Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Music
  • Siapa bilang rekaman pake MIC KOMPUTER hasilnya gak bagus??

badroomstudioAvatar border
TS
badroomstudio
Siapa bilang rekaman pake MIC KOMPUTER hasilnya gak bagus??
SIAPA BILANG REKAMAN PAKE MIC KOMPUTER ITU JELEK???

Sorry, Judulnya terlalu vulgar.. hehehehe, jadi gini gan, kali ini dalam pengetahuan dunia PER"Soundengineer"AN untuk mendapatkan hasil suara yang bagus, maka equip yang digunakan mesti bagus pula, menurut gw itu memang 80% benar, Semua equip berpengaruh, mulai dari Mic, soundcard, speaker monitor, compressor, eq, mixer, kabel, dll, makin bagus alat dan instalasi, TAPIIIIII... di Negara kita Indonesia Tercinta masih banyak anak-anak yang terbatas budgetnya, Pengen beli MIC Condenser yang bagus tapi mereka masih sekolah, belum kerja, dan bahkan masih tergantung orang tua, nah kali ini gw mau kasih tips nih buat agan-agan sekalian, gimana sih caranya bikin lagu yang rekaman pake MIC COMPUTER tapi hasil bisa LUMAYAN jernih.. hehehe CEKIDOOOTTT


emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Equipment:
1. Mic Computer + Pop Filter
2. Laptop atau Komputer
3. Software DAW (fruity loops, Cubase, Nuendo, Adobe Audition, dll)
4. Plugin kayak Waves Bundled, atau bawaan DAW juga g masalah

Cara Recording vocal menggunakan mic komputer
1. Pertamax nih gan, Sebelum recording baca do'a dulu biar hasil recording berjalan lancar.. #amin.. trus siapin microphonenya, sebelum ngetake, pastikan agan2 skalian bikin pop filter untuk membungkus microphone kalian, kl lg gak ada uang untuk beli, bisa pake kaos kaki atau stoking cewe-cewe, setelah itu agan-agan bisa mulai deh rekaman dengan alat yang udah disiapin.

2. Mulai deh rekaman, dalam rekaman ini ada beberapa hal yang mesti diingat, Pertama jangan sampai CLIP, kl yg gak tau clip itu tuh yang merah2 muncul di meteran suara output, yang efeknya bisa berdampak suara yg ada di track bisa pecah, Kedua jangan sampe salah take.. hehehe.. kl salah ya diulang, Ketiga jangan sampe suara terlalu kecil atau terlalu besar. usahakan seimbang besar kecilnya signal suara dari awal hingga akhir.

3. BALANCING TIME!!!! bagi yg belum tau, balancing ini digunakan untuk membalance kan antara suara satu dengan yg lainnya, supaya gak besar kecil antara satu dengan yang lainnya.. plugin yg digunakan antara lain:

Compressor
Ukurannya strandart aja Attack 5.0 Release 50 Treshold -12 minimal ( atur enaknya aja) Gain (sesuaikan dengan musik) dan jangan lupa, jangan sampai suara terlalu tipis saat mengkompres.. nanti gak asik bunyinya.. utak atik aja dulu

DeEsser
Nah, plugin satu ini gunanya cuman untuk menajamkan suara "sssh" atau "esssh" di suara sang penyanyi, biasanya kl kita take pake mic komputer, pengucapan kita kadang gak terlalu jelas, nah.. disini pluginnya membantu memperjelas suara biar gak salah arti.. contoh: kata "SUSAH" kadang dilagu kedengarannya "USAH" nah, supaya terdengar jelas pake plugin ini. settingnya gampang, utak atik aja pluginnya, terutama thresholdnya sampai suara essshh, atau shhh lebih jelas.

Equalizer / EQ
Nah saran gue.. simple.. dalam meng EQ suara, biar g terlalu noise usahain pake HIGH PASS di low.. setting aja sampe 120khz, udah lumayan ngecilin noise, sisanya mainin deh Frequensi low dan high ampe enak..

4. MIXING TIMEEEE!!!! Pada dasarnya mixing itu membuat suara antara satu sama lain tercampur dan bernuansa, cuman berhubung kita mau bahas rekaman pake mic komputer, biar enak belajarnya gw coba contohin mixing Vocal.. ini plugin yg gw pake

Stereo Enhancer
Plugin ini mensetting supaya suara yang awalnya ngegumpal campur aduk bisa jadi lebih luas.. setting aja sesuai selera

Noise Reduction
Kalau bisa pake ini jangan di tracknya, pakenya di channel Insert plugin, settingnya? kompres aja tracknya ampe noisenya berkurang, tapi jangan ampe suara lownya kepotong banyak..

krackle Reduction
Jadi sepengetahuan gue.. setiap suara itu punya "TAI" juga gan, kenapa suara bisa ada "Tai"nya?? contoh, kl lo ngomong langsung sama orang, pasti orang akan langsung mendengar dan bunyinya jernih g ada gangguan dan langsung sampai ke telinga pendengar.. kl rekaman, apalagi pake digital gini, pasti suara masuk ke komputer kan? trus lanjut dibaca sama komputer kan? nah, ini namanya proses TIME CODING , dimana suara yg masuk ke komputer itu bakal direkam dalam bentuk kode, kemudian ditampilkan dalam bentuk signal suara yang nanti bisa kita dengar berulang-ulang, nah, kl agan pake soundcard yang puluhan bahkan ratusan juta, timecode nya bagus.. jd tainya dikit, kl pake soundcard internal, tainya banyak gan.. nah, tainya ini namanya CRAKLE, mesti dimusnahin.. bunyinya itu g enak dah, kayak suara rokok kretek dibakar, cuman versi jeleknya.. dan suara ini tanpa kita sadari bercampur dengan signal yang ada di Track, makanya kadang suka gak enak suaranya.. hehehe.. ngilanginnya gampang.. setiing aja thresholdnya ampe bunyinya agak enakan, jangan lupa, reductionnya juga disetting biar bekerja softwarenya..

5. EFFECT , kl efek mah main di REVERB sama DELAY aja gan.. kl reverb sama delay ini agak susah jelasinnya, tp saran gw, mendingan reverb pilih sesuai dengan jenis lagu yg disukain deh.. kl nyanyi bisa pake reverb type PLATE, kl rapper pake yg type ROOM atau STUDIO jg boleh.. nah kl delay sama.. atur aja sesuka kalian.. cuman pesan gw, jangan disatuin di track atau di channel Plugin.. masukinnya Lewat Send EFFECT.. kl gak tau buka youtube aja.. hehehe..

6. KELAR BROOOOO!!!!! tinggal review aja mana yg kekecilan, mana yg mau ditambahin, mana dikurangin.. sesuka hati aja,, hehehe


Bagi yang pengen denger hasil sebelum dan sesudah yang gue kerjakan, bisa liat di LINK INI YA??

[url]https://S E N S O Rbadroomstudio-music/before-and-after-badroomstudio[/url]

Maaf kl ada salah kata dan TYPO, kl ada kesalahan dalam informasi mohon diperbaiki.. makasih banget.. jangan lupa baca postingan gw yg sebelumnya ya?? bahas soal recording jg kok.. skali lg makasih..
0
35.4K
27
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Music
MusicKASKUS Official
19.8KThread9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.