Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

NadhiantaraAvatar border
TS
Nadhiantara
Berapakah Keliling Bumi? Ayo Paksa Otakmu (tanpa liet google/buku/dll.)
Spoiler for Bumi:

Ane yakin, kalo agan-agan ditanyain berapa keliling bumi tanpa harus mencari di google atau buku atau ditempat lain atau mungkin tanpa pake perhitungan yang ribet-ribet amat, pasti kebanyakan jawab " ah kaga tau", "ga punya kerjaan ye?" "keliling bumi pake dihitungin, luas tanah rumah sendiri aja kaga tau!"emoticon-Ngakakdll.
Tapi sebenarnya di otak agan-agan kebanyakan pasti sudah ada informasi yang bisa dipakai untuk menentukan keliling bumi tersebut, relatif cepat dan ga pake ribet. Apa semua informasinya?

Pertama agan-agan terutama yang tinggal di Jawa atau yang pernah belajar sejarah SD pasti tau panjang jalur pantai utara (pantura) dari ujung Jawa Timur - Banten sekitaran 1000Km. Nah, taksir panjang negara kita Indonesia ini dari Sabang sampai Merauke sekitaran 5 kali pulau Jawa,(biar perhitungan gampang ambil kelipatan 5).
Terus diapain? Lho kok malah ane yang nanya emoticon-Ngakak. Kita punya dua informasi lagi yang belum kita pakai, Indonesia di bagi 3 wilayah waktu, dan bumi membutuhkan waktu 24 jam untuk berotasi penuh (udah kebayang belom caranya? emoticon-Big Grin). Artinya 3/24 (1/8) bagian dari keliling bumi itu 5 kali panjangnya pulau jawa 5x1000 Km, nah 1/8 bagian dari keliling bumi aja (5.000 Km) berarti 1 Keliling bumi = 8 X 5.000 = 40.000Km. Karena Indonesia berada di khatulistiwa jadi dapat disimpulkan keliling bumi di khatulistiwa sekitar 40.000 Km. Gimana gampang kan? emoticon-Ngakak


Model pemecahan masalah seperti ini, sangat digemari oleh salah satu fisikawan teoritis sekaligus eksperimentalis Enrico Fermi, itu lho yang menemukan neutrino. Ane pertama kali baca ceritanya di salah satu buku fisika karangannya Paul Tipler, udah lama sih tapi baru sempet share emoticon-Big Grin. Di buku itu juga diceritakan bagaimana Enrico Fermi menaksir kekuatan bom atom di Manhattan Project hanya dengan robekan-robekan kertas kecil emoticon-Matabelo.(Bom atom aja ada yang naksir, masa kamu nggak? emoticon-Ngakak). Masih banyak lagi contoh yang lainnya. Intinya kita jangan anggap remeh informasi yang ada di otak kita gan, kita hanya sering malas menggunakannya apalagi udah ada mbah Google hahaha.

Bagi yang belum ngerti liet komeng di bawah aje emoticon-Big Grin, kalo masih belum ngerti entar ane bantu. Kalo masih belum ngerti juga, ya udah cari di google aja gan emoticon-Ngakak

Update kasus gan, kemaren ane dapet tugas dari dosen ane tugasnya simpel: Berapakah jumlah kios cukur rambut pria di kota Bandung (diketahui jumlah penduduk Kota Bandung 2,5 juta jiwa)?
Mungkin agan-agan ingin menebak atau menghitung di kertas buram? Atau mungkin agan-agan ingin langsung saja melihat hasil yang diperoleh dan cara pengerjaannya?
Spoiler for Cara Pengerjaan dan Hasil:





Sekian gan terimakasih, semoga bermanfaat. emoticon-Jempolemoticon-Jempol:
Maaf gan masih berantakan, ane newbie emoticon-Sorry
Dimohon masukannya ya gan biar ane lebih berkembang
Diubah oleh Nadhiantara 19-09-2014 10:47
0
10.1K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sains & Teknologi
Sains & TeknologiKASKUS Official
15.5KThread11.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.