Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • cara atasi homesick karena merantau keluar daerah . perantau wajib masuk

nicopurnama03Avatar border
TS
nicopurnama03
cara atasi homesick karena merantau keluar daerah . perantau wajib masuk
cara atasi homesick karena merantau keluar daerah . perantau wajib masuk


Tidak semua orang beruntung memiliki tempat kerja yang dekat dengan rumah. Sebagian orang harus tinggal di luar daerahnya karena mendapat pekerjaan di sana atau dipindahkan oleh perusahaan. Banyak juga karyawan yang memilih untuk kos dekat kantor karena jauhnya tempat tinggal, ditambah padatnya lalu lintas yang membuat lama pulang pergi perjalanan.

Baik baru pindah atau sudah lama, rasa rindu akan rumah atau homesick pun kerap dirasakan. Bagi Anda yang sedang merasakan hal ini, berikut adalah enam cara untuk mengatasi rasa rindu rumah:


1. Cari Teman Baru
Kehadiran seorang teman memang akan sangat membantu Anda yang kerap kesepian atau kebingungan ketika harus pindah ke tempat baru. Ia bisa menjadi teman curhat atau penolong ketika Anda jauh dari keluarga dan sahabat. Apalagi jika teman tersebut sudah lama tinggal di sana, Ia bisa menjadi guide sehingga Anda jadi lebih kenal daerah.



2. Sibukkan Diri
Jika belum menemukan seorang teman yang klik, sibukkanlah diri dengan kegitan yang positif. Daripada termenung sendirian, lakukanlah kegiatan yang Anda suka pada saat libur atau waktu luang. Bisa dengan berolahraga atau mengunjungi area wisata setempat. Mungkin saja, di sana Anda akan menemukan seorang kawan yang memiliki hobi atau ketertarikan yang sama.



3. Tetap Berhubungan
Kangen orang tua, sahabat, atau pacar? Telepon saja. Kecanggihan teknologi jaman sekarang bahkan memungkinkan Anda bertatap muka melalui video call dengan keluarga atau teman-teman. Namun pastikan juga untuk tidak menggangu kegiatan mereka.



4. Cari Kawan dari Daerah yang Sama
Tinggal di daerah yang kurang familiar kerap membuat seseorang merasa tidak nyaman. Memiliki teman dari daerah yang sama dapat membuat Anda sedikit menghilangkan kerinduan akan rumah. Dengan kebiasaan atau bahasa yang serupa, Anda akan cepat akrab dengannya karena memiliki ikatan emosional yang kuat. Cari di sosial media komunitas perkumpulan daerah yang bisa Anda ikuti.



5. Bawa Barang-Barang Khas Rumah
Untuk menghilangkan rasa homesick, bawa saja barang-barang yang mengingatkan akan rumah atau daerah seperti bantal kesayangan atau makanan khas kota Anda. Meski tak bisa mengobati sepenuhnya, setidaknya rasa rindu bisa sedikit berkurang.



6. Jadikan Pengalaman Berharga
Mungkin sekarang Anda berpikir bahwa hal in adalah sebuah masalah yang membebani. Namun pikirkan kembali, semua kesusahan yang Anda hadapi dapat menjadi pengalaman dan pelajaran yang berharga suatu hari nanti. Hal ini bisa membuat Anda lebih kuat dan lebih tegar dalam menghadapi tantangan selanjutnya dalam hidup Anda.


SALAM ORANG PERANTAUAN



Quote:
0
3.9K
35
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.