theunlearnidAvatar border
TS
theunlearnid
Bersahabat Dengan Kegagalan
Siapa sih yang senang gagal? Saya sih tidak. Malah saking takut gagal ujung-ujungnya saya malah jadi perfeksionis. Ingin segala hal berjalan sempurna supaya meminimalisir kemungkinan gagal. Di satu sisi bagus sih karena saya jadi fokus mempersiapkan segala hal agar berjalan lancar. Tapiii saat sudah berupaya maksimal dan ternyata masih gagal juga, sakitnya itu loh… Ouch!

Setelah beberapa kali gagal, mulai deh saya berpikir kenapa sih mengalami kegagalan itu tidak enak. Rasanya sedih, kecewa, kesal, dan kadang-kadang sampai bikin depresi. Ternyata saat gagal saya merasa kalah. Saya merasa tidak berdaya, merasa mengalami ketidakadilan, merasa segala upaya sia-sia.

Tapi benarkah demikian?



Saya belajar dari teman saya Bona Sardo (@bonasardo) yang juga pernah mengalami kegagalan. Bona bercerita di salah satu media sosial, dan saya mengambil beberapa pelajaran dari pengalamannya. Hal yang kemudian saya pegang betul antara lain:

1. Gagal di satu bidang bisa saja mengarahkanmu ke bidang lain yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

2. Kadang, kegagalan berarti kamu belum siap untuk melakukan sesuatu, jadi gunakan kesempatan tersebut untuk mengasah kemampuanmu. Saat telah siap, kesempatan akan terbuka kembali dan perjalananmu akan dimudahkan.

Penasaran dengan pengalaman Bona seperti apa? Berikut kutipan ceritanya.

Quote:


Yup! Setuju banget sama Bona. Terima kasih banyak ya Bona karena sudah bersedia sharing dengan kita.

Bagaimana denganmu? Pernah mengalami kegagalan? Apa artinya bagimu dan bagaimana caramu mengatasinya? Sharing dengan kami disini yaa…
0
2.6K
31
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.