Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bukadistroAvatar border
TS
bukadistro
Bagaimana Menjaga Loyalitas Karyawan? Lakukan Teknik Ini
Ada yang namanya Employee Value Proposition (EVP). EVP memuat kewajiban yang harus dipenuhi oleh bisnis untuk membuat karyawan menjadi loyal. EVP memuat hal-hal yang terkait kebutuhan-kebutuhan karyawan, ekspektasi karyawan dan mimpi-mimpi mereka.

Percayalah, amat sangat merepotkan bagi Anda bila menemui karyawan “karbitan” yang tidak betah dan cenderung malas. Waktu Anda akan habis di sini saja jika Anda tidak menemui langkah-langkah yang tepat untuk menghindarinya. Karena itu berusahalah untuk memenuhi hak-hak karyawan (karier, pekerjaan yang menantang, tambahan fasilitas, dll)

Sebuah analogi yang digunakan dalam menentukan EVP mirip-mirip dengan konsep Customer Value Proposition yang kita terapkan dalam usaha kita. Intinya kita harus bisa menempatkan karyawan kita sebagai pelanggan kita. Sehingga menjaga kepuasan pelanggan (dalam hal ini karyawan) adalah salah satu syarat penting untuk keberlangsungan bisnis Anda.

Apa saja yang harus diperhatikan, simak uraiannya:

1. Bangun Kebanggaan
Karyawan harus merasa bangga bisa bekerja di tempat Anda. Semua orang ingin berkerja di tempat yang baik secara nama, hebat secara track record dan juga iklim kerja yang positif. Buatlah visi yang besar yang bisa membuat karyawan Anda mempunyai motivasi yang lebih daripada yang lain.

2. Jadilah Atasan yang Dekat
Jadilah atau tempatkan atasan-atasan (supervisor) adalah sosok yang juga dekat dengan timnya. Ini akan memudahkan kolaborasi dan kerjasama yang terjadi dan akhirnya bisa meningkatkan produktivitas kerja tim.

3. Apresiasi yang Sesuai
Berbuatlah adil kepada karyawan-karyawan yang sudah bekerja keras lebih dari yang lain. Kompensasi yang adil akan membuat karyawan yang mempunyai kinerja baik terpacu dan bersemangat untuk berbuat lebih dan lebih lagi.

4. Hubungan Kerja yang Baik
Suasana kerja akan semakin nyaman jika orang-orang yang ada didalamnya sudah selayaknya sebuah keluarga besar yang bahu membahu dalam menghadapi tantangan yang ada. Ciptakan suasana kerja yang harmonis yang membuat interaksi terasa cair dan tanpa sekat.

5. Bekerja = Berkarya
Pilihlah orang-orang yang tepat pada posisi yang tepat. Karyawan yang berada di bidang yang dia sukai, akan jauh lebih produktif dibanding karyawan-karyawan yang bekerja di bidang yang tidak disukainya. Evaluasi betul mengenai penempatan sdm di bisnis Anda.

6. Evaluasi Secara Berkelanjutan
Apapun aturannya, evaluasilah hal-hal yang sudah dilakukan agar kita bisa mendapat kesimpulan yang tepat mengenai treatment yang tepat untuk karyawan-karyawan dalam bisnis. Jangan ragu bertanya kepada orang yang lebih tahu masalah ini. Konsultan SDM salah satunya.

www.bukadistro.com
0
1.2K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.