Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

okbatikAvatar border
TS
okbatik
Puan Layak Jadi Cawapres Jokowi
Siapa yang akan mendampingi Capres PDIP Joko Widodo, masih menjadi misteri. Beberapa nama tokoh yang sempat muncul, hingga saat ini belum bisa dipastikan akan terpilih atau tidak.

Pengamat politik Universitas Indonesia, Agung Suprio mengatakan elektabilitas Jokowi berpotensi turun jika salah memilih Cawapres. Ia mengatakan PDIP yang memegang penuh kewenangan untuk menentukan Cawapres, harus berani memilih sosok yang ramah terhadap tema-teman yang menjual seperti muda, tegas, dan perempuan.

"Puan Maharani perlu dipertimbangkan sebagai cawapres karena masuk dalam kriteria yg menjual, menyasar suara pemilih perempuan, dan dapat menjadi magnet bagi pemilih yang masih ingin melihat trah Soekarno berkuasa" katanya, Jumat (16/5/2014).

Mengenai sosok Jusuf Kalla yang sempat santer dikabarkan akan menjadi Cawapres Jokowi, Agung menilai itu adalah pilihan yang kurang tepat. Sebab jika memilih JK, maka dua tema penting dalam kampanye justru bisa menurunkan elektabilitas Jokowi saat ini.

"Dua tema itu adalah regenerasi dan anti orde baru karena JK antitesis dari dua tema tersebut. Saya kira survey dimana elektabilitas Jokowi-JK paling tinggi tidak dapat dijadikan acuan bahwa duet ini akan menangi Pilpres sebab perilaku pemilih mudah berubah yang sangat tergantung dari isu kampanye," jelasnya.

Ia melanjutkan, PDIP pun terancam tidak bisa menjaring suara dari swing voters. Ia membandingkan ketika Jokowi berhasil memenangkan Pilgub DKI, elektabilitas Jokowi-Ahok sangat rendah pada survei awal namun karena figur mereka sangat mudah dieksploitasi untuk citra yang positif maka elektabilitas mereka meroket cepat.

"Di survey awal, elektabilitas Jokowi-JK tinggi, namun potensi untuk turun pun sangat besar karena JK kartu mati untuk dua tema penting kampanye tadi," tandasnya.[bay]

sumber: [url]http://nasional.inilah..com/read/detail/2101343/puan-layak-jadi-cawapres-jokowi#.U3bPhUDDD4Z[/url]
0
1.6K
21
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.