Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Movies
  • APAKAH ENTE PERCAYA KALAU EFEK KHUSUS DARI FILM-FILM TERKENAL INI BUKANLAH CGI?

DragonityAvatar border
TS
Dragonity
APAKAH ENTE PERCAYA KALAU EFEK KHUSUS DARI FILM-FILM TERKENAL INI BUKANLAH CGI?
MEREKA MENJATUHKAN PESAWAT BETULAN (The Dark Knight Rises)
APAKAH ENTE PERCAYA KALAU EFEK KHUSUS DARI FILM-FILM TERKENAL INI BUKANLAH CGI?

Ente pasti bilang "Ane yakin ini CGI", setelah lihat berapa adegan di dalam film ini, terus ada yang menjawab "Ya iyalah! Masa ya iya dong?". Pembukaan film ini diisi dengan adegan Konco-Konconya Bane membajak pesawat CIA dengan cara terjun dari pesawat lain, lalu meledakkan pesawat CIA dengan tabung LPG tempel, lalu menggantung pesawat CIA yang sudah hancur karena ledakan bom dengan tali jemuran. Sebelum era CGI, tidak ada saudara yang berani merencanakan adegan luar biasa ini.

Spoiler for Coba nonton sekilas dulu ya gan:


Sebenarnya saya bimbang mengatakan ini gan, tapi apa yang ente nonton itu betulan gan. Sang direktur sebenarnya punya tim CGI, namun apa daya sang sutradara lebih memilih bom dengan pesawat beneran.

Pengambilan dari dalam pesawat, ketika sutradara ingin menampilkan para aktornya (orang-orang yang tentunya tak bisa beraksi apalagi membunuh), si sutradara cukup menempatkan mereka di set studio bergerak yang dipalsukan seolah-olah seperti dalam pesawat. Sedangan pengambilan para stunt yang gokil dilakukan di tempat terpisah. Si sutradara mengambil aksi para stunt ini melalui helikopter di atas Skotlandia
Spoiler for Para stunt kampret di atas Skotlandia:


Dan sayangnya sutradara pilih kasih dan memberikan para stunt ini set rangka pesawat yang nyata.
Spoiler for Cari Penyakit ini para stunt:


Bahkan permisa, si sutradara lebih memilih opsi adegan nyata pada saat adegan rangka pesawat jatuh, dan "kebetulan" masih ada seorang stunt yang dijadikan tumbal ketika rangka pesawat itu terjatuh.
Spoiler for Kampret ini sutradara:


Tunggu, gan... "Betulan nih kalao mereka melakukan adegan itu secara nyata?". Untuk menjawab itu, ane cukup memberikan gambar rangka "pesawat tumbal" yang dibuang semena-mena oleh si sutradara
Spoiler for Rangka pesawat yang malang:


Pengambilan adegan ini rencananya memakan waktu selama 9 hari, tapi si sutradara cukup melakukan adegan ini selama dua hari karena "persetan dengan waktu!" "persetan dengan sanitasi lingkungan!", dan tentu saja "persetan dengan bangkai pesawat!" emoticon-Ngakak

PERTARUNGAN DI ATAS (DAN JUGA DI BAWAH) KERETA YANG SEDANG BERGERAK (Skyfall)
APAKAH ENTE PERCAYA KALAU EFEK KHUSUS DARI FILM-FILM TERKENAL INI BUKANLAH CGI?

James "fucking" Bond seharusnya bisa melakukan apapun tanpa perlu menggunakan CGI. Itulah sang sutradara meminimalisir penggunaan efek khusus komputer di film terbaru 007 (SARAS!). Tidak ada mobil tak kelihatan, tak ada remote, tak ada Doremon, dan tentu saja tak ada Denise Richards. Dengan kata lain, pengambilan adegan film terbaru 007 ini menggunakan metode lama.

