Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jajang100Avatar border
TS
jajang100
Disowani Prabowo dan Jokowi, SBY Jadi 'Real King Maker'
Jakarta - Siang ini Presiden SBY yang juga Ketua Umum PD menerima dua capres sekaligus yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. SBY seolah menunjukkan perannya sebagai 'real king maker'.

SBY memang sama sekali belum berbicara soal arah koalisi Partai Demokrat. SBY selama ini memilih menunggu perkembangan politik terkini sebelum mengambil keputusan soal arah koalisi PD di Pilpres 2014.

Banyak pihak menilai SBY bakal jadi king maker yang ikut menentukan konstelasi politik Pilpres 2014. Benar saja, hari ini SBY langsung disowani dua capres terkuat saat ini yakni capres PDIP Joko Widodo (Jokowi) dan capres Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Jokowi akan menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono siang ini untuk membahas pencapresannya. Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan Jokowi akan mengajukan cuti panjang. Selain itu, Jokowi memang berkepentingan mendapatkan izin nyapres dari Presiden.

"Pak Jokowi mengajukan cuti panjang kepada Presiden. Ini juga sebagai bentuk transisi kepemimpinan dan kewenangan pelaksanaan tugas dari Pak Jokowi ke Pak Ahok terkait Pilpres ini," ujar Hasto kepada detikcom, Selasa (13/5/2014).

Selain menemui langsung, Jokowi juga telah meminta izin melalui surat kepada SBY dan Mendagri Gamawan Fauzi. Peirizinan ini memang diatur dalam UU 42/2008 tentang Pilpres pasal 7 ayat 1 menyatakan, bahwa kepala daerah dan/atau wakilnya (provinsi atau kab/kota), yang dicalonkan parpol sebagai calon presiden atau wakil presiden harus meminta izin kepada Presiden.

Pertemuan SBY-Jokowi pun menjadi sangat penting. Karena Jokowi yang sudah ditetapkan sebagai capres PDIP tak bisa melenggang ke Pilpres tanpa 'restu' SBY.

Sementara itu Prabowo Subianto akan menghadap bersama bakal cawapresnya yakni Ketum PAN Hatta Rajasa. Keduanya kabarnya juga bakal meminta dukungan SBY.

"Jam 5 sore Bapak Presiden akan menerima Pak Hatta dan Pak Prabowo," kata Jubir Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha saat dihubungi, Selasa (13/5/2014).

Lalu ke mana arah dukungan 'the real king maker' SBY?


http://news.detik.com/pemilu2014/rea...ker?n991101605
0
1.3K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.