sabil.haqAvatar border
TS
sabil.haq
[Bedanya yg dibayar sama sukarela] Relawan Prabowo lebih rapih di sosmed
Sumber ;
http://m.tempo.co/read/news/2014/05/...kowi-di-Medsos

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Eksekutif PoliticaWave Yose Rizal mengatakan dua kandidat kuat calon presiden, Prabowo Subianto dan Joko Widodo, berkampanye di media sosial dengan cara berbeda. Akun kampanye media sosial Prabowo dinilai lebih rapi ketimbang Jokowi--sapaan Joko Widodo.

"Prabowo cenderung tidak emosional dalam merespon berbagai serangan yang terjadi," ujar Yose dalam pesan elektronik yang diterima, Senin, 19 Mei 2014.

Yose mengatakan ada kelebihan dan kekurangan dari kedua cara komunikasi media sosial Prabowo dan Jokowi. Kampanye media sosial Prabowo, katanya, punya sistem komunikasi rapi karena karena bertumpu pada akun-akun yang berafiliasi dengan Gerindra. Akun pendukung Prabowo dinilai memiliki keseragaman dalam menjawab berbagai isu yang berkembang."Terlihat mereka telah memiliki FAQ (Frequently Asked Question) yang disepakati bersama."

Meskipun demikian, akun kampanye Prabowo dianggap memiliki kelemahan karena akun-akun ini berasal dari jejaring sosial yang sama sehingga memiliki keterbatasan dalam menjangkau akun netizen secara luas. Menurut Yose, jumlah percakapan dan jangkauan percakapan tentang Prabowo menjadi terbatas. (Baca: Prabowo-Hatta Deklarasi di Rumah Bekas Bung Karno)

Sebaliknya, kampanye media sosial Jokowi yang bertumpu pada jaringan relawan terlihat kurang seragam dan mengandalkan spontanitas. Yose mengatakan ada berbagai jenis respon yang berbeda terhadap berbagai isu. Tidak semua gugus relawan memiliki pemahaman konten dan isu yang sama. "Letupan emosi pun sering terlihat dalam merespon berbagai serangan yang terjadi," ujarnya.

Namun karena komunikasi terjadi dalam banyak gugus relawan, jumlah dan jangkauan percakapan tentang Jokowi menjadi sangat luas. Percakapan tentang Jokowi dapat menjangkau berbagai simpul jejaring sosial netizen yang sangat berbeda. Banyak dari simpul-simpul ini yang sebelumnya tidak terhubung satu sama lain hingga akhirnya hubungan komunikasi terjadi karena percakapan tentang Jokowi. (Baca: Jokowi Deklarasi Cawapres di Gedung Joang)

Perbedaan lain, kata Yose, terlihat dari cara penamaan akun yang digunakan tim kampanye kedua tokoh. Menurut dia, kampanye media sosial Prabowo bertumpu pada akun yang terafiliasi langsung dengan Gerindra, seperti @Gerindra, @FansGerindra, @Gerindradpddki, @Gerindra_Sulsel, @GarudaPrabowo. Adapula akun yang terafisiliasi dengan Prabowo atau tokoh Gerindra, seperti @Vote_Prabowo, @FCPrabowoSulsel, @Info_Prabowo, @InfoGerindra, @Fadlizon, @Habiburokhman dan @Zarryhendrik.

Di lain pihak, Jokowi tidak terlalu terlihat didukung oleh akun-akun yang berafiliasi langsung dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Akun pendukung Jokowi lebih ditunjang akun yang berasal dari basis relawan. Beberapa akun pendukung Jokowi adalah @Jokowi4Me, @PDI_Perjuangan, @InfoJKW4P, @Jokowi_Ina, @Bara_Jokowi, @Relawan_Jokowi, @JKW4P, @Jasmev2014, @IwanPiliang dan @KartikaDjoemadi.

Penggunaan media sosial sebagai alat kampanye calon presiden dilakukan secara massif oleh Barack Obama pada 2008. Ketika itu Obama memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Selain bisa mengumpulkan relawan dan simpati publik, Obama juga sanggup mengumpulkan dana dari publik.

====================

Yahhhhh gimana ya pak, namanya dukungan langsung dari hatinya jadi susah juga mau diatur...... Maklum pak rakyat kecil yg modal sendiri... Hanya RELAWAN bukan KARYAWAN......

Begini aja masihhhh di fitnah katanya di bayar pak........ Fitnahnya kalimat2nya sama lagi..... maklum terkoordinir.... Hehehehehe

Kalo agak kasar... Maaf.... Soalnya berhadapan lngsng sm rakyat bukan karyawan yang diatur sama politisi
Diubah oleh sabil.haq 05-06-2014 18:57
0
11.2K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.