Sebagai salah satu contoh, masih ingatkah ente dengan adegan ini?
Spoiler for Cuplikan:


Mereka melakukan itu secara nyata loh. Caranya, mengantung kereta di atas rel secara terbalik, lalu menghantamkan kereta itu dengan tembok yang ada di dalam set. Pada saat adegan itu, pengambilan aksi individual si James Bond berada dalam set studio.
Spoiler for Matilah kau tembok keparat!:


Pada adegan sbelumnya, ketika si James berkarate ria dengan penjahat di atas kereta, si sutradara mengambil adegan itu dengan semi nyata. Jadi si bond dengan penjahat saling berchaiya-chaiya dengan nyata di atas kereta dengan pengaman sebuah kabel tipis.
Spoiler for Chaiya Chaiya:


Ente lihat kabelnya kan? Kabel itu gunanya untuk mencegah si James bunuh diri sewaktu proses pengambilan film berlangsung. Selain itu, si Daniel Craig melakukan adegan itu tanpa menggunakan stunt. Ente juga bisa melihat secara jelas muka si Craig ketika melompati lubang yang ada di kereta
Spoiler for Sepertinya ini orang mantan preman pasar:


Adegan menggunakan CGI dalam film Skyfal ialah ketika si Bond bercumbu dengan Komodo Dragon dan adegan Agen MI6 yang meledak.

FILM DIREKAM DENGAN MODE HITAM PUTIH, LALU DIWARNAI MANUAL DENGAN TANGAN (Tron Jadul)
APAKAH ENTE PERCAYA KALAU EFEK KHUSUS DARI FILM-FILM TERKENAL INI BUKANLAH CGI?

Tron lanjutan yang dibuat merupakan hasil karya CGI. Terus bagaimana dengan Tron 30 tahun yang lalu?

Spoiler for Maaf gan, ane tak bisa memilih kalian berdua:


Bagaimanapun juga, beberapa adegan film ini dibantu dengan komputer. Tapi kebanyakan efek khusus dalam dalam ini dibuat dengan manual dengan cara digambar dengan tangan, bahkan pakaian mereka yang super seronok itu

Untuk mendapatkan efek yang berkualitas, si sutradara menolak menggunakan komputer di sebagian besar adegan film ini. Pada tahun 30-an, film masih diambil dengan format tanpa warna, lalu hasilnya diwarnai manual pada proses pasca produksi. Satu persatu frame digambar (tidak peduli yang menggambar patah tangannya atau tidak), dengan cara memperbesar frame menjadi 14 inci menggunakan "rotoscoping machine".
Spoiler for 14 Inchi:

Lalu mereka membuat frame itu jadi transparan dengan proses yang berbeda
Spoiler for 14 Inchi:


Dengan menggunakan cara ini, ente bisa memisahkan bagian yang ada di dalam frame, contohnya wajah, pakaian, atau bagian yang ingin ditambahkan efek garis lampu. Gambar sederhana mempunyai 7 lapisan (layer) yang berbeda, tapi gambar rumit bisa punya hingga 30 lapisan.
Spoiler for Pemisahan:


Film ini berdurasi 75 menit, dengan pergerakan frame sebayak 24 perdetik. Coba hitung pake sempoa, atau jari tangan kalian berapa frame yang mesti digambar. Untuk menambahkan efek pada film ini selama dua menit, tim menghabiskan waktu selama dua bulan. Lalu berapa bulan lagi untuk menyelesaikan 73 menit sisanya? Syukurnya mereka pintar, karena mereka mengirimkan sisanya di Taiwan. Entah siapa saja yang menggambarnya
Spoiler for PAC MAN!:


Sumber

Buat yang berminat, silahkan tambahkan yah. Ane pasti taruh di pejwan.
TAMBAHAN FILM disertai Penjelasan:
Spoiler for Update::
Diubah oleh Dragonity 27-04-2013 12:33
0
19.9K
84
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Movies
Movies
20KThread18.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.