adittransAvatar border
TS
adittrans
Bledex Malam bus Tercepat Legenda Jawa Timur
Salam bro n sis..
Kali ini ane hanya sekedar ingin sedikit sharing mengenai seputar hobi ane selama naik bus..

Berbicara mengenai kecepatan tertinggi sebuah bus menurut ane bukanlah suatu jaminan kemantapan kita untuk memilih bus tersebut adalah yang tercepat, apalagi bus yang punya banyak reputasi kecelakaan, tetapi lebih ke bagaimana sang pilot dapat konsisten mempertahankan kecepatan bus tersebut dalam kenyamanan dan keamanan, sehingga sang pilot mampu membawa bus tersebut dalam total waktu yang sesingkat mungkin untuk sampai ditujuan akhir. Semisal satu contoh perjalanan sby-jogja umumnya ditempuh dalam waktu 6-8 jam tp sang pilot mampu hanya dalam 5 jam bahkan kadang kurang (rekor adalah 4 jam 20 menit selama pengalaman ane). Lucunya bus yang ane tumpangi menurut kecepatan GPS maksimal hanya dapat berlari 105km/h. Jadi menurut ane kecepatan maksimal bukanlah suatu ukuran bus untuk yang menjadi yang tercepat, tp pilot-nya'lah yang sebenarnya paling menentukan..
Sebagai salah satu satu contoh dahulu ada bus PATAS Mila Sejahtera nopol N 3955 N bermesin Hino RK turbo yang mampu mencapai kecepatan maksimal speedometer menunjuk pada angka 'M' pada tulisan Km/h (diatas 120Km/h) dijalan tol. namun waktu tempuh sby-jogja selalu tetap diatas 6 jam (sdh dipotong waktu istirahat makan).
Jadi sobat pecinta bus.. Klo saran ane tidak perlu memilih bus dengan mesin mana yang tercepat, tetapi cermati dan pilihlah pilotnya saja, sebab bus bermesin bagus dan kenceng belum merupakan suatu jaminan kenyamanan,keamanan dan cepatnya sampai ditujuan. Namun dengan pilot yang bagus, walaupun bus tersebut larinya tidak seberapa cepat namun mampu menyalip dan bisa lebih cepat untuk sampai ditujuan akhir.

*in memoriam 'Bledex Malam'*

*) Bledex Malam menurut ane adalah bus 'Legenda' jawa timuran.. Hampir seluruh pengemudi lawas bus Eka cepat, Akas 1,2,3,4 dan Akas Grup, Sumber Kencono grup, Mira, Dahlia Indah, Mandala, OBL, Pahala Kencana, dan seantero pengemudi bus Jawa Timur mengenal bus yang satu ini.
Bagi mereka yang belum mengenal Bledex akan dengan senang hati melayaninya balapan karena meremehkan tahun dan bentuk bus tsb sopir sopir yang baru biasanya), walhasil mereka selalu menelan pil pahit kekalahan.. Namun bus2 yang sudah paham seperti Eka, Sumber Kencono, Mira.. Mereka sama sekali tidak mau melayani bus yang satu ini, jika sudah dibelakang mereka, Bledex Malam selalu dipersilahkan untuk melewati mereka dengan memberi jalan dan mempersilahkan dengan jempol tangannya keluar.. Sungguh suatu pemandangan yang mengagumkan mengingat mereka adalah juga sang "raja jalanan" yang ternyata tak segan mengalah terhadap Bledex Malam, bahkan pernah suatu ketika karena mengalami gangguan lampu dimalam hari, sang bledex malam pun berjalan pelan pelan karena tidak cukup penerangan.. Walhasil dibelakangnya hingga terjadi hingga 4 antrean bus bumel (sumber, mira, sumber, sumber )..
Bledex Malam tak pernah segan menempel lawannya secara ketat dengan jarak yang hanya kurang lebih sekilan antara kaca depan bus dan body bus belakang lawan, bahkan pada saat istilah "crash mati"-pun Bledex Malam tetap masuk. (bahkan sebenarnya inilah senjata pamungkas Bledex Malam dalam mengalahkan lawan lawannya)

