Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

indonesiaber1Avatar border
TS
indonesiaber1
[Iran Strooong] Rusia akan melatih kosmonot Iran, membangun Satelit Mata-Mata
Rusia akan melatih kosmonot Iran, membangun Satelit Mata-Mata
Sumber: RT

[Iran Strooong] Rusia akan melatih kosmonot Iran, membangun Satelit Mata-Mata

A picture obtained on December 14, 2013 from Iran's ISNA news agency allegedly shows the launch of the Pajohesh (research) rocket containing a live space monkey named Fargam (Auspicious) at an undisclosed location in Iran. (AFP/ISNA)

Rusia dan Iran dilaporkan telah menandatangani kesepakatan rahasia mengenai kerjasama yang luas dalam eksplorasi ruang angkasa , mulai dari pelatihan kosmonot Iran di Rusia untuk kemungkinan produksi satelit observasi bumi dan telekomunikasi untuk Iran .

Dugaan kesepakatan itu didorong oleh sanksi Barat yang menyasar Rusia sebagai balasan atas posisinya pada krisis Ukraina, surat kabar Rusia Izvestia melaporkan .

"Sebuah protokol kerjasama ditandatangani pada tanggal 10 April di Tehran setelah sesi kelima kelompok kerja sama Rusia - Iran untuk ruang angkasa," surat kabar mengutip sumber di Roscosmos , badan antariksa nasional Rusia .

Bagian satelit dari perjanjian tersebut adalah kepentingan terbesar bagi Tehran. Rusia berjanji untuk memberikan contoh gambar bumi yang dikumpulkan oleh perusahaan Resurs - DK dan Resurs - P satelit, yang memungkinkan mengambil foto dengan resolusi hingga 70 cm per pixel , Izvestia mengatakan mengutip teks protokol yang diperoleh.

Iran berencana untuk membangun stasiun komunikasi domestik mampu menerima informasi dari konstelasi satelit Rusia.

"Rusia telah meyakinkan pihak Iran bahwa tidak ada kendala untuk pembuatan stasiun penerima informasi dari satelit observasi bumi Rusia ke pusat-pusat komunikasi yang berlokasi di negara-negara asing , " protokol dilaporkan mengatakan.

Moskow lebih lanjut dapat membuat dan meluncurkan satelit pengintai di bawah kontrak dengan Iran. Kontrak lain dapat dinegosiasikan dengan Iran untuk satelit telekomunikasi, yang akan diluncurkan ke orbit Geo - sinkron oleh Rusia.

Selain itu, Rusia dapat memberikan fasilitas dan keahlian untuk membantu Iran dengan program eksplorasi ruang angkasa berawak nya .

"Iran sedang mempersiapkan permintaan untuk pelatihan kosmonot, dimana pihak Rusia akan merespon dengan tawaran dalam hitungan bulan, " kata dokumen tersebut.

Ironisnya, jika Rusia melatih Iran untuk pergi ke ruang angkasa, itu akan dilakukan di lokasi yang sama di mana astronot NASA dilatih sebelum mengambil perjalanan ke Stasiun Antariksa Internasional dalam pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia. Menempatkan Iran dan Amerika dengan akses ke informasi sensitif di ruangan yang sama bisa menjadi tantangan keamanan.

Kesepakatan mengenai luar angkasa datang ketika AS memutuskan untuk menurunkan hubungan dengan Rusia di semua bidang, termasuk eksplorasi ruang angkasa sebagai bagian dari upaya sanksi yang lebih luas. Misalnya , perusahaan ruang angkasa Rusia sekarang tidak bisa membeli komponen elektronik Amerika, yang sebelumnya digunakan di beberapa satelit Rusia .

Jika Iran mendapatkan akses ke satelit observasi bumi, yang merupakan aplikasi sipil dan militer, pasti akan ditentang oleh Israel dan Arab Saudi, kedua lawan regional Iran dan sekutu dekat AS .

Prospek kerjasama antariksa Rusia - Iran dapat digunakan oleh Moskow sebagai tawar-menawar dalam negosiasi dengan AS, menurut pakar ruang Ivan Moiseev.

"Pada awal 1990-an kami sepakat untuk tidak menjual kepada teknologi roket India. Kami membuat mesin untuk mereka sebagai gantinya, melatih spesialis mereka. Amerika sebagai imbalan memungkinkan satelit untuk diluncurkan dari cosmodromes kami. Roket Proton menjadi salah satu kendaraan dunia yang paling digunakan, " katanya kepada surat kabar .

Dmitry Paiso , direktur di ruang angkasa Skolkovo, mengatakan kesepakatan seperti itu tidak menimbulkan ancaman yang signifikan terhadap kepentingan Amerika .

"Dalam protokol ditandatangani dengan badan antariksa Iran saya tidak melihat transfer teknologi kritis. Mesin energi tinggi bisa kritis. Atau teknologi re-entry atmosfer. Jika teknologi tersebut berada di tangan mereka, kerja sama dengan Iran akan jauh lebih provokatif, " jelasnya .

Pejabat ruang angkasa Baik Iran maupun Rusia akan mengomentari kesepakatan yang dilaporkan .
Diubah oleh indonesiaber1 17-05-2014 10:55
0
1.3K
3
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.3KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.