piroklastikAvatar border
TS
piroklastik
PT Geo Indonesia Solusi belum Membayar Gaji Karyawannya
Kronologi Cerita:
Ane geologist yang pada saat itu mencari pekerjaan. Kemudian pas main facebook, ada postingan dari teman saya. Isinya adalah Om nya dia buka lowongan eksplorasi bauksit di Ketapang, Kalimantan Barat. Secara omnya dia tuh bosnya di konsultan itu. Nama konsultannya PT GEO INDONESIA SOLUSI. Ane daftar dan diterima. Pas dikantornya ketemulah sama bosnya dan temen ane itu. Kemudian sampailah di teken kontrak. NAH, yang bikin ane janggal kontrak kerja yang disodorkan kok ga ada materai sama tanda tangan si bos. Berhubung dia temen ane ya ane percaya aja lah, lagian cewek inih temen anenya. Ow iya kami bertiga gan, 1 senior 2 junior (termasuk ane).

Berangkatlah kami ke Ketapang. Pada akhir bulan pertama yaitu 11 November 2013, kami mulai ngrasa firasat buruk. Kok gak ditanyain nomor rekening padahal dah waktunya gajian. Namun mungkin karena sempat stuck pekerjaan kami di sana jadi gajian diundur.

Pada bulan kedua kami mulai kerja ekstra keras kejar target (DENGAN FASILITAS SEADANYA). Kami tidak disediakan mobil. Motorpun mau sewa mikir-mikir karena dana katanya minim. Rokok pun kami ngutang warung bayarnya nunggu gajian. TAPI lagi-lagi akhir bulan kedua 11 Desember 2013, kok masih belom ditanyain gaji. Setiap kami tanyakan ke si bos, selalu dijawabnya "tenang aja pasti dibayar sudah tenang saja". Namun kami terus bekerja karena kami tidak mau mengecewakan client, jadi menjaga nama baik tanggung jawab kerja. Lha kan ada temen ane inih lah yang bisa diandalkan kalo ada masalah. Kan keponakannya inih. Pikir saya begitu.

Bulan ketiga datang dan kami masih terus bekerja walaupun belom gajian. Tapi kami terus menanyakan gaji kami ke bos. Namun jawabannya selalu sama "tenang saja pasti dibayar". Dan akhirnya pekerjaan kami selesai kalo gak salah 14 Januari 2014. Tapi ternyata lewat batas kotrak dan bos kami bilang nanti ada uang tambahan. (boro-boro uang tambahan, gaji saja kami blom dapat, pikir saya begitu).

Gaji yang ditunggu-tunggu pun tiba. Alhamdulillah tapi cuma gaji bulan pertama doang gan. waduh. Trus kita tanya lagi ke bosnya gimana untuk gaji sisa dua bulan+bonus??? . Jawabannya adalah "nanti dikantor Jakarta". Ow ya sudah mungkin ada data ada uang. Tapi di akhir kalimat ada omongannya yang bikin ga enak: "udah diem aja pasti aku bayar, kalo nanyain terus gak bakal aku pake lagi orang-orang itu. banyak kok yang ndaftar di perusahaan saya". Mendengar kata-kata si bos kami pun terdiam. Tapi ya sudah lah sabar aja.

Sampailah kami di Jakarta. Di Jakarta kami dikenalkan dengan orang-orang dari owner dan presentasi hasil kemarin di lapangan. setelah rapat selesai para senior pun rapat lagi. Isinya mungkin tentang gaji dan masalah uang. Sepulang kami ke kantor konsultas GIS, Kami diperlihatkan CEK yang bisa dicairkan untuk membayar sisa gaji kami+bonus. Nah bosnya bilang ini aku ada cek dari bos besar tenang aja gaji kalian akan terbayar. Nah mendengar hal tersebut kami pun menyerahkan data lapangan. Biasanya kan ditransfer tuh ke rekening masing-masing.

Akhirnya kami pun pulang. Tapi setelah seminggu, dua minggu kok belum dikirim uang nya?? Kami pun tanya ke sibos, mana gaji kami?? DIa jawab minggu depan. minggu depan ditanya katanya akhir bulan dibayar. Akhir bulan ditanya, katanya pertengahan bulan depan. Dan jawaban pamungkasnya pun keluar "tenang aja pasti aku bayar".

Dan sampai sekarang kami belum dibayar.

================================================================
Fact:
Bos kami kerja di owner yaitu PT PANCA RAJA PERKASA di jalan fatmawati Jakarta. Si owner punya lahan untuk digarap kemudian diambilah job itu oleh konsultan bos ane PT GEO INDONESIA SOLUSI

Issue yang berhembus:
- Si bos ane tuh katanya rugi dengan proyek kemarin. Dia punya modal gak seberapa tapi berani mengambil proyek dengan harga yang kecil. Jadi uang dia habis dan dia sekarang berhutang kepada owner dalam jumlah banyak.
- Dalam laporan keuangan PT GIS ke PANCA sudah dicantumkan gaji karyawan. Jadi owner atau PANCA taunya yang kerja dilapangan sudah digaji. Padahal belom
- Ternyata temen ane itu yang sodaranya si bos jarang dikasih gaji gan. dan temen ane yang lain yang kerja disitu juga (dikantor) belom dibayar. Padahal dia ampe lembur-lemburan ngerjain data gan.
- Bos ane itu dah dapet duit dari pt panca (owner) tapi uangnya buat bayar yang lain. seperti utang-utang dia terus bayar kontrakan kantornya dll. Walopun masih isu tapi sedih ane dengernya.
- Sekarang orang-orang dikantor pada cabut semua karena gak digaji

dan sekarang saya tahu kenapa surat kontrak kerja ga ada materai sama tanda tangan dia emoticon-Frown . Semenjak saat itu ane mulai hati-hati dalam mencari pekerjaan dan tidak mudah tergoda janji manis.

================================================================
Ini bos ane gan yang di PT GEO INDONESIA SOLUSI:
Nama : Wisnu Anton Nugroho
FB : https://www.facebook.com/wisnu.a.nug...oho.18?fref=ts
================================================================

Terima kasih yang sudah ikut bersimpati. Maaf gan karena gak ada barang bukti dan lain-lain tapi ini beneran kisah nyata. Saksi, korban, dan lain-lain ada. Bukan bermaksud menghina atau menjatuhkan tapi ini buat pengalaman dan ane gak ingin terjadi ke orang lain juga. Semua yang ane tulis diatas sudah dikemas dengan bahasa yang baik dan kejadian aslinya 70% lebih pahit. Kini ane masih nganggur dan masih mencari kerja. Dan seharusnya uang gaji itu untuk biaya ane hidup selama nganggur sampai dapet kerjaan lagi. Tapi apa boleh buat. Sampai saat ini uang didompet tinggal seberapa. Mau minta orang tua gak enak. Ane masih nagih terus gaji ane dengan bahasa yang baik hingga kurang baik karena ini sudah lewat 5 bulan. Terima Kasih kaskus emoticon-I Love Kaskus (S)


0
7.6K
16
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.