Pada jaman terminal diSurabaya masih di Joyoboyo, kru dari dari sang Bledex berani berkoar "berangkat terakhir sampai duluan.., kesalip uang kembali..".. Demikian promosi sang kernet mandor dan kondektur kepada para calon penumpang.. dan penumpang-pun dengan fanatik memilih Bledex Malam walaupun masih berada di antrean belakang sendiri. Hal ini berlangsung dari tahun 70-an hingga terakhir tahun 2010 (penumpang menunggu digarasi hingga berjam jam)
Sang Bledex Malam (drivernya) saat ini sudah tidak turun lagi dijalanan karena faktor fisik dan usia.. Namun begitu beliau telah banyak makan asam garam dijalanan, mulai balapan dengan Flores (sudah dicabut ijin trayeknya krn banyaknya kecelakaan), Jaya Raya dan Hasti ( sekarang sudah punah, bus ini dulu juga ugal ugalan) Mandala (masih ada), Eka Cepat (masih ada), Sumber Kencono ( sekarang menjadi Sugeng Rahayu dan Sumber Selamat yang mendapat julukan raja jalanan) dan masih banyak lagi..
Kredibilitas Bledex Malam ini sempat juga mendapat sorotan dari beberapa pihak petugas kepolisian di Jawa Timur, pengatur trayek Akas Grup, DLLAJR Jatim, namun demikian Bledex Malam ternyata juga mendapatkan beberapa pengakuan tulus dari rekan satu perusahaannya dan juga sebagian pengemudi Bus Malam daerah Jawa barat Jawa Tengah dan Jawa Timur sendiri. Begitu menggilanya dijalan raya, namun begitu minimal korban yang timbul, dan kenyamanan penumpang yang selalu tetap terjaga (selalu tertidur walaupun bus-nya sedang perang atau menggila), semoga banyak bus yang kedepan mampu seperti Bledex Malam, kenceng tapi aman dan nyaman.

Sekedar informasi,mesin yang dipakai Bledex Malam udah ga ketemu namanya..gado gado..mesin Hino-AK depan dipasangi turbo (entah block dan piston sepertinya juga sudah bukan aslinya), gardan juga sudah diganti, demikian juga dengan gear-box-nya tidak ketinggalan rem-nya juga sudah bukan aslinya... Namun terbukti tarikan dan kecepatan didataran lapang mampu meninggalkan PATAS EKA cepat, juga bus jawa timuran lain hingga dua jam didepan bus dengan trayek yang sama terkadang masih dapat tersusul oleh sang Bledex Malam. Juga tidak lupa, Bledex Malam yang asli adalah milik P.O Mila Sejahtera yang saat ini menurut ane sudah diambang kebangkrutan.
Bagi ane sungguh disayangkan Bledex malam sudah pensiun, hingga saat ini baik dari bus malam executive, super executive, bumel, masih belum ada yang menandingi kualitas dan reputasi pengemudi BLEDEX MALAM..

Sekali lagi jika ada yang kurang berkenan ane mohon maaf, kembali lagi bus yang tercepat memang adalah menurut pendapat masing masing... Bagi ane dan beberapa pengemudi bus Jawa timuran khususnya Surabaya dan ketimur trayek jalur tengah dan selatan.. BLEDEX MALAM adalah legenda

NB: temukan gambarnya di threat ini juga:

http://m.kaskus.co.id/thread/516f6bc...ari-pulau-jawa

http://id-id.facebook.com/notes/bism...51572765315114

https://groups.yahoo.com/neo/groups/...essages/111581
dan mungkin masih banyak lagi

Untuk foto yang ada barusan diunggah, yang tinggi namanya Mas Bambang yang pendek adalah Mas Imam Bledex yang merupakan pilot Bledex yang legendaris ini

Ane baru dapat info terbaru yang sebenarnya juga udah fakta lama, bahwasanya orang nomor satu di kepolisian kita saat ini dulu juga merupakan langganan, fans berat dan fanatik bledex malam, bahkan jika bledex sedang tidak jalan, beliau memilih balik kanan menunda perjalanannya, mohon maaf jika tidak dapat menyebutkan nama beliau disini, dahulu beliau jika pulang ke tempat asalnya selalu memilih bledex malam sebagai sarana transportasinya.. Entah apa alasan beliau saat itu, tetapi inilah faktanya.. Gaya mengemudi Bledex malam yang menurut ane memang maestro jalanan, bukan hanya selera orang orang biasa, bahkan notabene sampai pejabat polisi pun pernah menjadi salah satu fans-nya. Salut untuk mas Imam selalu..
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 52 suara
driver bledex
imam bandit
75%
sugiaji
25%
Diubah oleh adittrans 09-07-2015 18:10
nona212
nona212 memberi reputasi
1
185.4K
609
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.