nandanbgrAvatar border
TS
nandanbgr
Penggunaan Data Internet (Paket Data)
Ane mo share pengalaman ane pakai paket data langganan dari provider telk***el.

Pada hari Rabu, 9 April 2014 (Pemilu Legislatif), waktu itu ane berlangganan paket data bulanan 100rb (+- 5gb), seperti biasa pagi2 ane browsing internet pake hape (advan t5c). Fitur manajemen penggunaan data ane aktifin (sesuai kuota, jika 5gb, ketika 4,9gb terpakai maka akan ada peringatan), begitupun peringatan dari providernya, biasanya ada pop up/sms yg memberitahukan sisa paket data yang kita miliki.

Singkat cerita, sekitar jam 8 kurang, ane dapat pesan dari provider tersebut, bahwa paket ane cuma tersisa 9mb lagi. Langsung, setelah mendapat info tersebut, paket internet bulanan ane stop (dapat balasan dari 3636 bahwa paket sudah berhasil diberhentikan). Kemudian ane isi pulsa sebesar Rp 100rb (dengan tujuan untuk mendaftarkan paket kembali) waktu itu sekitar jam 07.59. Setelah pulsa bertambah (cek pulsa *888# totalnya 115rb, karena sisa sebelumnya 15rb), lalu ane coba mendaftarkan paket data lagi. Sekitar pukul 08.07, ane kaget, karena dapat sms balasan bahwa pulsa ane gak cukup. Lalu dicek di *888#, pulsa 0, dan dicek pemakaian *887#, ane mengkonsumsi data +- 78mb, jadi dibebankan 115rb (total pulsa ane semua).

Penasaran ane berlanjut, kenapa baru saja isi pulsa (pukul 08.00), lalu langsung dipotong pemakaian internet 78mb (pukul 08.07). Apa mungkin dalam waktu singkat itu pemakaian data bisa sampai 78mb untuk jaringan 3-3,5g (sekitar 1-2 Mbps/100-200KBps) ditempat ane (daerah Puncak Bogor).

Kemudian ane coba telepon ke customer service, berdasarkan penjelasan dari operator, disampaikan katanya paket data ane sudah habis kuotanya sejak pukul 06.23, karena sudah habis jadi dikenakan tarif normal.

Untuk ketentuan seperti itu, ane pun sedikit-sedikit paham. Namun, ada yang janggal. Jika memang sejak jam 06.23 sudah dikenakan biaya normal (pemakaian internet dibebankan ke pulsa), kenapa dari jam 06.23 - 08.00 pulsa ane masih utuh??? (masih sekitar 15rban), lalu ane isi pulsa (jam 08.00) selang 5-6 menit kemudian (jam 08.07) pulsanya langsung 0?

Logika ane, seharusnya dari jam 06.23, biaya internet yang dibebankan pada pulsa ane yang tersisa (sekitar 15rb) paling hanya bisa berinternet sekitar 5 menit, tapi koq sampai jam 08.00 pulsanya masih tetap??

Jika ketentuannya seperti itu, harusnya pada jam 08.00, ane gak perlu isi pulsa yang 100rb karena bakal tau kalo itu akan dipotong ke pemakaian internet sebelumnya tadi?

Untuk mencari jawabannya pun, ane sudah berusaha kembali menghubungi operator tersebut, selain itu ane juga mencoba berinteraksi melalui twitter official, email customer service. Namun jawabannya tetap sama, hanya sampai pada penjelasan karena jam 06.23 sudah habis kuotanya, maka dibebankan tarif normal, dan menunggu jawaban itu pun ane diharuskan bersabar karena prosesnya 3x24 jam...(a.k.a 3 hari).

Selain itu, ane disarankan untuk datang ke grapari terdekat (dari tempat ane sekitar 20 km jaraknya, memang tidak begitu jauh, namun karena jalur macet, jadi butuh ongkos yg lumayan), dan saran ke grapari pun katanya untuk mengetahui besaran pemakaian data saja, bukan kronologis kenapa sampai memotong pulsanya begitu. Hitung2an ekonomois, ya rugi diongkos jatohnya.

Ane baru buat trit ini sekarang, karena ane nunggu kabar dari customer service yang menjanjikan 3x24 jam, namun setelah 3hari ane konfirmasi, ane disuruh nunggu 3x24 jam lagi, begitupun selanjutnya sampai saat ini. Jadi dari tanggal 9 - 22 (dibagi 3x24 jam berapa kali pengaduan gan)

Kira2 ada agan2 yg bisa menjelaskan kasus ane kenapa bisa seperti itu atau ada agan2 yg memiliki pengalaman serupa, bisa dishare gan...

Trims...

Alur cerita
Spoiler for alur cerita:


Info pemakaian
Spoiler for pemakaian:


Pemberitahuan
Spoiler for pemberitahuan:


Isi pulsa
Spoiler for Isi pulsa:


Email penjelasan 1
Spoiler for penjelasan1:


Update penjelasan terbaru
Spoiler for pulsa2:


Menurut pendapat agan2 semua, setelah diberi penjelasan tersebut, apakah ane yang masih kurang ngerti ya kalau mekanismenya seperti itu atau bagaimana? trims... emoticon-I Love Indonesia (S)
0
2.3K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.