ayikkecilAvatar border
TS
ayikkecil
Waspada pencurian pulsa pada smartphone
Alahmduliilah jadi HT emoticon-Ngakak
Nggak nyangka sama sekali krna niatan ane cuma mau share modus baru penyedotan pulsa pd hape2 tocskrin. Makasih banyak mimin momod dan para kaskuser semuanya yg telah membantu ane meraih HT pertama ane emoticon-Selamatemoticon-Shakehand2emoticon-Peluk



Hallo agan-agan kaskuser kaskuserwati, selamat pagi.
semoga hari ini menyengangkan ya.
Langsung saja ane mau share pengalaman pahit ane beberapa hari yang lalu. Semoga nggak repsol ye.
emoticon-Blue Repost
Hari itu paketan internet ane udah mau abis masa berlakunya (ane pake paket internet X* Super Ngebut 3G 30ribu 5 Giga 30 untuk 30 hari). Karena perpanjang otomatis dilakukan pada pukul 24.00 ane segera ngisi pulsa sorenya biar besok paginya udah langsung bisa menikmati internet tanpa perlu registrasi. Karena ane pake bb, sedangkan ane langganannya bukan paket bb jadi kdang menu paket internet langganan ane nggak muncul di UMB, so ane harus pindahin simcardnya dulu ke hp lain biar nongol di menu. Ane ngisi pulsa sore sebanyak 35ribu, dan berniat menghabiskan sisa kouta sebelum paketnya abis. Pas ane browsing emang selalu banyak iklan dimana-mana, tapi aman karena ane gak suka pencet-pencet yang gak jelas. Berniat ngikutin link (related post) bwt berita yang lagi ane kepoin, ane dialihkan ke direct link yang halaman itu isinya kayak situs download gratisan macem w*aptrick gitu. Ane gak mencet apapun pada situs itu, toh ane juga nggak berniat download jadi langsung back aja ke halaman sebelumnya karena ternyata direct linknya jaka sembung naik ojek nggak nyambung jek heheemoticon-Ngacir
Ane nggak mencet apapun di halaman ini, langsung back beberapa detik kemudian.
Beberapa menit kemudian belum terjadi sesuatu yang aneh sampek ane keasikan browsing, hingga tiba-tiba ada sms masuk. Wahh ane kegeeran bgt tuh gan malem-malem ada yang sms beberapa kali pulak, kirain siapa. Ternyata sms-sms nggak jelas promo konten, awalnya ane cuek. Tapi sms-sms itu terus masuk ke hape ane dan bikin ane curiga. Begitu ane cek pulsa, setdah pulsa ane ilang. Awalnya 35ribu jadi 9ribu doang. Niatnya mau beli paket internet kandas. Belum dapet kerja, duit ngutang lagi. Bayangkan aja kalo ternyata korbannya nggak Cuma ane bisa buat beli rumah tuh hasil ngepet pulsa.

Spoiler for ss sms sedot pulsa:


Spoiler for ss:


Spoiler for ss lg:


Kesel, ane nelpon CS provider ybs. Ane komplain atas sms-sms pencurian pulsa tersebut, tapi pihak provider bilang karena ane registrasi konten yang per sms masuknya motong pulsa 3300 rupiah. WTF? Kapan ane registrasinya coba? Nak kata Csnya ane secara nggak sengaja mengklik iklan pada saat browsing, nah loo. Ane nggak tau mencet apaan, nggak merasa mencet apa-apa selain mencet kasur . Ya udah ane merasa direct link tersebut yg udah berhasil menjebak ane, lagian halaman direct linknya sama-sama ada taylor swift taylor swiftnya. Berusaha tabah, tetep aja sebel. Ane ngetweet banyak mention ke akun provider dan Menkominfonya sekalian tp nggak memuaskan. Pihak yang terakhir ane sebut malah nggak jawab padahal dianya ngetweet ria gitu di timelinenya ckck. Malam itu juga ane berpikir bwt memproteksi hape ane dg berbagai cara biar gak keulang lg kejadian gini.

