ikun666Avatar border
TS
ikun666
[Tak Selamanya Usaha Itu Indah] Akibat Bisnis Tanpa Perhitungan
Salam Kucek.....emoticon-Big Grin

Awal mulanya ane ini terjun dan buka usaha laundry jujur saja karena tergiur dengan teman ane yg udah buka laundry duluan, dia buka laundry di jalan kota utama, dengan harga sewa ruko 90jt/tahun.
Ane tahu betul dari buka nya karena ane tongkrongin terus disitu. Dan memang, ruko mahal di tempat strategis memang gak bohong, tanpa pernah nyebarin brosur dan adakan diskon, sales perday laundry teman ane saat ini tembus 140kg/hr dgn omset 1,3jt /hari, walaupun dengan kondisi ada 6 kompetitor di satu lajur jalan tersebut.

Ajaib dan menggiurkan,tentu ane langsung tertarik, dan kebetulan sedang ada uang nganggur di kantong, langsung ane belanja membabi buta dengan spek dan jumlah yg sama dengan temen ane, karena ane ngerasa toh nanti juga akan kepake saat rame. Plus hire pegawai langsung 4 orang.
Tindakan membabi buta tanpa pertimbangan situasi terburuk ,Sebuah kesalahan fatal yg paling saya sesali saat ini...

Hari pertama, masuk 30rb, besok 50rb, besok lg no sale.dalam hati kok begini ya? Mungkin belum on aja kali ya. Dan sampai hr ini, rupanya keadaan masih belum sebaik yg saya harapkan.mesin2 banyak nganggur, pegawai pada mainan hape saking sepinya....


Permasalahan laundry ane sepertinya adalah lokasi, sebagai gambaran laundry ane berlokasi di dalam sebuah komplek perumahan kelas menengah dengan jumlah rumah lebih dari 1000 dalam radius 5km. Lokasi nya cukup terkenal dengan pusat jajanan makanan. Namun lokasinya agak menjorok kedalam dari pinggir jalan raya (masih kelihatan), dan traffic mobilnya cuma 10-15 mobil permenit, karena bukan jalan utama.

Fokus permasalahannya sendiri setelah ane telusuri adalah minim nya new customer per day yg datang ke laundry ane, kebanyakan org yg order adalah lu lagi lu lagi. Indikasi ini sebenarnya bagus, berarti kepuasan konsumen udah tercapai sehingga repeat order, maka fokus permasalahanya adalah gimana supaya org baru mau datang dan bawa cucian sebanyak mungkin....

Omset per hari laundry ane saat ini, boleh dibilang jeblok, rata2 sales perday bulan ini 218rb, jauh dari BEP nya 330rb perday.Kiloanya sendiri masih dibawah 25kg/hari.
Segala upaya marketing udah dicoba, mulai dari brosur 3000 lembar, diskon ramadhan dll. Kondisi bisnis saat ini boleh dibilang bisnis nya blm bisa menopang badanya sendiri, sehingga malah menggerogoti keuangan keluarga saya.

Kadang sedih liat tukang sate sama bakso sebelah ane aja jauh lebih rame dan laris, dengan modal yg tentunya jauh lebih kecil dari ane.
Miris...

Mudah2an masih diberi kekuatan dan jalan keluar ....emoticon-Frown

----









Diubah oleh ikun666 19-07-2013 03:19
0
15.9K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.