Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

casionetAvatar border
TS
casionet
SIAPA BILANG NGELAMAR KERJA GAK PAKE BIAYA?
Beberapa bulan yang lalu ane iseng-iseng daftar kerjaan.. meskipun kualifikasi pendaftar minimal harus sudah S1 ane nekat aja daftar dengan jaminan selambat-lambatnya udah mengantongi Surat Keterangan Lulus (SKL) bulan juni. Alkisah gayung pun bersambut.. dari 800an pelamar ane lolos seleksi administrasi, kemudian dipanggil wawancara (3 kali wawancara) dan lolos untuk mengikuti seleksi tahap akhir. Meskipun pada akhirnya pada tes tahap terakhir ini ane belum beruntung tapi setidaknya banyak pengalaman dan pelajaran selama proses lamaran..

Ane jadi sadar bahwa pada akhirnya dunia kerja itu seperti hukum rimba gan, siapa yang terkuat dia yang akan dapat, tak peduli pada mereka yang sudah apply berkali-kali, tak peduli pada mereka yang sangat membutuhkan kerjaan, di dunia kerja gak ada yang namanya “kasihan” pada akhirnya kualitas diri yang akan membuktikan..

Melamar kerja seringkali merupakan ajang pertaruhan idealisme, passion dan cita-cita. namun pada akhirnya realita yang akan berbicara. Disela-sela seleksi ane sempet ngobrol-ngobrol dengan pencari kerja lainnya, beberapa diantara mereka ada yang awalnya melamar di perusahaan bonafit berharap dengan gaji yang tinggi. namun setelah ditolak berkali-kali pada akhirnya mereka tidak memikirkan lagi dimana akan berkerja, yang terpenting sekarang adalah bagimana mendapatkan kerja entah sesuai atau tidak dengan passionnya.

Sesuai dengan judulnya, pada kesempatan kali ini ane pengin menekankan bahwa mencari kerja juga butuh yang namanya “modal”. bukan cuma modal kapasitas dan kemampuan diri, tapi juga tentang modal finansial. Mencari kerja bukanlah kegiatan yang tidak memerlukan biaya, seringkali biaya tersebut sebenernya malah sudah cukup untuk membuat pekerjaan (berwirausaha).. Berikut beberapa gambaran kebutuhan untuk melamar kerja, biaya tersebut tergantung pada kebutuhan masing-masing.

Biaya Pokok (merupakan biaya yang dikeluarkan untuk keperluan yang dipakai berkali-kali, yang musti dipersiapkan diawal)
Kemeja (standard) = Rp 115.000
Baju dalem = Rp 30.000
Celana Kain = Rp 135.000
Sepatu Pantofel = Rp 200.000
Dasi = Rp 25.000
Sabuk = Rp 60.000
Foto Studio = Rp 25.000
Parfum, Pomade dll = Rp 50.000
Total = Rp 640.000

Biaya Variabel (merupakan biaya yang sekali habis, harus dipersiapkan kembali jika dibutuhkan)
Transportasi = 300.000
Snack & Makan = 50.000
Foto copy print = 20.000
Perleng dokumen = 20.000
Pulsa & Internet = 50.000
Penginapan = 100.000
Total = 540.000

Total Biaya Pokok dan Varibel = 1.180.000-, biaya tersebut dapat terus bertambah tergantung berapa kali proses seleksi ataupun berapa kali melamar kerja.

Falsafah Jawa mengatakan “Jer Besuki Mawa Bea (setiap kesuksesan pasti perlu biaya), prinsip ekonomi mengatakan “keuntungan sebesar-besarnya harus dapat dieproleh dari pengorbanan yang sedikit-dikitnya”. Adalah pilihan bagi kita untuk melamar kerja maupun berwirausaha, yang pasti semuanya perlu “modal” yang harus dipersiapkan..

Serius banget sih.. pokoke semangat ya gan.. :v emoticon-Ngakak


Spoiler for sumber:
0
1.4K
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Entrepreneur Corner
Entrepreneur CornerKASKUS Official
22KThread4.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.