siapa yang dimaksud “lawan” oleh Jokowi, perihal pernyataannya agar menyebarkan isu kekurangan dari lawan, merupakan upaya black campaign.

Hal tersebut mengingat, secara harafiah black campaign bisa diartikan sebagai kampanye kotor menjatuhkan lawan dengan menggunakan isu negatif. Dalam Wikipedia dikatakan, kampanye hitam (black campaign) adalah penggunaan metode rayuan yang merusak, sindiran atau rumors yang tersebar mengenai sasaran kepada para kandidat atau calon kepada masyarakat agar menimbulkan presepsi yang dianggap tidak etis. Lebih lanjut terkait black campaign, Lanny menegaskan, kampanye hitam (black campaign) bersumber pada rumor, gosip, bahkan menjurus ke implementasi sejumlah teknik propaganda.

Di Wikipedia juga dijelaskan, mengenai komunikasi ini (black campaign) diusahakan, yaitu agar menimbulkan fenomena sikap resistensi dari para pemilih. Karena, kampanye hitam umumnya dilakukan oleh kandidat atau calon bahkan pihak lain secara efisien karena kekurangan sumber daya yang kuat untuk menyerang salah satu kandidat atau calon lain, sehingga pola permainnya dengan permainan emosi para pemilih agar pada akhirnya dapat meninggalkan kandidat atau calon pilihannya.

Mengenai black campaign, bisa masuk kategori pelanggaran Pasal 103 ayat (2) RUU Pemilu Anggota DPR, DPD, dan DPRD. Dalam pasal ini dikatakan, kampanye harus berdasarkan prinsip: a. Adil dan berimbang; b. Faktual; c. Tidak mengandung unsur SARA; dan d. Tidak provokatif.

Selain menilik aturan Negara, bagi kalangan umat beragama juga memahami perihal black campaign, yang di dalamnya termasuk menyebarkan gossip atau keburukan orang lain, merupakan perbuatan yang terlarang.

Umat Kristen terkait gossip sebagai bagian dari black campaign, mehami perbuatan tersebut terlarang, seperti dikatakan secara tegas dalam Amsal 20:19 “Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut.“

Terkait hal tersebut, umat Kristen juga memahi Matius 12:34b “……. Karena yang diucapkan mulut meluap dari hati.“

Perihal gossip sebagai bagian dari black campaign, bagi kalangan umat Islam juga terkategori tidak diperbolehkan. Banyak dasar hukum akan larangan perihal gossip sebagai bagian dari black campaign, seperti dalam QS Al Hujurat : 12: “Janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya.”

Umat Islam juga memahami akan hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir bin Abdullah, yang dikatakan, “Kami pernah bersama Nabi tiba-tiba tercium bau busuk yang tidak mengenakan. Kemudian Rasulullah Saw. Berkata, ‘Tahukah kamu, bau apakah ini? Ini adalah bau orang-orang yang mengghibah (menggosip).”

Bila sudah jelas, baik aturan Negara maupun agama, gossip sebagai bagian dari black campaign itu terlarang, mengapa Jokowi sebagai kandidat atau calon presiden RI justru melakukan? Haruskah saya memilih kandidat presiden penyebar gossip?


sumur


Gimana nih ko 'nabi' mengajarkan black campaign..emoticon-Najisemoticon-Najis
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
2.7K
10
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Urutkan
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.