Selamat datang di thread newbie
Dalam thead ini TS agan coba membahas Honda CB, motor legendaris dari produsen motor asal
yaitu Honda
Semoga thread ini ga
Mohon di
, semoga bermanfaat syukur-syukur dikasih
, bagi yang kurang berkenan jangan di lempar
Yukk. kita bahas..
Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor (sebelum menjadi PT.Astra) karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (
completely knock down).
Di negara kita sebenanya juga beredar Honda CB 125, Honda CB 175 dan juga Honda CB 200, akan tetapi dengan berbagai pertimbangan Honda CB 100 dan Honda CB 125 lah yang berjaya di tanah air. Khusus untuk CB 175 dan CB 200 lebih laku dikalangan ekspat (orang asing) yang bekerja di Negara kita karena CB 175 dan CB 200 menggunakan mesin ganda sehingga performa akan lebih "
nyemplak", selain itu postur mereka lebih besar daripada masyarakat Indonesia umumnya. Tercatat Honda membekukan penjualan Honda CB 60.000 unit pertahun dalam kurun waktu 1971-1981, sehingga bisa dibilang ada sekitaran 600.000-an unit Honda CB yang beredar dipasar Indonesia waktu itu!! Honda CB merupakan pioneer motor sport 4-tak di Indonesia yang terkenal irit bahan bakar dan tetap bertenaga, mengingat pabrikan sebelah Yamaha masih "bermain" dengan mesin 2-tak, bisa dimaklumi Honda saat ini memegang pasar motor 4-tak di negara ini.
Saat ini memang Honda sudah tidak lagi menelurkan CB (terakhir produksi 1981), akan tetapi demam Honda CB masih mewabah sampai era modern seperti saat ini
, anak muda di berbagai daerah di Indonesia tetap menggunakan Honda CB (tak lekang digerus jaman
). Mereka mendirikan klub motor yang berbasis Honda CB.
Akan tetapi Honda CB jaman sekarang sudah mengalami banyak perubahan. Mulai dari mesin, cat/warna, model, maupun teknologi, tentunya dengan modifikasi sana-sini yang dilakukan agar motor CB tuwir tetap bisa merobek jalanan
Rombak body, benerin tangki yang bocor
,upgrade mesin dengan mencangkok punya "cucu_nya CB" Honda Tiger Revolution Cruiser, gigi transmisi, knalpot, menggunakan Lampu HD, suspensi dari pabrikan tetangga Yamaha Byson, dilakukan, de el el!!
Ada juga yang rela keluar masuk bengkel nyari spare part yang masih bisa digunakan buat mermak si tuwir tetap layak jalan. Kecepatannya gan??bisa di test dengan motor-motor baru masa kini gan
bener-bener salut sama temen-temen pecinta CB.