Sebelum masuk ke tipsnya ane mau merecall metamorfosis (ceeilllah) bentuk-bentuk pencurian pulsa dari modus lama hingga yang sekarang :
Spoiler for perjalanan pencurian pulsa:


Spoiler for awas:


Spoiler for hati-hati:


Spoiler for perjalanan selanjutnya:


Spoiler for ilustrasi saat cek pulsa:


Spoiler for ilustrasi lg:


Spoiler for ilustrasi via sms:


Spoiler for awas kepencet:


Buat yang modus terakhir ini ane berniat ngeshare tips menghindari pencurian pulsa berdasarkan apa yang ane lakuin, silakan bagi agan-agan yang mau menambahkan . Semua SS yang ane masukin pake bb, bukan apa2 karena ane punyanya Cuma bb aja hehe. No offense yah
1. Tips paling penting pertama adalah pastikan kita nggak gampang penasaran sama iklan-iklan yang biasanya pake bahasa lebay dan berwarna warni merah kuning hijau. Jangankan sama yang iklan kasat mata gitu gan, yg nggak kasat mata juga ati-ati. Baik yang menyusup di halaman internet maupun di aplikasi pada hape. Selain menjebak, iklan-iklan tsb juga makan kuota walaupun mungkin cuma sedikit.
Spoiler for adblock:

2. Gunakan aplikasi Adblock yang umumnya merupakan add ons buat browser seperti Opera atau Chrome. Untuk yg ini ane gabisa nmenjelaskan terlalu bnyak karena ane sendiri belum berhasil instal di hape ane padahal udh sukses download.
3. Biar lebih mantap bisa ditambahkan blokir sms untuk nomer-nomer tidak dikenal. Tapi cara ini hanya berlaku bagi yg nomernya bukan primary number (nomer ane yg kesedot khusus ngenet gan, primary number pake hp minimalis krna batrenya lebih awet). Kalo cara ini dipake sementara nomer udah banyak relasi atau malah yang lagi nunggu panggilan kerja ya gawat aja gan hehe, bisa-bisa justru ngilangin rejeki. Ngeblok sms yg nggak diinginkan bisa lewat hp maupun aplikasi text/sms blocker.
Spoiler for sms blocker dr hp:


Spoiler for aplikasi:


5. Bagi yg suka ngegame offline di hape, ada baiknya mensetting paket data dalam mode off. Biar kalo nggak sengaja pencet iklan pas lagi ngegame nggak membawa akibat buruk.
Spoiler for data service off:

6. Setelah mengisi pulsa buat beli paket, mode paket data off juga bisa dilakukan karena selain menghindari sms penyedot pulsa juga bisa mengamankan pulsa dari biaya tambahan gprs yang terus berjalan walaupun paketan udah habis. Karena biasanya pada smartphone aplikasi tetap berjalan dan merefresh di belakang. Segera dibelanjakan untuk beli paket lebih baik lagi.
7. Bagi yang minim bujet kayak ane nih hehe, ngisi pulsanya 5ribu aja apalagi kan itu nomer jarang dipake komunikasi. Jd kalo tiba-tiba ada yang ngepet gak terlalu nyesek .
Spoiler for ngepet:

8. Bagi yg udh terlanjur mengalami, segera mengOFFkan langganan paksa tersebut dengan bantuan CS provider ybs. Untuk yg menggunakan provider kayak ane bisa *123*572#

Pencurian pulsa ini merupakan kasus lama yg udah ditanggapi serius, tp masih ada. Contoh-contoh beritanya :
ini tersangkanya
lagiii pencurian pulsa

Sekian dari ane, semoga bermanfaat emoticon-Kiss
Sorry kalo berantakan, ane jarang bikin thread emoticon-Smilie

Tambahan dari kaskuser

Spoiler for tambahan tips and trick:


Spoiler for yg senasib:


Spoiler for Question and Answer:


Spoiler for makasih bnyak yg udh ikutan pasang ss, page one menanti:




Spoiler for yg udh sukses dg caranya:

ane jg pake hp senter bwt nomer utama ane gan

Spoiler for kaskuser tabah:


Spoiler for yg udh pernah lapor:

ane udh nelpon operator, ngtweet ke mereka sekalian mention ke pak menkominfo malah. tp emng operator selalu menyalahkan pelanggan dg alsan tidak sengaja ngeklik kayak agan yg satu ini

Spoiler for ada yg bilang ane bodoh:

awas gan disini bnyak yg senasib sama kayak ane hihi. semoga agan2 pintar di kaskus bisa bikin kaskuser lainnya lebih pinter ya gan emoticon-Smilie

thanks for
Spoiler for sluurrpt:


karena post #1 udh full, update di post #8 yaa gan
Diubah oleh ayikkecil 25-05-2014 23:36
0
197.8K
1.7K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.