Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RachqelioAvatar border
TS
Rachqelio
Jokowi Akui Tak Bisa Penuhi Syarat Koalisi dari Golkar
Liputan6.com, Jakarta - Penyebab gagalnya koalisi antara Partai Golkar dengan koalisi partai pendukung pasangan Jokowi-Kalla terjawab sudah. Faktornya tak lain karena Partai Golkar melalui Ketua Umum Aburizal Bakrie atau Ical mengajukan syarat yang tak bisa dipenuhi oleh PDIP.

Menurut calon presiden dari poros PDIP Joko Widodo, awalnya Partai Golkar hampir pasti mendukung dirinya bersama Jusuf Kalla. Namun, semuanya pupus setelah Aburizal Bakrie menolak ketentuan koalisi tanpa syarat yang diajukan Jokowi dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Iya, beliau (Ical) meminta, pokoknya ada syarat. Dan itu tidak bisa kita penuhi, gitu saja sudah," ujar Jokowi di Balaikota Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Karena itu Jokowi juga mengaku heran dengan manuver Ical yang kembali mendatangi kediaman Megawati sehari jelang pembukaan pendaftaran capres-cawapres di KPU. Padahal, dia sudah tahu bahwa koalisi yang dibangun PDIP sama sekali tanpa syarat.

"Ndak tahu, pokoknya memang ada permintaan. Padahal kita kan sudah sampaikan bahwa kerja sama ini tanpa syarat," ucapnya.

Karena tidak menerima bentuk koalisi tanpa syarat itu, Jokowi mengatakan Ical menyebut Jokowi dan PDIP bersikap abu-abu. "Kita bilang koalisi tanpa syarat, ya kita dibilang abu-abu, gitu loh. Padahal nggak, kita tegas. Kan kalau mau bergabung harus ada power," ucap Jokowi.

Terkait adanya kabar yang mengatakan Golkar meminta jatah 7 kursi menteri di kabinet sebagai syarat dukungan kepada Jokowi, mantan Walikota Surakarta itu tak menjawab. Namun demikian, ia juga tidak membantah kabar tersebut.

"Saya tidak bisa sampaikan. Tapi kalau ada sesuatu permintaan yang tidak bisa kita penuhi, mau bagaimana? Kita sudah sampaikan kerja sama kita tanpa syarat," tegas Jokowi.

Partai Golkar akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan koalisi poros Gerindra yang mengusung Prabowo-Hatta untuk Pilpres 2014. Keputusan itu diambil Ical tak lama setelah pertemuannya dengan Megawati gagal mencapai kesepakatan. (Yus)

- Sumber: http://indonesia-baru.liputan6.com/r....Fq1DtkbC.dpuf
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
3.6K
17
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Pilih Capres & Caleg
Pilih Capres & CalegKASKUS Official
22.5KThread3.1KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.