Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

my.own.lifeAvatar border
TS
my.own.life
Curigai Iklan Kematian Bikinan Tim Jokowi Sendiri
JAKARTA - Calon presiden (capres) PDI Perjuangan (PDIP) Joko Widodo alias Jokowi gerah dengan iklan obituari atau kematian dirinya yang beredar di media sosial. Namun, muncul dugaan bahwa kampanye hitam itu sengaja didesain oleh tim Jokowi sendiri.

"Bisa ditafsirkan dilakukan oleh tim sukses Jokowi sendiri. Ini bukan tanpa dasar. Karena sejak awal sudah terbentuk desain dari tim Jokowi supaya dikesankan teraniaya, seolah diserang. Makanya sampai keluar istilah 'aku rapopo'," kata pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Zaki Mubarak kepada wartawan di Jakarta, Minggu (11/5).

Zaki tak menampik bahwa budaya politik sebagian besar masyarakat Indonesia masih memberikan simpati kepada pihak yang terkesan teraniaya. Hal ini, menurutnya, dimanfaatkan kubu Jokowi untuk mendulang simpati masyarakat.

Namun, sambung Zaki, pencitraan dizalimi hanya efektif untuk mendulang suara masyarakat yang tinggal di pedesaan atau masyarakat kelas menengah ke bawah. Masyarakat perkotaan atau kelas menengan atas dinilai tidak mempan termakan pencitraan dizalimi.

"Di desa-desa, kuat kesan masyarakat bahwa Jokowi dizalimi, disakiti. Jokowi membaca itu sehingga bermain pencitraan palsu seolah dizalimi," ujarnya.

Lebih lanjut, Zaki menegaskan bahwa pencitraan palsu untuk meraup suara seharusnya tidak diterapkan lagi di negara demokrasi modern. Menurutnya lebih baik para kandidat beradu visi misi dan gagasan ketimbang menonjolkan sisi pencitraan.

"Karena Jokowi sepertinya tidak punya visi misi, gagasan, dan argumen yang kuat, maka dia bermain di pencitraan palsu yang sangat sederhana," tandasnya. (dil/jpnn)

http://www.jpnn.com/read/2014/05/12/...kowi-Sendiri-#

bull protocol
1. pencitraan tiada henti, serang kanan kiri
2. jika mulai susah playvictim dan pura-pura innocent

tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
2.3K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.